Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

atfrieAvatar border
TS
atfrie
BMKG Ragukan Meteor Timpa Rumah Warga di Bengkulu

BMKG Ragukan Meteor Timpa Rumah Warga di Bengkulu
BENGKULU - Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Litman meragukan, benda langit yang menimpa rumah Wahab, warga RT 16 RW 05 Sentiong Kelurahan Sukamerindu Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu sebagai meteor.

Merujuk pada alat sensor gempa yang terpasang di kawasan Universitas Bengkulu (Unib) Kelurahan Kandang Limun Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu, tidak mendeteksi getaran, saat benda langit diduga meteor itu jatuh ke bumi.

Keraguan atas benda langit diduga meteor itu, sambung Litman, diketahui setelah mengecek data rekaman getaran sensor, pada Rabu 23 November 2016 yang dimiliki BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang.

''Saat benda langit jatuh ke bumi, alat sensor gempa tidak mendeteksi. Biasanya, ketika benda langit jatuh pastinya mengeluarkan getaran cukup besar dan terdeteksi oleh alat sensor kita,'' kata Litman, kepada Okezone, Kamis (24/11/2016).

Alasan lainnya, terang Litman, saat benda langit jatuh ke bumi atau menjebol rumah warga, tentunya akan berdampak tanah berlobang. Namun, kata dia, benda tersebut hanya menimpa dan merusak seng serta perabotan rumah tangga milik penghuni rumah.

''Tapi, bisa jadi itu benda langit. Itu mesti adanya penelitian dari pihak terkait. Kita meragukan hal ini karena rekaman getaran dari alat sensor kita tidak tercatat,'' jelas Litman.

Litman kembali mengulas, benda langit diduga meteor juga sempat jatuh di wilayah hutan Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, pada Senin, 26 Oktober 2015.

Dimana saat itu, suara yang dikeluarkan benda langit diduga meteor cukup kencang, dan menimbulkan getaran yang cukup kuat. Ditambah, adanya sinar yang terpancar saat benda langit itu jatuh ke bumi.

''Kalau waktu itu, alat kita merekam dan mendeteksi adanya getaran yang diduga disebabkan dari benda langit yang jatuh. Tapi, untuk yang kali ini alat kita tidak merekam getaran,'' pungkas Litman. (sym) (abp)

Sumberz z: http://m.okezone.com/read/2016/11/24/340/1550358/bmkg-ragukan-meteor-timpa-rumah-warga-di-bengkulu?utm_source=news_bt

Z?;;?????;;;;;;;S E N S O R???????????????????????????

Kalau bukan meteor berarti batu biasa yg di lempar orang iseng ya
0
1K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.