Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah Kepala Negara Yang Menjabat dalam Waktu Tersingkat di Dunia

kekinian21Avatar border
TS
kekinian21
Inilah Kepala Negara Yang Menjabat dalam Waktu Tersingkat di Dunia
Menjadi seorang kepala negara itu bukanlah hal yang mudah karena harus memimpin setiap aspek dalam sebuah negara!

Inilah Kepala Negara Yang Menjabat dalam Waktu Tersingkat di Dunia

Pemimpin negara itu bukan hanya jabatan politik gan, melainkan sebuah tanggung jawab besar.

Ternyata ada juga loh gan kepala negara yang nyerah menjabat dalam waktu yang sangat singkat. Nama mereka jarang terekspos, disini kita bocorin emoticon-Ngakak


1. Khalid bin Barghash selama 2 Hari, Pulau kecil Zanzibar

Inilah Kepala Negara Yang Menjabat dalam Waktu Tersingkat di Dunia


Khalid bin Barghash pernah menjabat sebagai sultan di negara pulau kecil, Zanzibar pada tahun 1896 hanya menggantikan sepupunya Hamid bit Thuwaini yang meninggal tiba-tiba. Kerajaan Inggris menolak mengakui Khalid sebagai pemimpin Zanzibar dan mengirimkan ultimatum agar mengundurkan diri dalam waktu 2 hari.

Khalid menolak ultimatum ini dan Inggris kemudian mengirimkan lima kapal untuk mengambil alih pulau tersebut dan terjadilah perang Anglo-Zanzibar. Perang ini menjadi perang tersingkat dalam sejarah karena hanya berlangsung selama 38 menit. Sultan kemudian menyerah dan kabur ke Afrika Timur yang saat itu menjadi wilayah Jerman. Maka, berakhirlah kekuasaan Khalid bin Barghash hanya dalam waktu 2 hari.

2. Diosdado Cabello selama 1 Hari, Negara Venezuella

Inilah Kepala Negara Yang Menjabat dalam Waktu Tersingkat di Dunia

Pada tahun 2002, sebuah kudeta memaksa pemimpin Venezuela, Hugo Chavez untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden. Namun, pendukuk Chavez melawan dan berhasil mengambil alih istana presiden. Dalam masa pemberontakan tersebut, Chavez akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya.

Secara teknis, Diosdado Cabello yang menjabat sebagai wakil presiden menjadi presiden. Untuk mengembalikan kedudukan Chavez, Diosdado Cabello mengangkat Chavez sebagai wakilnya dan ia mengundurkan diri keesokan harinya dari jabatan presiden, sehingga Chavez naik kembali menjadi presiden.


3. Ratu Tevita Momoedonu selama 24 Jam, Negara Fiji

Inilah Kepala Negara Yang Menjabat dalam Waktu Tersingkat di Dunia


Laisenia Qarase, seorang politikus yang ambisius ditunjuk sebagai perdana menteri sementara di Fiji pada tahun 2000 karena adanya kudeta militer. Jabatan sementara tersebut akan segera berakhir dalam waktu 1 tahun dan ia tidak bisa mengikuti pemilihan karena konstitusi Fiji.

Dengan memanfaatkan celah di konstitusi Fiji, Laisenia Qarase meyakinkan presiden Fiji untuk menunjuk Ratu Tevita Momoedonu yang merupakan sahabat Laisenia untuk menjadi Perdana Menteri. Laisenia dan Tevita telah membuat perjanjian sebelumnya, bahwa Tevita akan mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri 24 jam kemudian. Tevita setuju dan menunjuk Laisenia Qarase sebagai Perdana Menteri yang baru. Akibatnya, Tevita secara sah merupakan Perdana Menteri Fiji dalam waktu 24 jam.

4. Roger LaFontant - kurang dari 24 Jam, Haiti

Inilah Kepala Negara Yang Menjabat dalam Waktu Tersingkat di Dunia


Tahun 1991, presiden Haiti mengundurkan diri dari jabatannya dan orang yang seharusnya meneruskannya adalah Ketua Mahkamah Agung Haiti, Ertha Pascal-Trouillot. Ertha kemudian dengan segera merencanakan pemilihan umum yang demokratis, namun jenderal Roger LaFontant melakukan kudeta dan menjatuhkan Ketua Mahkamah Agung.

Ia kemudian mendeklarasikan diri sebagai presiden Haiti. Namun sebuah kudeta lain muncul untuk menggulingkan Roger LaFontant dan mengembalikan kedudukan Ketua Mahkamah Agung. Dengan kejadian ini, maka jabatan Roger sebagai presiden hanya berlangsung kurang dari 24 jam.


5. Dr. Joseph Goebbels - 5 Jam, Pemimpin Nazi setelah Hitler

Inilah Kepala Negara Yang Menjabat dalam Waktu Tersingkat di Dunia


Ketika tentara komunis Rusia merangsek ke Berlin yang hancur, salah satu dekrit Presiden Adolf Hitler yang terakhir adalah menunjuk Joseph Goebbels sebagai pemimpin Nazi Jerman selanjutnya. Hitler yang telah diliputi rasa takut dan paranoia percaya, bahwa Joseph Goebbels yang merupakan menteri propagandanya adalah satu-satunya orang yang bisa ia percaya untuk meneruskan jabatannya, meskipun pengalaman kepemimpinan Joseph Goebbels sebenarnya juga dipertanyakan.

Ketika Hitler bunuh diri, Goebbels langsung menjadi kanselir Jerman. Ketika pasukan Barat sudah semakin mendekat ke wilayah bunker Hitler, Goebbels mengikuti langkah yang diambil Hitler yaitu dengan bunuh diri juga daripada harus ditangkap oleh pasukan musuh. Secara teknis, Goebbels hanya menjabat sebagai pemimpin Nazi selama 5 jam saja.

6. Boris Yeltsin – kurang dari 5 jam, Negara Rusia

Inilah Kepala Negara Yang Menjabat dalam Waktu Tersingkat di Dunia

Pada tahun 1998 di tengah kemelut krisis politik, Presiden Rusia Boris Yeltsin membubarkan perdana menteri beserta jajaran kabinetnya. Yeltsin membuat reputasinya semakin buruk dengan langkah politiknya yang tidak biasa ketika ia menjadikan dirinya sendiri sebagai Perdana Menteri.

Langkahnya mendapatkan kritik besar-besaran karena sangat tidak sesuai dengan konstitusi. Ia kemudian mengundurkan diri dari jabatan perndana menteri dan menunjuk orang lain di posisi tersebut.

7. Skënder Gjinushi – 2-5 jam, Negara Albaina

Inilah Kepala Negara Yang Menjabat dalam Waktu Tersingkat di Dunia

Sali Berisha menjabat sebagai presiden Albania meskipun ia sebenarnya kalah dalam pemlihan presiden. Akhirnya, karena kemarahan masyarakat yang semakin memanas, Sali Berisha turun dari jabatannya sehingga Skënder Gjinushi naik menjadi presiden.

Ia secara teknis menjadi presiden pengganti sampai Parlemen mendapatkan seseorang untuk duduk di kursi presiden. Ia hanya menjabat sebagai presiden selama beberapa jam saja.



Kalau di Indonesia kira-kira Siapa ya Gans? emoticon-Betty
Diubah oleh kekinian21 01-12-2016 06:59
0
2.2K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.