pippothecatAvatar border
TS
pippothecat
Equil, Air Mineral Merek Lokal Asal Sukabumi Yang Mengglobal
Thanks agan sista, trit ini Jadi Top Thread The Lounge, 01 Desember 2016





Ramai dipergunjingkan di jagad medsos, Equil adalah merek air mineral asal Sukabumi, Jawa Barat.

Sempat bingung dengan postingan teman yang membahas soal ada orang yang tidak bisa membedakan botol air mineral dan botol minuman keras, akhirnya menemukan jawaban di lini masa Twitter. Netizen sedang ramai membahas botol air mineral lokal bermerek Equil di media sosial. Berwarna hijau dan berbahan kaca, botol tersebut disangka botol minuman keras.

Spoiler for Hoax Air Equil Disangka Miras:


Dalam memenuhi tugas di Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang, Ratri Mei Rahayu menuliskan sejarah Equil ini.

Equil mungkin masih asing di telinga kebanyakan masyarakat Indonesia. Namun merk air mineral murni ini sudah cukup dikenal kalangan menengah atas dan ekspatriat. Equil kerap hadir di meja restoran fine dining, hotel bintang lima, hingga meja Istana Negara saat rapat kabinet.

Jika melihat penampilan kemasannnya yang elegan, banyak orang akan mengira Equil adalah minuman impor. Namun Equil merupakan air mineral murni asli Indonesia produksi PT. Equilindo Lestari milik Morgen Sutanto.

Morgen memulai usahanya pada tahun 1997. Ia melihat potensi pasar air mineral murni masih terbuka lebar. Para produsen lokal saat itu hanya bermain dalam produk air minum dalam kemasan (AMDK), sementara air mineral premium masih dikuasai produk impor.

Indonesia yang kaya akan mata air, akan sangat ironis kalau air pun harus mengimpor, pikirnya saat itu.

Morgen mengutarakan, masyarakat kebanyakan masih menyebut air minum dalam kemasan dengan “air mineral”. Padahal dua istilah air minum itu memiliki pengertian dan kriteria yang berbeda.

Terdapat sejumlah standar ketat yang harus dipenuhi untuk bisa memperoleh izin merek air mineral alami (natural mineral water). Di antaranya yaitu berasal dari sumber mata air, tidak dilakukan treatment apa pun, serta dibotolkan langsung di lokasi sumber mata air.

“Pada air mineral murni, tidak boleh dilakukan treatment apa pun. Karena bisa merubah sifat fisika, kimia, mikrobiologi dan radiologi air,” jelas Morgen.

Standar tersebut mengacu pada Codex Alimentarius, sebuah badan yang dibentuk Food and Agriculture Organization (FAO) dan World Health Organization (WHO) untuk standardisasi air layak minum.

Ia juga menceritakan bagaimana perjuangannya meyakinkan BPOM untuk bisa memperoleh izin produksi air mineral alami.

Untuk menjamin kelayakan konsumsi, air diperiksa setiap satu jam sekali, mulai dari sumber sampai masuk dalam botol kemasan.

“Setelah dikemas, air dikarantina, dikultur selama 5 hari untuk mendeteksi bakteri,” lanjutnya.

Inilah yang membedakan dengan AMDK yang bisanya melalui proses penyaringan atau pemurnian dengan distilasi atau oksidasi.

Equil dikemas dalam botol kaca hijau dengan lekuk elegan. Ia memiliki dua varian produk yaitu natural (tawar) dan sparkling (bersoda).

Harganya pun relatif lebih mahal, 1 botol Equil 380 ml setara dengan 20 kali harga air minum kemasan biasa. Karena kemurnian dan kandungan mineral anorganik yang dimiliki, produk Equil juga digunakan untuk berbagai terapi kesehatan. Varian Equil Hydra Tera ini yang biasa dikonsumsi untuk terapi.

Hingga saat ini, Equil adalah produsen lokal satu-satunya yang memegang merk air mineral alami. Produk yang berasal dari mata air Gunung Salak ini mantap bersaing dengan merk air mineral impor asal Prancis, seperti Evian dan Perrier.


Strategi Pemasaran

Equil tidak secara langsung mengikis pangsa pasar AQUA yang bermain di kelas lebih bawah. Namun produk tersebut sangat mengganggu pasar produk bersama AQUA dan Danone yakni Evian dan Volvic yang dipasarkan Grup AQUA. Apalagi harga yang dipatok Equil lebih rendah dari harga yang dipatok Evian yang dihargai lebih dari Rp 20 ribu. Sementara kemasannya tampak jauh lebih mewah mengikuti desain botol anggur dan terkesan produk impor. Harga Equil berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu per botol ukuran 330 ml.
Morgen sengaja membuat desain botol mewah serta desain gambar menarik yang menyimbol kehidupan dan alam seperti matahari, air, daun dan wanita. Terlebih, pada kemasannya dicantumkan kata-kata Bottled at source at villa D’ equilibrium yang seolah-olah sebuah lokasi di luar negeri. Willy Sidharta menganggap kalimat tersebut menyesatkan karena vila yang dimaksud sesungguhnya berada di areal seluas 3 hektar di Cimelati, Sukabumi bukan di luar negeri. Hal itu berbeda dengan AQUA yang menyebut produknya dengan jujur yakni berasal dari air sumber pegunungan (mountain spring water).
Namun, strategi pemasaran yang ditempuh Equil memang cerdik karena mampu menerobos dinding istana serta memasok acara-acara khusus seperti konferensi OPEC sehingga citranya semakin melambung.
Hasilnya dalam tempo setahun saja Equil berhasil menguasai 80% pangsa pasar di kelas super premium. Pasar di kelas ini lumayan besar karena dapat mencapaiu US$ 500 ribu per tahun.
Dari sekitar 100 hotel berbintang 4 dan 5 yang ada di Indonesia, hanya beberapa gelintir sajayang belum menyediakan Equil karena masih terikat kontrak dengan Evian atau Perrier.

Negara Tujuan Pemasaran

Pada saat diluncurkan ke pasaran, produk ini dimonopoli oleh pasar Eropa sehingga lebih dikenal oleh masyarakat Eropa. Hal ini karena produk ini mengusung konsep yang ekslusif, sehingga meskipun terkenal di pasar Eropa, sebagian masyarakat kelas atas Indonesia mengenal produk ini. Namun, mereka tidak menyadari produk minuman yang peruntukkan untuk kaum sosialita ini asli buatan dalam negeri.
Produk ini mendapatkan tempat di pasar Eropa dan di hati masyarakat kelas atas, karena kualitas yang dimilikinya terbukti baik. Equil hanya di produksi dalam jumlah terbatas, di Villa D'Equilibrium. Sumber airnya pun murni dari alam tanpa adanya pemompaan atau tindakan teknologi lainnya.
Minuman ini juga sudah merambah pasar dunia, seperti Singapura, Australia, Hongkong, Arab Saudi dan Italia. Desain botolnya yang ekslusif dan kualitas air yang memenuhi standar kualifikasi Internasional, menjadikan Equil minuman kelas Internasional. Berikut beberapa strategi yang dilakukan oleh Equil dalam menembus pasar Internasional.
a. Menentukan Segmentasi Pasar berdasarkan Psikografis
PT. Equilindo Lestari memfokuskan sasaran konsumen yang ingin dibidik hanya untuk konsumen kelas atas dan menengah yang memiliki gaya hidup high class dan sadar akan pentingnya kesehatan. Dimensi dari produk berkualitas cukup banyak: performance, feature, reliability, conformance, durability, servicebility, aesthies dan perceive quality. Equil mencoba menampilkan ‘nilai’ dengan kemasan mewah, mutu yang tinggi, distribusi, yang terbatas ditempat mewah dan layanan yang prima, kesemuanya adalah diferensiasi untuk mendukung positioning yang dilakukan. Penamaan atau pemberian merek ‘equil’ ytang terkesan produk asing, pemakaian bahasa asing dalam kemasan yang seperti menyamarkan identitas Equil sebagai produk lokal, sengaja dilakukan juga untuk menonjolkan positioning.
b. Saluran Distribusi yang sudah ditentukan
PT. Equlindo Lestari yang memposisikan dirinya sebagai suatu produk premium, berusaha mengkomunikasikan ‘posisi’nya itu dalam segala aspek. Dari segi distribusi misalnya, Equil hanya melempar produknya ke hotel-hotel dan cafe mewah (sekitar 70%), hypermarket atau supermarket besar, dan beberapa lokasi eksklusif lain (Lapangan golf, konser musik klasik, dan lain -lain)

Perbandingan Produk Equil dengan Produk lain



Equil jika dibandingan dengan minuman kemasan botol lainnya misalnya aqua, keduanya sama-sama memproduksi air mineral dengan kualitas terbaik. Tetapi kemasan Equil berbeda dengan kemasan aqua. Kemasan Equil memakai Botol kaca yang di desain Elegant sedangkan Aqua memakai botol plastik yang standar. Target pasar mereka pun berbeda, Equil mengincar pasar kelas menengah keatas sedangkan Aqua mengincar kelas menengah kebawah.
Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari EQUIL berdasarkan hasil sampling survei dari pengguna langsung:




Spoiler for Dari Segi Rasa:



Nah, terjawab sudah bahwa Equil itu merek air mineral. Juga buatan lokal, bukan impor.


Spoiler for Sumur:
Diubah oleh pippothecat 30-11-2016 17:34
0
28K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.