Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hellosehatAvatar border
TS
hellosehat
Bercak Darah Seperti Haid Bisa Jadi Ciri Hamil


Ciri hamil yang paling utama adalah seorang wanita tidak lagi mengalami haid. Jadi, jika Sista sedang mencoba untuk hamil, mungkin akan merasa kecewa saat melihat bercak darah kecokelatan di jadwal rutin datang bulan. Meski ini mungkin memang menandakan Sista sudah mulai menstruasi lagi, bercak darah juga bisa diakibatkan oleh perdarahan implantasi, yang merupakan salah satu gejala dini kehamilan.
Apa itu perdarahan implantasi?

Perdarahan implantasi adalah salah satu tanda paling umum dan ciri hamil yang terjadi di awal. Setidaknya 1/3 dari wanita akan mengalami perdarahan setelah pembuahan. Banyak wanita yang menganggap bercak ringan ini adalah permulaan siklus menstruasi baru, tapi perdarahan implantasi tidak akan sebanyak darah menstruasi dan hanya berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari.

Begitu sel telur berhasil dibuahi oleh sperma, embrio akan mulai proses tumbuh kembangnya dan mengirimkan sinyal ke tubuh ibu untuk mempersiapkan kehamilan. Enam sampai dua belas hari setelah pembuahan, embrio akan berenang mendekati rahim dan menempel di dindingnya. Ketika embrio tertanam ke dalam dinding rahim, hal ini dapat menyebabkan beberapa perdarahan kecil. Jenis bercak ringan ini tidak akan membahayakan calon bayi, dan sebagian besar wanita yang mengalami pendarahan implantasi akan memiliki kehamilan yang normal dan sehat.

Apa bedanya bercak darah haid dan perdarahan implantasi sebagai ciri hamil?

Perdarahan implantasi dapat terlihat mirip seperti menstruasi, terutama selama beberapa hari pertama haid ketika Sistamemiliki aliran darah yang lebih sedikit, atau jika biasanya mengalami menstruasi ringan, sehingga Sista mungkin merasa bingung ketika melihat adanya bercak darah. Berikut adalah cara untuk membedakan antara menstruasi dan perdarahan ciri hamil, dikutip dari Parenting:
  • Perhatikan aliran darahnya: bercak darah ciri hamil hanya berupa bercak darah ringan dan lebih sedikit, berupa tetesan, dan akan tetap seperti itu sampai perdarahan usai. Sebaliknya, darah akibat menstruasi mulanya ringan, namun akan semakin deras dan kental. Perdarahan implantasi tidak mengandung gumpalan darah, seperti yang biasa hadir dalam darah menstruasi.

  • Perhatikan warnanya: darah menstruasi berwarna merah darah menyala, sedangkan bercak darah ciri hamil akan berwarna merah muda atau cenderung cokelat. Perdarahan implantasi bisa saja berwarna merah darah, namun lebih umum memiliki warna merah muda atau cokelat.

  • Cek waktunya: darah menstruasi akan mengalir terus menerus selama durasi haid Sista tanpa henti, tapi perdarahan implantasi sering hanya berupa bercak, kadang muncul kadang tidak, selama 1-2 hari. Siklus menstruasi bertahan selama 4-7 hari. Perdarahan implantasi akan tiba lebih awal daripada perkiraan awal siklus menstruasi baru (biasanya 5-10 hari setelah pembuahan).

  • Tingkat keparahan kram: Menstruasi dan perdarahan implantasi bisa menyebabkan kram perut, namun kram akibat menstruasi akan terasa lebih kuat. Kram ringan yang tidak pernah meningkat tingkat keparahannya bisa berarti ciri hamil, terutama jika dibarengi dengan keluarnya bercak darah berwarna merah muda atau kecokelatan.

Akan tetapi, bagi banyak perempuan, tampaknya dua jenis perdarahan ini tidak memiliki perbedaan. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengetahui apakah hamil atau tidak adalah dengan menunggu beberapa hari lagi dan menjalani tes kehamilan atau tes darah HcG di rumah sakit. Waktu hubungan seksual terakhir dengan pasangan mungkin juga dapat membantu Sista mencari tahu: Jika sudah lebih dari dua minggu, bercak darah yang dialami kemungkinan besar bukan disebabkan oleh perdarahan implantasi.

Mau tau info lengkapnya? Langsung buka disini aja, Sist:
Bercak Darah Seperti Haid Bisa Jadi Ciri Hamil

Jangan lewatin informasi menarik lainnya:
Tanda-Tanda Hamil yang Mungkin Tidak Anda Duga
5 Metode Mencegah Kehamilan Paling Ampuh
emoticon-Angel emoticon-Sundul Up
0
7K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.