Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

satryoerickAvatar border
TS
satryoerick
5 Sate Khas Yang Wajib Anda Coba
5 Sate Khas Yang Wajib Anda Coba




Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Sate diketahui berasal dari Jawa, Indonesia, dan dapat ditemukan di mana saja di Indonesia dan telah dianggap sebagai salah satu masakan nasional Indonesia. Sate juga populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Sate juga populer di Belanda yang dipengaruhi masakan Indonesia yang dulu merupakan koloninya.

Sate adalah hidangan yang sangat populer di Indonesia. Dengan berbagai suku bangsa dan tradisi seni memasak telah menghasilkan berbagai jenis sate. Di Indonesia, sate dapat diperoleh dari pedagang sate keliling, pedagang kaki lima di warung tepi jalan, hingga di restoran kelas atas, serta kerap disajikan dalam pesta dan kenduri. Resep dan cara pembuatan sate beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing-masing daerah. Hampir segala jenis daging dapat dibuat sate. Sebagai negara asal mula sate, Indonesia memiliki variasi resep sate yang kaya. Biasanya sate diberi saus. Saus ini bisa berupa bumbu kecap, bumbu kacang, atau yang lainnya, biasanya disertai acar dari irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit. Sate dimakan dengan nasi hangat atau, kalau di beberapa daerah disajikan dengan lontong atau ketupat.Sate terdaftar sebagai peringkat ke-14 dalam World's 50 most delicious foods (50 Hidangan Paling Lezat di Dunia) melalui jajak pendapat pembaca yang digelar oleh CNN Go pada 2011.

Di Indonesia, terdapat banyak jenis sate menurut daerah asalnya, jenis dagingnya dan cara pembuatannya. Berikut ini adalah jenis-jenis sate yang ada di Indonesia:

1. Sate Madura

Dari sekian banyak jenis sate mungkin sate madura lah yang bisa dibilang paling terkenal,ya sebab dimana-mana ada orang yang jual sate madura.sate ini disajikan dengan lontong dengan disiram dengan bumbu kacang.kebanyakan daging yang digunakan adalah daging ayam, kambing dan sapi.

2. Sate Lilit

Sate lilit adalah sate yang khas dari wilayah pula dewata,bali.sate lilit kebanyakan dibuat dengan menggunakan daging ayam yang dililitkan di tusukan sate yang gede terbuat dari bambu.beda banget yah dengan sate lain nya yang menggunakan lidi dari bambu.Bentuknya yang unik dan empuknya daging ayam giling membuat sate lilit ini selalu disukai oleh siapapun yang berkunjung ke Bali. Proses memasak dan penyajian yang unik membuat sate ini meninggalkan kesan mendalam bagi siapapun yang pernah berkunjung ke Bali.

3. Sate Maranggi

Sate Maranggi dapat ditemukan hampir di setiap sudut kota Purwakarta, dimana sebagian menjajakannya dengan cara berkeliling. Yang membedakan Sate Maranggi dengan sate lainnya adalah proses perendaman daging dalam bumbu (marination), sebelum dibuat menjadi sate dan dimasak. Karena proses pembumbuan inilah, maka Sate Maranggi disajikan tanpa saus pendamping. Adapun bumbu rendamnya sendiri terbuat dari paduan kecap manis dan beberapa jenis rempah, seperti jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, plus sedikit cuka untuk memberikan sedikit rasa masam, bisa dipakai cuka lahang (cuka yang terbuat dari aren), maupun cuka jenis lainnya. Saat disajikan, Sate Maranggi biasanya disajikan dengan irisan bawang merah dan tomat segar untuk menciptakan paduan rasa yang berimbang antara rasa daging yang gurih, tomat yang masam, dan bawang yang pedas.

4. Sate Klathak

Seperti yang kita tahu pada umumnya penjual sate biasanya menawarkan sate dari daging ayam, kambing atau lainnya. Tapi sate Klatak hanya menawarkan sate dari daging kambing muda saja. Karena ukurannya yang besar tidak heran kalau penyajiannya tiap porsi hanya dua tusuk dan harganya Rp 12.000. Jadi harga per tusuknya Rp 6.000. Berbeda dengan sate biasa yang bisa 5-10 tusuk perporsinya. Jika pada umumnya sate di bakar dan diolesi dengan bumbu kecap dan sebagainya. Sate Klatak hanya dibumbui garam dan merica saja. Sehingga warnanya polos saja. Penyajian sate memang beragam. Namun di sate Klatak ini penyajian sate yang sudah matang adalah dengan di beri kual gule kambing yang kental. Dengan aroma dan rasa yang lezat siap memanjakan lidah anda.

5. Sate Klopo

Jika anda mengunjungi kota Surabaya, jangan sampai anda melewatkan untuk mencoba kuliner yang satu ini. Ciri khas dari sate yang satu ini adalah dengan sate daging sapi balutan kelapa (klopo). Sate klopo yang terkenal yaitu sate klopo OndeMohen. Resepnya pun masih dibilang rahasia, karena sate ini telah ada dari jaman Belanda, kata orang-orang sana hehe.

JADI JANGAN LUPA UNTUK MENCICIPI SATE UNIK SEPERTI DIATAS
KARENA BEDA DAERAH, BEDA PULA SENSASINYA


Anda sudah pernah mencicipi kuliner diatas?
Atau pernah mencoba yang lebih unik dari sate diatas?
Share pengalamanmu ya emoticon-Smilie
Jangan lupa cendol gan hehe


Sumber:
http://mulai-nge-post.blogspot.co.id...indonesia.html
http://bakpiakinanthi.com/7-pembeda-...gan-sate-biasa
https://id.wikipedia.org/wiki/Sate
https://id.wikipedia.org/wiki/Sate_Maranggi
https://cookpad.com/id/resep/233795-...oposate-kelapa
Diubah oleh Kaskus Support 03 24-05-2017 10:40
0
4.2K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.