sisca2490Avatar border
TS
sisca2490
Kesulitan Sampaikan Gagasan di Kantor? Coba Tips ini!
Jakarta - Sobat Souja, kebebasan berpendapat merupakan hak warga negara yang diatur dalam undang-undang. Termasuk kebebasan menyampaikan ide maupun gagasan saat berada di kantor. Namun demikian, faktor senioritas dan hierarki jabatan membuat hal ini tidak terealisasi dengan baik. Apalagi, jika seorang karyawan ingin melayangkan kritik terhadap atasan. Berbagai ancaman menakutkan sepertinya sudah di depan mata, mulai dari dibenci atasan hingga yang terparah adalah dipecat!


Lantas apa yang harus dilakukan? Nah, buat kamu yang bingung bagaimana cara meyakinkan atasan saat mengemukakan pendapat serta tidak menimbulkan konflik kala melayangkan kritik, simak yuk tipsnya yang kami kutip melalui berbagai sumber!




Studi kasus

Sebagian besar pimpinan perusahaan pasti akan mempertimbangkan dengan matang setiap ide, inovasi dan gagasan sebelum melakukan eksekusi. Alasannya, mereka berhadapan dengan resiko besar diantara potensi keberhasilan atau malah ancaman kegagalan. Nah, kalau sudah begini kamu harus meyakinkannya dengan mengatakan kalau ada ide sebelumnya yang mirip dengan idemu yang sudah dilakukan perusahaan besar lainnya. Dan berhasil. Ini akan memancing rasa penasaran atasanmu untuk ikut mencoba.



Gunakan analogi

Bahasa lisan memang riskan. Jika tidak disampaikan dengan hati-hati maka akan menimbulkan perbedaan dalam penafsiran. Kebanyakan orang sulit untuk menjelaskan ide mereka dengan sederhana. Buat kamu yang juga mengalami kesulitan yang sama, cobalah menggunakan analogi, sehingga kamu bisa membuat atasanmu paham betul apa yang kamu maksudkan.



Elevator Pitch

Dilansir melalui bintang.com, ada satu cara yang sangat ampuh untuk memengaruhi orang lain. Namanya elevator pitch. Kamu katakan apa yang menjadi esensi idemu hanya dalam waktu 3 menit. Pancing rasa penasaran dan buat atasanmu tertarik akan idemu. Kamu bisa berlatih elevator pitch setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cara ini diketahui telah berhasil diterapkan pada perusahaan start up yang tengah berkembang di era millenium.


Selamat mencoba Sobat Souja!

0
1.1K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.