Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

VanishedAvatar border
TS
Vanished
Begini Penampakan Evakuasi 17 Mahasiswa Binus Dari Gunung Gede
Bogor - Sebanyak 17 orang mahasiswa Universitas Bina Nusantara (Binus) mencoba naik ke Gunung Gede Pangrango lewat jalur terlarang. Satu orang mahasiswa bernama Edward (19) meninggal dunia. Mereka kemudian dievakuasi.

Informasi yang dihimpun detikcom, 17 orang mahasiswa Binus ini mencoba mendaki Gunung Gede Pangrango lewat Kawasan Gunung Mas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (5/11) pagi. Rombongan ini terdiri dari 4 orang perempuan dan 13 orang laki-laki.

Kepala Resort PTN Cisarua Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) Tarya Nuryahya mengatakan, informasi yang dia terima dari pihak Gunung Mas, rombongan mahasiswa ini masuk melalui gerbang masuk Taman Wisata Gunung Mas dan membayar tiket resmi.

"Informasi yang kita terima, mereka hanya mau melintas. Nah tujuannya kemana mereka tidak bilang juga," kata Tarya saat diwawancarai di Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/12/2016). Seperti diketahui, Kawasan Gunung Mas memang dibuka untuk tea walk atau wisata hiking di perkebunan

Camat Cisarua Bayu Rahmawanto mengatakan, Selasa (6/12) sekitar pukul 04.00 WIB, dua orang dari rombongan mahasiswa ini bernama Nigo Anugrah (19) dan Mudiansyah (19) turun menemui warga. Mereka melaporkan kalau seorang rekannya bernama Edward (19) meninggal karena hipotermia dan asma.

Mendapat laporan itu, pada Selasa (6/12) pukul 07.00 WIB pagi tadi tim SAR gabungan terdiri dari TNI, polisi dari satuan Polres Bogor, Tagana, BPBD dan Relawan dari masyarakat sekitar berangkat untuk melakukan evakuasi.

"Setelah kita dapat informasi, kita langsung lakukan koordinasi dengan pihak Gunung Mas. Kita lakukan persiapan dan memulai proses evakuasi sekitar pukul 07.00 WIB. Tidak ada kendala yang cukup berarti, sampai akhirnya kita temukan rombongan mahasiswa sekitar pukul 11.30 WIB," Kata Wadanramil Kecamatan Cisarua Kapten Khadari saat ditemui di Gunung Mas.

Saat ditemukan, rombongan mahasiswa Binus ini berada di perbatasan antara hutan Gunung Mas dan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGP). Setelah melakukan proses evakuasi selama kurang lebih 8 jam, jenazah Edward (19) dan 16 mahasiswa ini akhirnya tiba di titik penjemputan di kawasan perkebunan teh Gunung Mas. Selanjutnya, jenazah mahasiswa asal Kelapa Gading, Jakarta Utara, ini dibawa ke RSPG Cisarua untuk penanganan lebih lanjut.

Kepala Resort PTN Cisarua Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) Tarya Nuryahya menambahkan, jalur yang dilalui para mahasiswa ini bukan merupakan jalur pendakian resmi menuju Gunung Dede atau Gunung Pangrango.

"Itu kawasan konservasi, kawasan terlarang, bukan jalur pendakian resmi menuju Gunung Pangrango atau Gunung Gede. Kalau lewat sini berarti ilegal," tegasnya. (hri/fjp)

Spoiler for sumber:


RIP Buat Korbanemoticon-Turut Berduka

Spoiler for gambar 1:


Spoiler for gambar 2:


Spoiler for gambar 3:


Spoiler for gambar 4:


Spoiler for gambar 5:


Spoiler for gambar 6:
4iinch
tien212700
tien212700 dan 4iinch memberi reputasi
2
21.8K
110
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.