Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ormas Islam di Jawa Barat Tolak Penyelenggaraan Kebaktian di Gedung Sabuga

NgebronAvatar border
TS
Ngebron
Ormas Islam di Jawa Barat Tolak Penyelenggaraan Kebaktian di Gedung Sabuga
HARIANAMANAH.ID, BANDUNG — Sejumlah ormas Islam dan lembaga dakwah di Jawa Barat yang tergabung dalam Pembela Ahlu Sunnah (PAS) meminta agar acara Kebaktian Kebangunan Rohani yang akan digelar kaum Nasrani pada Selasa (6/12) malam ini di Gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) JalanTamansari, Kota Bandung, dipindahkan ke gereja.

Ketua PAS M. Roinul Balad mengatakan, permintaan pemindahan tempat acara tersebut ke gereja karena tidak sesuai yang tujuan acara, yakni ibadat dan fungsi gedung yang hendak digunakan.

Dia menjelaskan, dengan mengacu Surat Peraturan Bersama (SPB) 2 Menteri Pasal 1 poin 3 yang menyebutkan bahwa rumah ibadat adalah bangunan yang memiliki ciri-ciri tertentu yang khusus dipergunakan untuk beribadat bagi para pemeluk masing-masing agama secara permanen, tidak termasuk tempat ibadat keluarga.

“Sementara jika kita baca penjelasan KKR sendiri bahwa Kebaktian Kebangunan Rohani KKR sebenarnya identik dengan ibadah-ibadah yang pernah dilakukan Kristus dahulu seperti khotbah di bukit, pelayanan di tempat-tempat umum sehingga orang-orang kebanyakan (umum) bisa datang berbondong-bondong untuk mendengar pengajaran firman Tuhan, didoakan dan mengalami mujizat kesembuhan Ilahi, diselamatkan dengan percaya dan menerima Tuhan Yesus secara pribadi. Berdasar penjelasan ini maka dapat kita simpulkan bahwa KKR adalah rangkaian ibadat. Sementara ibadat harus dilaksanakan di tempat atau rumah ibadat,” terang Roinul.

Olehnya, pihaknya mengaku telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti Kemenag Jabar, Polda Jabar, Polrestabes Bandung, FKUB, DPRD Jabar, Kemenag Kota Bandung, MUI Kota Bandung, pengelola Gedung Sabuga termasuk dengan pihak panitia KKR.

Roinul menambahkan dari pertemuan dan koordinasi tersebut juga diperoleh keterangan bahwa pihak panitia sampai pada Senin kemarin belum mengantongi izin.

“Hasil pertemuan dengan Kemenag Jabar malah menyebutkan bahwa Kemenag Jabar tidak pernah mengeluarkan surat rekomendasi untuk acara KKR di Sabuga. Sementara adanya surat yang di keluarkan oleh Binmas Kristen yang mengatas namakan Kemenag Jabar tidak bisa dipakai sebagai izin kegiatan. Surat izin atau rekomendasi harus keluar dan ditandatangani oleh Kepala Kemenag langsung,”jelasnya.

Manager Pengelola Gedung Sabuga Gatot Riyanto memastikan hingga Senin malam tadi pihaknya masih menunggu pihak panitia KKR untuk melengkapi surat-surat yang diminta pihak Sabuga.

Gatot juga mengaku beberapa waktu lalu pihaknya telah menerima dan berdialog dengan perwakilan ormas Islam di kantornya.

“Intinya mereka menjelaskan alasannya yang meminta kami dapat memahami keberatan mereka, karena ini acara ibadat keagamaan saran mereka sebaiknya dilakukan di tempat yang semestinya,” ujarnya.

Acara KKR sedianya akan diadakan di Gedung Sabuga ITB, Selasa (6/12/2016) mulai pukul 18.30 malam ini.

Sosialisasinya sudah marak di sejumlah tempat, seperti pemasangan baliho, spanduk, bahkan beberapa angkutan kota juga ditempeli stiker.

Laporan : Iman/Islamic News Agency

Editor : Abu Faiz.

http://m.harianamanah.id/berita-orma...g-sabuga.html.

moga2 berita ini gak benar. ☺
0
849
7
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.