Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

irondaruAvatar border
TS
irondaru
Kesalahan Fatal Minum Kopi
Kesalahan Fatal Minum Kopi



Kesalahan Fatal Minum Kopi

Hallo agan agan sekalian,bagaimana kabarnya di hari ini?Sudah ngopi apa belum?Kalau belum silahkan bikin kopi dulu sambil menikmati tread kecil dari newbie.Jangan lupa sarapan jika memang di perlukan.

Minum kopi adalah hal rutin dan wajib bagi sebagian orang,tetapi bagi sebagian lainya adalah masalah besar terutama bagi mereka yang memiliki masalah lambung.Bahkan slogan slogan “ngopi dulu biar tidak salah paham” atau sejenisnya tidak mampu menumbuhkan keberanian minum kopi bagi pengidap penyakit lambung.Meskipun dalam keadaan darurat dan butuh asupan kafein seperti saat di serang kantuk,para pemilik penyakit lambung tetap tidak berani mencobanya.
Ya…tentu saja karena resikonya tidak sebanding dengan manfaatnya.Jangan sampai gara gara minum kopi malah berujung masuk rumah sakit.
Sebenarnya pemilik penyakit lambung tetap bisa menikmaati kopi asal dengan cara penyajian dan kadar yang benar.


Lalu bagaiamana cara mengkonsumsi kopi yang aman bagi lambung?


Banyak orang melakukan kesalahan dalam penyajian dan memilih kopi yang tepat untuk di konsumsi sehingga setelah minum kopi mereka merasa tidak enak atau mulas.

  1. Penyebab pertama adalah pemilihan kopi.Di negara kita ini banyak petani kopi,tetapi anehnya kita tidak mengonsumsi kopi kita sendiri.Yup..harga yang mahal tentu menjadi pertimbangan nomer satu.Sehingga kita memilih kopi dengan harga murah.Ada 2 jenis kopi yang beredar di Indonesia,yaitu arabika dan robusta.Namun kebanyakan kita memilih kopi arabika yang harganaya jauh lebih murah.Kopi robusta memang mahal,makanya sering di export karena harga jualnya tinggi sementar permintaan pasa juga sangat banyak.Berbeda denga kopi arabika yang murmer alias murah meriah.
    Bahkan tidak jarang kita mengkonsumsi kopi instan,atau kopi sachet yang di jual bebas.
    Tapi tahukah anda bahwa kopi sachet itu hanya memiliki 25% kandungan kopi?Selebihnya adalah campuran campuran dari jagung,nangka atau lainya.Maka jangan heran jika setelah minum kopi sachet perut terasa mulas dan tidak nyaman.Bahkan para pecinta kopi mania-pun mengalami mulas ketika minum kopi sachet.Ini karea kandungan kopi yang sedikit,lalu campuran bahan lain yang mebuat lambung memberikan respon negatif sehingga kerja lambung menjadi tidak baik.Maka timbulah rasa mulas seperti biasanya.
    Iklan yang menggoda-lah yang menyebabkan kopi instan menjadi laris dan memberikan sugesti bahwa kopi tersebut “nikmat”.
    Harganya juga murah,kita hanya perlu mengeluarkan uang dan tenaga sedikit untuk ngopi.Cukup ke warung terdekat,seduh dan “ngopi”.


  1. Cara penyeduhan kopi.Pernahkan anda menyeduh kopi dengan air termos atau pemanas air instan?
    Jika iya sebaiknya anda segera merubah kebiasaan ini.Bahaya kah?
    Dalam jangka pendek tidak terasa bagi yang berlambung kuat.Tapi bagi yang lambungnya tidak kuat ini adalah “sumber penyakit”.
    Cara penyajian kopi dengan di seduh air mendidih adalah tidak benar.Karena kopi tidak benar benar matang 100% sehingga ketika di minum apalagi dengan segera,proses pematangan kopi masih terjadi di dalam perut.Artinya perut kita secara tidak langsung ikut menjadi pabrik pengolahan kopi.Sedangkan lambung harusnya menerima sesuatu yang sudah matang atau sudah jadi.
    Atau dengan kata lain kita tidak minum sari kopi tetapi minum semua kopinya dari yang mentah, setengah matang, dan yang matang.
    Sekarang mari kita coba dengan cara baru yang terbukti aman bagi lambung yitu dengan menggodok kopi sebelum di minum dengan air matang dan mendidih.Kopi yang di masak atau di godok lebih matang dan lebih aman karena proses pematangan dan pemisahan sari kopi atau kafein terjadi saat di masak alias di luar perut.
    Cara ini memang ribet dan lama,tapi minum kopi dengan cara ini bisa di bilang lebih baik dan aman.
    Ingat minum kopi adalah seni,bukan sekedar main sruput saja.
    Kesalahan ketiga adalah minum kopi yang agak atau sudah dingin atau bahkan kopi yang sudah dingin atau sengaja dingin.Jika anda menemukan kopi bisa di seduh dingin,itu bukan kopi tapi hanya minuman rasa kopi.
    Para penikmat kopi biasanya jika menyeduh kopi hanya sedikit.Biasanya cangkir kecil.Ini bertujuan agar kopi yang diminum saat panas,adalah sessuai kadar yang di kehendaki.Jika kopi di seduh terlalu banyak,dan tidak habis pada posisi panas,maka yang terjadi adalah menjadi “racun” dalam lambung.Racun di sini maksudnya adalah menyebabkan sakit lambung,sebah atau mungkin sakit perut berujung mencret.
    Jadi minum kopi itu ada seni dan caranya,bukan asal ngopi dan bukan asal kopi.


Jika anda memiliki penyakit lambung dan tidak berani minum kopi,sementara anda merasa “gila” jika tidak ngopi,maka cara cara berikut ini bisa anda coba.


  1. Minum kopi dalam jumlah sedikit.Ini artinya bertahap,sedikit dahulu baru jika lambung anda kuat dalam beberapa hari kedepan anda bisa menambah ukuran minum kopi dengan lebih banyak sekitar 25-30 %.


  1. Minumlah kopi setelah makan atau dalam keadaan perut terisi.Biasanya perut kosonglah penyebab macam macam penyakit,apalagi di tambah kopi.


  1. Jangan minum kopi sachet atau kopi dengan campuran beras,nangka,jagung dan sebagainya.
    Selalu masak kopi bersama air,jangan di seduh apalagi menggunakn air yang tidak benar benar panas.


  1. Minumlah kopi selagi panas.Ini sering di abaikan karena ada beberapa orang yang tidak suka atau tidak tahan panas.Seperti yang saya tulis di atas,minum kopi yang sudah dingin bisa bikin sebah,begah,masuk angin,asam lambung meningkat dan rasa tidak nyaman lainya.




Namun dari semua cara di atas jika anda memang tidak tahan kopi adalah menghindarinya atau tidak usah minum kopi.Mudah bukan?
Jadi ngopimu itu yang bagaimana?
Ngopi?
Minum Kopi ?
Atau yang penting Kopi?



Ayo kopinya di sruput dulu gan......


Mohon maaf jika repost,tapi kayaknya setengah,,,,emoticon-Big Grin



nona212
nona212 memberi reputasi
1
7.8K
35
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.