Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

satryoerickAvatar border
TS
satryoerick
Mie Yang Hanya Ada Di Indonesia
Mie Yang Hanya Ada Di Indonesia




Mie merupakan salah satu jenis makanan yang paling digemari di Asia, termasuk Indonesia. Buktinya banyak banget kan warung-warung mie yang bertebaran dijalan? Untuk kamu penggemar mie, rugi jika belum menyicipi 10 Mie Khas Indonesia ini. Mie Khas Indonesia memang sudah terkenal enaknya dan juga kaya akan rempah. Apa saja ke 10 Mie Khas Indonesia Ini?

1. Mie Celor

Mie Celor merupakan mie kuning besar khas Palembang. Mie ini disajikan dalam campuran kuah santan kental dan kaldu udang galah. Diatasnya ditambah irisan telur rebus, daun bawang, seledri dan bawang goreng. Yummy!

2. Mie Kocok

Mie yang satu ini adalah mie khas dari kota kembang Bandung. Mie Bandung ini rasanya gurih, biasanya ditambah tauge,potongan kikil, atau kulit sapi. Biar lebih seger, biasanya ditambah dengan sambal cabe rawit dan jeruk nipis.

3. Mie Aceh

Namanya juga mie Aceh, pasti ya dari Aceh dong… hihihi.. Untuk penyajian kamu bisa pilih 2 cara, mau digoreng atau direbus. Variasi dari mie Aceh bisa menggunakan daging kepiting, udang atau jenis seafood lain. Buat kamu pecinta seafood wajib nyoba nih..

4. Mie Toprak

Mie Toprak adalah mie khas Solo yang rasanya mirip bakso dan soto. Mie ini biasanya terdiri dari mie kuning, tetelan, kol, taoge, tahu, tempe, sosis, kacang goreng, serta pelengkap lainnya.

5. Mie Koclok

Kalau mie yang satu ini asli dari kota Cirebon. Yang unik dari mie ini adalah kuah santan kental yang mirip bubur. Kuah ini nanti yang bakal disiram diatas mie kuning, semacam pasta. Jangan lupa diatasnya masih ada irisan telur, suiran daging ayam, taburan bawang goreng dan daun bawang.

6. Mie Ongklok

Ini dia mie khas kota Wonosobo, Mie Ongklok. Mie ini bisa dibilang unik karena disajikan bersama sate sapi dan tempe kemul. Biasanya juga ditambah kol dan daun kucai yang merupakan sayuran utama masyarakat setempat.

7. Mie Cakalang

Kalau mie yang satu ini dimasak dengan ikan tuna dan disajikan taburan abon ikan cakalang. Biar lebih sedap biasanya ditambah sambal lombok hijau yang dicampur cuka, air, dan garam. Kalau masyarakat Manado biasanya menikmati mie cakalang bareng bubur manado sebagai sarapan. Mau?

8. Mie Jawa

Mie Jawa merupakan mie khas Kota Yogyakarta. Kamu bisa menikmati mie jawa ini versi goreng atau rebus (godog). Mie Godog ini terdiri dari rebusan mie kuning, telur, suwiran daging ayam, kol, tomat, dan daun bawang. Mie yang satu ini adalah kuliner Jogja yang wajib kamu coba.

9. Mie Titi

Mie unik satu ini adalah mie khas dari Kota Makassar. Mie kering yang disiram kuah kental nan gurih yang berisi hati ayam, bakso, udang, cumi dan sayuran. Biar makin sedap jika ditambah perasan jeruk nipis.

10. Laksa Bogor

Laksa Bogor merupakan Mie khas kota Bogor. Kuah kentalnya berasal dari potongan oncom. Mie yang dipakai adalah mie bihun yang ditambah tauge panjang, suwiran daging ayam, udang, dan telur rebus. Laksa bogor biasanya dimakan dengan sambal cuka.

11. Mie Koba

Koba diambil dari nama daerah di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, tempat dimana Mie Koba ini berasal. Kuah tenggiri yang segar dan gurih dengan sedikit semburat rasa manis dari gula aren, menjadikan Mie Koba menjadi kuliner khas Bangka Belitung yang tidak boleh dilewatkan. Awalnya saya pikir tidak ada unsur ikan di kuliner yang satu ini, karena rasanya tidak terlalu mencolok, tapi ternyata justru ikan tenggiri lah kunci dari Mie Koba. Saat ini Mie Koba tidak hanya bisa dinikmati di tempat asalnya, akan tetapi sudah bisa dinikmati juga di ibukota provinsi Bangka Belitung, Kota Pangkal Pinang. Mie Koba disajikan dengan jeruk kunci yang khas untuk menambahkan kesegaran hidangan ini dan telur ayam rebus sebagai teman lauknya.

12. Soto Mie

Ada yang bilang ini adalah kuliner khas Bogor, ada juga yang bilang khas Betawi. Tapi yang jelas soto mie ini memang mudah ditemukan di dua kota tersebut. Mie, bihun, wortel, lobak, kentang, risol, daging, kikil, emping, bawang goreng dan bawang daun bersatu dalam mangkok yang diguyur kuah soto bening yang segar. Biasanya para pemburu kuliner yang tengah berwisata ke kota Bogor menjadikan Soto Mie ini sebagai salah satu destinasinya, karena memang Bogor terkenal dengan banyaknya penjaja soto mie yang lezat.

Jadi, Mie mana yang sudah pernah anda coba?
Atau ada mie lain yang pernah anda coba?
Share pengalamanmu dibawah! emoticon-Smilie


Sumber :
http://blog.catallya.com/10-aneka-mi...has-nusantara/
http://www.banyumurti.net/2015/01/12...indonesia.html
Diubah oleh Kaskus Support 03 24-05-2017 10:42
0
4.9K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.