bintaro.membaraAvatar border
TS
bintaro.membara
[Share Pengalaman] Pengurusan Paspor Hilang di Kanim Bengkulu
Spoiler for buka gan:


Halo...

Ketemu lagi dengan ane, mengawali postingan di 2016 ini ane akan berbagi pengalaman kepada agan-agan semua waktu ane melakukan pengurusan paspor ane yang hilang di kantor imigrasi Bengkulu.

Spoiler for paspor:


Jaman sekarang paspor udah jadi dokumen yang bisa dimiliki setiap warga negara gan, apalagi sekarang dunia seakan udah borderless alias tanpa batas, keluar masuk dari satu negara ke negara lain dengan berbagai maksud dan tujuan juga udah biasa.

Beberapa tahun yang lalu ane sempat memiliki paspor, tepatnya di tahun 2009, ketika itu ada semacam international gathering-nya Palang Merah Internasional (ICRC) yang memperingati 150 tahun didirikannya organisasi Palang Merah. Itu pertama kali ane keluar negeri, waktu itu pake Visa Schengen (visa uni eropa) yang membebaskan ane memasuki beberapa negara Eropa yang tergabung dalam kerja sama Schengen itu.

Sialnya, pada Januari 2016 lalu, paspor ane hilang. Kronologis singkatnya waktu itu ane penempatan kerja dan harus pindah dari tempat ane magang di Cirebon ke Curup. Dalam perpindahan barang-barang kos itulah paspor ane yang sudah habis masa berlakunya hilang entah kemana.

Nah, mumpung ane lagi kerja di kampung halaman, yang notabene adalah tempat penerbitan paspor lama ane, maka ane memutuskan ngajuin cuti 5 hari untuk ngurus paspor hilang biar bisa diganti dengan yang baru di Kantor Imigrasi Bengkulu. Kenapa 5 hari? karena ini prosedurnya bakal ribet, makanya ane alokasikan waktu 5 hari (berbekal baca baca pengalaman orang di internet yang ngurus paspor hilang).

Spoiler for Disclaimer:


INFO! Bagi kamu yang kehilangan paspor, segera buat surat kehilangan di kepolisian yang menjadi syarat utama untuk pengurusan paspor hilang. Syarat lainnya adalah mengisi Formulir dan Surat pernyataan (beli di fotokopian kanim), Fotokopi KK yang masih berlaku, Fotokopi Akta Lahir/Surat Nikah, dan Fotokopi KTP. Semua di fotokopi di KERTAS A4! Kalo udah terlanjur di kertas F4, potong aja jadi seukuran A4. Ane kurang tau kenapa harus kertas A4 tapi yaudah ikutin aja. Selain itu, semua berkas ASLI DIBAWA juga.

HARI 1: Senin 22 Februari 2016

Pukul 07.30 WIB, ane sampai di kantor Imigrasi Bengkulu. Terakhir kali ke kantor ini ya waktu pembuatan paspor tahun 2009, dan udah ga inget apa apa lagi. Selain itu pasti banyak hal yang udah berubah. Akhirnya diujung sana, di pintu sebelah belakang kantor, ane melihat banyak ibu-ibu hampir nenek-nenek berbaris rapi di depan pintu kaca. Ga mungkin kayaknya kalo antri sembako, karena ini bukan kantor yang biasa melaksanakan operasi pasar. Akhirnya ane nanya sama salah seorang pegawai kanim (Kantor Imigrasi).

S: "Mas kalo mau ambil nomor antrian di sebelah mana?"
P: (nunjuk ke antrian ibu ibu) "disana mas, ayo cepet nanti ga dapet nomor"

Spoiler for antrian gan:



Waduh! Ane segera ikut memperpanjang antrian. Dari hasil ngobrol-ngobrol, ternyata ini emak emak lagi pengen ngurus paspor buat berangkat ibadah Haji/umroh.

Spoiler for tips!:


Beberapa menit kemudian pintu dibuka. Dan ternyata, prosedur awal untuk mendapatkan nomor antrean di kanim Bengkulu adalah berkas kita akan diperiksa dulu oleh petugas mesin antrian sesuai kebutuhan kita mau ngapain disana. Kalo lengkap, kita dikasih nomor antrian. Ada 4 jenis nomor antrian, jenis A sampai D, jenis A untuk Customer Service, jenis B untuk pembuatan paspor biasa, jenis C untuk Travel Agent/PJTKI, jenis D untuk WNA. Kalo gasalah sih gitu. Hehe.

Nah kalo berkas kita dirasa belum lengkap ama itu mas-mas yang meriksa, kita disuruh ngelengkapin dulu! Kita ga bakalan dikasih nomor antrian kalo belum lengkap berkasnya atau belum ngisi formulirnya. Sampe lebaran monyet api juga ga bakal dikasih. Banyak juga bapak-bapak yang kepaksa ngisi formulir dulu, ada yang balik ngambil berkas dulu, ada yang ke toilet dulu. Akhirnya nyerobot antrian lagi waktu ngasih berkas lengkapnya, yang ngakibatin kadang terjadi insiden-insiden kecil antar pemohon paspor.
TIPS! Pastikan dulu berkas kita sudah lengkap sebelum mengambil nomor antrian. Ada cara aman sih, jadi gini, datanglah sehari sebelum hari kamu berjuang memohon paspor (hari kerja ya). Misal, kalo kamu mau bikin paspor hari Senin, datang dulu ke kanim pada jumat siang. Biasanya kalo siang udah sepi, dan kamu bisa tanya satpam/petugas loket/petugas jaga disana tentang syarat apa saja yang dibutuhkan. Kalo mau jelasnya mungkin bisa diliat di Permenkumham Nomor 8 tahun 2014. Googling aja.

Spoiler for info:


Sekitar jam 8 pagi akhirnya giliran berkas ane yang diperiksa. Sebelum map ane dibuka oleh mas mas itu, ane nyaut duluan ngasih tau bahwa ane berniat ngurus PASPOR HILANG. Akhirnya ane disuruh ke ruang seksi Wasdakim (Pengawasan dan Penindakan Imigrasi) untuk buat BAP (berita acara pemeriksaaan). Yah tau gitu ane gaperlu lama lama capek capek antri disini.

Spoiler for tips:


Di ruang wasdakim kala itu, kosong! Ketok ketok pintu, eh ada yang nyaut, ternyata kepala seksinya. Ane menghadap beliau dan menjelaskan maksud kedatangan ane. Orangnya ramah, baik, jauh dari kesan yang sangar, bentak bentak, marah marah dan sebagainya. Ane disuruh nunggu stafnya yang belum datang (jam 8 lewat loh -.-). Ane nanya apakah syarat ane sudah lengkap, setelah memeriksa beliau mengiyakan. Hanya kurang formulir dan pernyataan saja karena memang ane belum beli. Tapi beliau berkata bahwa prosesnya adalah buat BAP dulu nah kalo udah disetujui BAP-nya sama kepala kanim, baru ane disuruh minta formulir di loket dan beli surat pernyataan.

TIK TOK

Jam 10.30 wib, setelah berlapar lapar dan bersabar sabar, akhirnya ane dipanggil untuk di buatkan BAP kehilangan paspor. Mas-mas yang nanya juga baik. Pertanyaannya ya terkait kronologis kehilangan paspor, pernah dipake kemana aja, acaranya apa, terus nanti paspor baru mau dipake buat apa aja dan sebagainya sebagainya. Jawab dengan tenang dan jujur aja. Jangan dibuat buat malah nanti bikin petugasnya curiga dan ga dikabulin BAP-nya.

Selesai buat BAP, ane disuruh menunggu BAP tersebut di tanda tangani kepala kanimnya. Karena pada hari itu sang kepala kantor sedang tidak berada di kantor, akhirnya ane disuruh menunggu telepon dari mas yang meriksa ane tadi apabila BAP sudah disetujui.

Akhirnya ane memutuskan kembali ke penginapan sembari menunggu itu telepon penentuan -.-

Hari 2: Selasa 23 Februari 2016

BENGONG!

Seharian ane sama sekali ga dapet telepon dari kanim Bengkulu. Akhirnya ane memutuskan akan kembali kesana esok pagi.

Wasting time. Di titik ini ane sempet putus asa apa permohonan ane ditolak atau bagaimana, sempet pengen pulang aja ke Curup. Tapi godaan mall dan Gramedia membuyarkan niat itu. Hehehe.

Spoiler for tips!:


Hari 3: Rabu 24 Februari 2016

FINAL DAY! Ane bertekad hari ini harus selesai.

Berbekal pengalaman di dua hari sebelumnya, ane datang ke kanim pada pukul 08.00 WIB dan langsung ke ruang wasdakim untuk ketemu sama mas yang kemarin nge-BAP ane. Dan di ruangan cuma ada satu ibu ibu pegawai Kanim yang ngasih tau kalo mas ybs sedang sarapan. GOD!

Yaudah akhirnya ane ikut sarapan juga, daripada laper mending kesel. Jam 9 akhirnya ane kembali ke wasdakim, disana udah rame. Mas-mas yang hari Senin nge-BAP udah dateng. Segera ane menghadap beliau dan beliau suruh tunggu dulu. BAP ane masih tergeletak indah di meja kerjanya. Yuhu. Semoga aja itu udah di tanda-tangani kepala Kanim. Jam 9.30 ane dipanggil. YES! BAP ane sudah disetujui. Selanjutnya ane disuruh fotokopi BAP-nya dulu. Terus balik ke wasdakim lagi untuk ngasih arsipnya. Berkas asli ane bawa dan ane gabung ke berkas permohonan ane. Ane kembali ke ruang loket, minta nomor antrian. Karena ane belum memiliki formulir, ane dikasih formulir dan disuruh isi selengkap-lengkapnya. Tepat pukul 09.51 wib, ane dapat nomor antrian 056! Holy.

Spoiler for nomor antrian gan:


Nunggu nunggu nunggu nunggu. Jam 11, nomor antrian ane dipanggil. Ke loket 3. Sama mas mas tinggi besar. Huf. Berkas ane diperiksa, bla bla bla bla. Nomor antrian ane dirobek jadi dua bagian, yang satu dibalikin ke ane, yang satu disteples ama map kuning imigrasi bersama berkas-berkas ane. Setelah itu ada pengumuman di loket. Bahwa untuk nomor antrian 36 dan seterusnya, proses wawancara dan pengambilan sidik jari baru dimulai AFTER THE BREAK! jam DUA SIANG. Ya Tuhan cobaan ngurus paspor ilang ribet bener. Akhirnya ane kembali ke penginapan. Lagi. Nunggu. Lagi.


-------------

Jam DUA SIANG ane kembali ke kanim, nunggu. Antrian di loket wawancara baru nomor 36. Ane nomor 56. Oke, dua puluh pemohon lagi dan itu mayoritas para mbah mbah sepuh sing meh mangkat haji lan umroh. Haha. Jadi agak lama gitu. Sempet sangsi juga cukup atau engga waktunya.

Jam 15.45 AKHIRNYA, akhirnya, nomor antrian ane dipanggil. Ngadep mas-mas lagi, ditanya-tanya lagi kenapa ilang, terus paspor baru mau dipake apa. Terus foto, bikin biometrik sidik jari, dan ane digeser ke mbak-mbak disebelahnya. Finally mbak-mbak juga. Ditanya lagi (LAGI) mau dipake apa paspornya. terus dicetakin semacam kwitansi buat pembayaran di BANK BNI. Harus bank BNI ya gaboleh bank lain. Fyuh akhirnya selesai, tinggal bayar ke BNI dan beres, tunggu 4 hari kerja sejak tanggal bayar, paspor udah jadi deh.

Spoiler for kwitansi (?) gan:


Oiya, kalo biaya paspor hilang yang SUDAH EXPIRED itu sama aja kayak bikin paspor baru. tapi, kalo biaya paspor hilang YANG MASIH BERLAKU, itu kena denda lagi senilai satu kali harga paspor baru. Jadi dua kali lipat gitu.

Nah karena ini udah jam 4 sore, BNI udah tutup pelayanan. Akhirnya esok pagi ane baru bisa bayar.

Hari 4: Kamis 24 Februari 2016

Jam 8, udah sarapan, terus ngegas ke cabang BNI 46. Masuk, ngambil nomor antrian, langsung dipanggil mbak-mbak teller nan ayu. Biaya 355ribu ditambah 5ribu biaya admin. Bayar. Pulang.

Beres deh.


Nah untuk pengambilan paspor nya, bisa diwakilin kok, ketentuannya, kalo yang mewakili adalah orang yang terdaftar pada Kartu Keluarga yang sama dengan kita, maka ga perlu pake surat kuasa. Cukup dateng aja bawa bukti bayar dari BNI, sama KK, sama form pengambilan yang dikasih waktu sesi akhir wawancara. Tapi kalo orang yang mewakili ga ada dalam KK, maka kita yang memberi kuasa harus bikin surat kuasa ditanda-tangani di atas materai.


LEGA, akhirnya bisa punya paspor lagi dan bisa persiapkan banyak petualangan baru lagi. Buat yang masih ragu sama Kantor Imigrasi, sekarang kanim udah jauh lebih baik. Udah anti-calo, jadi jangan mau ditipudaya sama oknum oknum yang ngaku bisa ngurusin paspor. Mending datang sendiri, jujur, tenang, dan jalanin aja dengan enjoy. Selesai deh.

Semoga membantu ya. Kalo ada yang mau nyendolin ane terima dengan lapang dada kok gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Oiya gan, jangan lupa buat versi blog nya, bisa mampir di blog ane di sokin gan emoticon-thumbsup >> Blog Ane Gan

www.prstyaarif.com
0
6.9K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.