Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenapa Orang Lebih Demen Membeli Barang Lewat Lelang? Ini Dia Penjelasannya

recyclejobAvatar border
TS
recyclejob
Kenapa Orang Lebih Demen Membeli Barang Lewat Lelang? Ini Dia Penjelasannya

Kemajuan teknologi informasi semakin memudahkan buat kita ngedapetin berbagai barang impian, mulai dari nabung ngumpulin duit yang kemudian pergi ke toko atau dengan membeli melalui secara online sehingga agan tak perlu repot merapat ke TKP. Tetapi dari berbagai cara untuk membeli barang, ada salah satu cara untuk ngedapetin barang incaran dengan cara melalui lelang. Buat agan yang nongkrong di KASKUS udah lama pasti udah ga asing lagi dengan cara lelang yang juga dulu pernah ada di KASKUS. Lelang atau Auction ini sendiri merupakan proses pembelian barang atau jasa dengan sistem menawar dan menerima tawaran dengan harga yang sesuai.


Di dunia ini ada beberapa lelang yang paling populer, antara lain First-price sealed bid auctions, English Auction, dan Dutch Auction. Dari ketiga jenis lelang itu gan, patut kita cermati ada perbedaan yang wajib kita simak nih gan! yaitu ternyata ada perbedaan antara Dutch Auction dan konvensional auction (English & First Price Sealed). Dimana lelang First-price sealed bid auctions ini sering disebut lelang buta, karena pada jenis lelang ini pelelang menentukan harga pembuka barang/jasa yang bakal dilelang. Selanjutnya para penawar memberikan penawaran harga yang "tertutup" pada pelelang, sehingga para penawar tidak saling mengetahui berapa harga yang ditawarkan oleh yang lainnya. Berbeda jauh dengan Dutch Auction, gan! Dutch Auction memberikan sistem yang terbalik dari lelang lainnya. Pelelang akan membuka harga untuk barang tersebut (biasanya harga tertinggi pasar). Jika tidak ada yang menerima harga pertama, pelelang akan menurunkan harga tersebut sampai penawar ada yang setuju dengan harga yang diberikan oleh pelelang. Keuntungan dari sistem ini adalah barang yang dilelang akan relatif lebih cepat terjual, karena seiring turunnya harga, jumlah demand pasar akan semakin besar. Gambaran besarnya, suatu barang akan lebih terjangkau harganya sehingga semakin luas segment pasarnya. Nama dutch auction ini diambil karena sistem lelang ini sudah dipakai di pasar-pasar bunga di Belanda sejak lama.

Nah, kalo diperhatiin sih gan, pada kenyataannya lelang emang selalu ditunggu-tunggu banyak orang. Kenapa yah?Hmmm.. setelah ane ngalor ngidul memperhatikan dari lelang yang ada di dunia, ternyata ini dia yang bikin lelang Auction itu selalu rame. Cekidot aja inpoh di bawah ini karena mungkin agan termasuk orang yang kayak gini.
Quote:

Nah, kalo GanSis sendiri ada yang sering nongkrong ikutan lelang, Kira-kira barang lelang apa nih yang paling diincar kalo ada lelang? Boleh dong share di mari siapa tau pengalaman agan yang punya strategi sendiri bisa jadi referensi agan-agan yang lain.

TS ijin Mantau Dulu ke TKP, Siapa Tau Bisa dapetin Gadget Yang Ane Incar!

0
16.5K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.