Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SanEggAvatar border
TS
SanEgg
Sanusi Mengaku Baru Sadar Rp 2 M dari Ariesman Terkait Reklamasi Saat OTT KPK
Jakarta - M Sanusi mengaku pernah menerima Rp 2 miliar dari bos PT Agung Podomoro Land, Ariesman Widjaja, untuk rencana pencalonannya di pilgub DKI 2017. Ia mengaku baru sadar saat ditangkap KPK bahwa uang tersebut kemudian dikaitkan dengan pembahasan Raperda Reklamasi.

"Jujur dalam hati saya, saya terbersit setelah saya ditangkap. Karena saya teledor sekali, untuk hal seperti itu saya nyuruh orang yang orangnya semaunya begitu. Sebetulnya staf saya ini sudah sering saya marahi karena gayanya itu sering kali salah," kata Sanusi saat bersaksi sebagai terdakwa di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (1/12/2016).

Orang yang dimaksud Sanusi adalah Gerry Prasetya, anak buahnya. Uang Rp 2 miliar memang diberikan oleh anak buah Ariesman melalui Gerry.

"Tetapi saya biarkan dia mengurusi seperti itu karena saya merasa itu bukan urusan dengan yang begituan. Itu urusan pribadi saya dengan Pak Ariesman. Kalau saya tahu dari awal itu dikaitkan itu, mungkin saya tidak suruh orang itu dan saya sendiri yang mengeksekusinya. Pas saya ketangkep, saya baru tahu kenyataannya," tuturnya.

Sanusi menjelaskan, kala itu dia pertama kalinya meminta tolong kepada orang. Dia meminta bantuan kepada Ariesman terkait biaya rencana pencalonannya.

"Saya bilang baru pertama kali sepanjang hidup saya, saya minta tolong sama orang, untuk hal seperti itu, untuk politik. Sebelumnya tidak pernah. Sejak 2009, saya punya banyak kegiatan, tidak pernah satu orang pun saya mintai tolong. Cuma kemarin saya mintai tolong, kemudian Pak Ariesman mengatakan iya," jelas Sanusi.

Menurut Sanusi, dia dan Ariesman memang sempat membahas soal Raperda saat pertemuan di Paul Cafe. Akan tetapi Sanusi mengaku hanya menjelaskan secara normatif dan tak ada menjanjikan apa pun.

"Kalaupun bertanya, saya jelaskan secara normatif. Sepanjang menurut saya argumentasinya memadai, rasional, memang itu dibutuhkan, pasti saya akan memperjuangkan masukan dari siapa pun," ujar Sanusi.

"Bahwa Pak Ariesman mengatakan membantu saya, iya. Tapi dia tidak pernah menyatakan eksplisit, 'Ini, gue kasih lo karena lo bantuin yang ngurusin Raperda.' Itu tidak pernah sama sekali disampaikan," lanjutnya.
(rna/asp)

https://news.detik.com/berita/d-3360...i-saat-ott-kpk

Gak ada alesan yang lebih masuk akal bang??
0
4.6K
58
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.