Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

XinHua.NewsAvatar border
TS
XinHua.News
Stok Daging Babi Melimpah, Tiap Hari Siapkan 500 Ekor
Bagi warga Sulawesi Utara terutama di tanah Minahasa, menggelar open house perayaan Natal terasa kurang lengkap jika tak menyediakan daging babi. Tersedianya berbagai menu daging babi bukan hanya soal makanan, melainkan prestise hajatan yang digelar.

Tak heran setiap menjelang perayaan Natal kebutuhan daging babi meningkat. Di tahun 2015, sesuai data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara, kebutuhan babi bisa mencapai 800 ton.

Sedangkan tahun 2016 ini diprediksi bakal meningkat mengingat daya beli masyarakat membaik. Bersyukur, meski kebutuhan daging babi bakal meningkat tajam, Disperindag Sulut melihat persediaan bakal aman. Harga pun diprediksi tidak akan mengalami kenaikan signifikan.

Namun mengenai angka kebutuhannya, Disperindag Sulut belum bisa memastikan."Angkanya belum bisa disimpulkan karena ini tidak masuk dalam kategori barang yang dimonitor oleh kami, sama seperti daging sapi dan ayam," ujar Kadis Perindag Sulut, Jenny Karouw melalui Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Ir Hanny Wajong, Rabu (23/11).

Dijelaskan dia lebih lanjut, stok daging babi tersedia di peternakan dan rumah pemotongan. Khusus untuk Kota Manado, daging babi berasal dari peternak di Tomohon."Kami nanti akan kroscek turun lapangan mengecek ketersediannya berapa banyak untuk babi," tandasnya.

Sementara itu, para peternak dan pedagang mulai mempersiapkan ratusan ekor babi untuk dipasok."Untuk pasokan potong babi pada Desember 2016 dan awal Januari 2017 ini ada 200 ekor atau 20 ton daging babi," ujar Jecky Sumampouw, Peternak daging babi di Bitung.

Harganya bervariatif untuk setiap bagiannya. Daging dan tawa' dibanderol Rp 55 ribu per kilogram dan kepala mulai Rp 80 ribu sampai Rp 120 ribu ekor, tergantung besarnya.

Hewan babi yang diternak di Bitung merupakan peliharaan sendiri."Paling banyak peternak pemotong babi di Kecamatan Matuari, Ronowulu dan Girian," ujarnya.

Terpisah, pemotong sekaligus penjual daging babi, Pepi Rumondor mengatakan, hewan babi sebelum dipotong diternak selama empat sampai lima bulan. Baru dipotong setelah bobotnya mencapai 100 kilogram sampai 120 kilogram.

"Untuk waktu ramai-ramainya pemotongan babi di Kelurahan Girian Atas sekitar 21 sampai 24 Desember nanti. Paling ramai tanggal 24 dan tanggal 31 Desember jelang tahun baru," jelasnya.

Sebagai pemotong dan peternak, dia mengeluhkan sulitnya pakan. "Ini dikarenakan pasokan utama dari Gorontalo berkurang karena ada musibah banjir sehingga harus ada budi daya jagung untuk penuhi bahan pakan babi," ujarnya.

500 Ekor per Hari

Sementara itu, menurut Ruddie Lengkong, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tomohon, permintaan daging babi bisa meningkat hingga 5 kali lipat dibanding hari biasa.
"Daging ini disuplai dari peternak di Tomohon, tak hanya di Tomohon tapi sampai ke luar daerah," kata dia.

Struktur pasar daging babi, kata dia berasal dari peternak. Peran tukang potong atau penjual daging cukup memegang peran vital hingga daging babi bisa tersedia ke konsumen.

"Tukang potong di Tomohon kira-kira 60 orang, pada hari biasa saja bisa menyediakan 2 ekor," kata dia. Perkiraan kasarnya, pada hari-hari biasa saja, kata Lengkong daging babi bisa ludes 100 ekor per hari,

Saat jelang natal, memang terjadi peningkatan permintaan, bahkan H-3 diprediksi per hari bisa mencapai angka 500 ekor.

Terkait harga saat ini ada pada kisaran Rp 55 ribu hingga 57 ribu. Sesuai hukum ekonomi, memang kerap meningkat saat permintaan tinggi jelang hari natal. (crz/ryo)

http://manado.tribunnews.com/2016/11...00-ekor?page=2

melimpah gan
0
3.1K
45
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.