• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Baru Gajian? Segera Lakukan 5 Hal Agar Selamat Sampai Akhir Bulan

zidniiiAvatar border
TS
zidniii
Baru Gajian? Segera Lakukan 5 Hal Agar Selamat Sampai Akhir Bulan
Beberapa orang mungkin menanti-nantikan akhir bulan untuk segera mendapat gaji. Sementara beberapa orang lagi sudah mengeluh tekor karena kantonBg semakin kempis.

Sudah dapat gaji bulan ini? Jangan buru-buru belanja ini itu sebelum melakukan 5 hal ini:

1. Lunasi kartu kreditmu, jangan hanya bayar minimum


photo credit: unnywax

Kamu mungkin merasa sangat terbantu dengan fasilitas kartu kredit yang kamu punya. Tapi jangan sampai kemudahan yang diberikan berakhir dengan kerugian yang tak sedikit. Syarat mutlak tetap aman menggunakan kartu kredit adalah: membayar lunas! Setuju dong bunga kartu kredit itu lebih mengerikan daripda kenangan mantan. Jika kamu takut lupa atau takut tak tahan godaan konsumtif lain, manfaatkan fitur autodebet dari rekening agar pembayaran kartu kredit tetap lancar jaya. Caranya toh mudah sekali, hanya menghubungi kantor cabang bank terdekat untuk proses administrasinya. Pastikan saldomu memang cukup untuk membayar lunas yah. hehe.

Selain itu, tagihan kartu kredit sebaiknya tidak melebihi 10% gaji. Tak perlu miliki lifestyle yang ak sesuai dengan kemampuanmu.


2. Bayar semua cicilanmu


photo credit: thebalance

Iyah, pasti males dan bikin bete yah melihat tagihan tiap bulan, tapi kan namanya cicilan alias hutang kan harus dibayar. Sebaiknya porsi cicilan yang kamu miliki tidak lebih dari 30% gaji bulanan. Jadi, gajimu tidak habis hanya untuk bayar utang dan kamu masih punya ruang untuk menikmati hidup. Kemampuan mencicil ini merupakan salah satu pertimbangan saat melakukan pengajuan kredit kepemilikan rumah maupun kendaraan.


3. Alokasi investasi untuk berbagai tujuan finansial: dana darurat, dana pensiun, dana pendidikan, dana rumah/mobil, dll


photo credit: aol

Tujuan finansial tiap orang bisa berbeda-beda tergantung stage of life-nya . Tapi 2 tujuan finansial paling mendasar ini wajib kamu punya: dana darurat & dana pensiun. Untuk dana darurat, simpan di instrumen yang liquid, seperti tabungan, deposito, atau emas agar mudah dicairkan. Untuk dana pensiun, karena jangka waktunya panjang, kamu bisa tempatkan di instrumen yang lebih agresif seperti saham atau reksadana saham. Alokasinya bisa dimulai dengan 10% gaji. Aku sendiri menempatkan investasi di beberapa jenis reksadana sesuai dengan jangka waktu tujuan finansialnya.


4. Transfer biaya bulanan ke rekening khusus


photo credit: nerdwallet

Tadi kan gaji kita udah dipotong buat bayar kartu kredit (10%), bayar cicilan (30%), & alokasi untuk investasi (10%), nah sisanya baru boleh dipakai untuk biaya hidup bulanan (50%). Transfer dananya ke rekening khusus. Kita hanya boleh ambil dana untuk kebutuhan bulanan dari rekening ini. Cukup? Dicukup-cukupin ya. Kuncinya ada pada budgeting dan displin diri untuk stick to the budget. Iya, ini lebih gampang diomongin daripada dilakuin. Godaan memang selalu ada. Kamu bisa latih ketabahan hatimu untuk stick to the budget dengan ikutan social experience #gocapsehari gagasan @mrshananto.


5. Reward yourself


photo credit: onedio

Setelah kerja keras bagai kuda selama sebulan penuh, boleh kok memberi reward pada diri sendiri. Bentuk reward-nya bisa bermacam-macam, dari segi jenis dan skala. Mulai dari makan di resto baru depan kantor, perawatan di salon favorit, atau shopping. Pilih yang dekat dan terasa personal buat kamu. Kalau aku, reward ini biasanya berwujud buku atau shopping baju dan sepatu di online shop favorit. Tapi ingat alokasi dana untuk reward ini diambil dari biaya hidup bulanan ya. Bisa juga ditempatkan di rekening khusus agar tidak bercampur dengan biaya hidup bulanan.

Nah, kalau kita setia melakukan 5 langkah finansial di atas saat tanggal gajian tiba, niscaya kita akan selamat sentosa sampai gajian berikutnya tiba. Kenapa harus di tanggal gajian? Soalnya semakin ditunda, potensi menghabiskan gaji untuk memenuhi keinginan (bukan kebutuhan) semakin besar. Iya kan? Ayo ngaku.

So lets say goodbye and see you again, dear payday! Kalau kamu, ngapain aja pas tanggal gajian? Share di sini yuk.

Sumber Thread :

Baru Gajian? Segera Lakukan 5 Hal Agar Selamat Sampai Akhir Bulan


Artikel yang sudah pernah Hot Thread nih gan :
Mari duduk sejenak dan kembali mengenang masa 90an

Cara unik mengekspresikan cinta dari berbagai belahan dunia

Agan anak pertama , tengah atau terakhir ? Yuk kenali pribadi agan dari urutan lahir

5 foto tragis hewan langka ini akan membuatmu lebih memahami makna hari bumi

Tak Selamanya Kisah Penyair Indonesia Seindah Puisinya

Ini dia Raja Ampatnya Indonesia bagian barat. Yuk Kesiini Gan

Ini Dia 11 Museum di Dunia yang Paling Menakjubkan & Harus Dikunjungi!

11 Perpustakaan dan Toko Buku Unik di Indonesia Ini Membuat Betah Membaca

10 Saran Untuk Diri Sendiri Ketika Saya Berumur 20an

5 Alasan Anggota Pecinta Alam Harus Menuliskan Kisah Perjalanannya

Jika threadnya menginspirasi agan boleh bagi
[/CENTER]
0
1.9K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.