Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

JMYCMAvatar border
TS
JMYCM
HMI Sumut Minta Ahok Ditahan, Ini Alasannya
TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Ketua Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumut, Septian Fujiansyah Chaniago meminta kepolisian agar segera menuntaskan kasus penistaan agama yang menjerat Gubernur non aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.
Menurut Septian, terdapat hal yang mesti dilakukan pihak kepolisian agar publik tidak menganggap instansi penagak hukum tersebut mengistimewakan seorang pejabat publik yang kini berstatus tersangka.
"Kami mengimbau kepada Kapolri untuk segera melakukan penahanan terhadap Ahok," kata Septian melalui pesan singkat, Jumat (25/11/2016).

Menurut Septian, terdapat beberapa alasan yang patut menjadi dasar pertimbangan bagi pihak kepolisian untuk segera menahan tersangka Ahok.
"Sebagaimana Pasal 156a KUHP juncto Pasal 28 ayat (2) Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang disangkakan terhadap Ahok memenuhi unsur hukum untuk dilakukan penahanan. Di samping itu kita khawatir ada potensi Ahok mengulangi perbuatannya, menghilangkan barang bukti dan bahkan bisa saja melarikan diri. Oleh karena itu penahanan pada prinsipnya justru memudahkan pihak kepolisian dalam rangka menjalankan proses hukum," katanya.
Di sisi lain, menurut Septian, penahanan terhadap Ahok akan menjadi bukti bahwa penegakan hukum di Indonesia masih layak dianggap adil.
"Guna menjunjung prinsip hukum equality before the law, bahwa harus ada kesamarataan dalam hal penegakan hukum terhadap setiap orang. Jika kasus-kasus penistaan agama lainnya dilakukan penahanan terhadap pelakunya, kenapa tidak untuk Ahok," ujarnya.
Lebih lanjut, Septian mengatakan bahwa pihaknya siap berpartisipasi dalam aksi unjuk rasa susulan yang rencananya akan digelar pada Jumat (2/12/2016) mendatang. Pada aksi nanti, kata Septian, HMI Sumut akan bergabung dengan Gerakan Anti Penistaan Agama Islam (GAPAI). Sedangkan titik kumpul massa akan dipusatkan di Masjid Agung Medan Jalan Pangeran Diponegoro.
"Kami mengimbau masyarakat, khususnya di Sumut, untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak manapun yang mengarah kepada pemecah belahan," katanya.

Sumber : http://medan.tribunnews.com/2016/11/25/hmi-sumut-minta-ahok-ditahan-ini-alasannya

Ayo, HMI demo demo lagi emoticon-Ultah
0
1.6K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.