Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tanjung.pinarAvatar border
TS
tanjung.pinar
Ini Dia 8 Kegunaan Alkohol yang Belum Kamu Ketahui!


Mungkin kamu sudah tahu kalau alkohol gosok (isopropil alkohol, etanol atau alkohol 70%) itu emang banyak kegunaannya. Siapa sih yang gak tahu kalau alkohol bisa digunakan sebagai disinfektan dan menghilangkan noda membandel? Loh, emang selain itu apa lagi kegunaannya? Yuk, kita simak di sini!

 
1. Pengganti Deodoran


 
Lain kali kalau kamu kehabisan deodoran, jangan panik! Kamu bisa pakai isopropil alkohol sebagai gantinya. Alkohol akan membunuh bakteri di ketiakmu yang menjadi sumber bau badan. Tapi ingat, solusi ini bukan untuk penggunaan jangka panjang! Alkohol bisa jadi beracun dan mengiritasi kulitmu jika digunakan untuk waktu yang lama.


2. Cooling Pad



Tahukah kamu kalau alkohol punya titik beku yang rendah? Kalau kamu simpan di kulkas, alkohol ini bukannya membeku, malah cuma berubah menjadi cairan dingin dan kental. Inilah kelebihan yang bikin alkohol bisa dijadikan bahan membuat cooling pad! Tuang air dan alkohol ke dalam kantong dengan perbandingan 2:1, dinginkan, lalu kamu bisa gunakan cooling pad homemade ini untuk mendinginkan makanan maupun sebagai kompres. Praktis banget!

3. Pembasmi Kutu Busuk





Hayo, siapa yang pelihara kutu busuk di kasurnya? Ih, jijik banget deh. Kalau kamu kurang beruntung dan menemukan makhluk menjijikkan ini di rumahmu, mungkin akan sulit untuk membasminya. Eits, jangan panik dulu! Alkohol inilah solusinya; cukup tuangkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke kasur dan bantalmu banyak-banyak! Kutu busuk ini juga bertelur di kasurmu, jadi sebaiknya kamu lakukan ini beberapa kali untuk memastikan mereka gak balik lagi.

4. Menghilangkan Lepuhan karena Herpes (Cold Sores)



Kalau kamu atau kerabatmu menderita herpes dan memiliki tanda ini, kamu bisa meringankannya dengan mengoleskan alkohol 70% pada lepuhannya. Menurut University of Michigan, dengan melakukan ini kamu bisa menghilangkan lepuhan-lepuhan herpes lebih cepat.

5. Membersihkan Telinga



UCers, apakah kamu sering membersihkan telingamu dengan cotton bud? Ternyata itu berbahaya banget, lho. Bukannya benar-benar membersihkan, justru cotton bud mendorong kotoraan telingamu lebih jauh ke dalam liang telingamu dan akhirnya menumpuk di situ. Daripada mengorek telingamu dengan cotton bud, campur cuka putih dengan alkohol di wadah kecil, lalu celupkan cotton bud ke dalam larutan itu dan letakkan di dalam telingamu dengan lembut. Diamkan dan biarkan larutan itu bekerja, kamu gak perlu gerak-gerakin cotton budnya! Setelah itu, celupkan ujung yang satu lagi ke dalam air dan bersihkan telingamu dengan lembut.

6. Menghilangkan Kutu Rambut



Kutu rambut, layaknya si kutu busuk, juga sangat menjijikkan dan susah dihilangkan! Untungnya alkohol juga bisa mengatasi masalah ini. Tuang alkohol ke dalam botol semprot dan tambahkan sedikit minyak lavender untuk aroma yang lebih segar, lalu semprotkan ke rambutmu banyak-banyak. Pastikan larutan ini mengenai kulit kepalamu! Lalu, gunakan sisir untuk membersihkan rambutmu dari kutu yang sudah mati. Pastikan juga untuk merendam sisirmu dalam larutan itu paling tidak 1 jam sebelum kamu gunakan sisir itu lagi. Lakukan ini di luar supaya gak berceceran waktu menyemprot ya, UCers!

7. Mengatasi Ingrown Hair (Rambut yang Tumbuh di Bawah Kulit)





Buat kamu yang sering bercukur, pasti sudah familiar dengan masalah yang satu ini. Coba oleskan alkohol pada area seperti ini di kulitmu; peradangan ini pun akan jadi lebih baik dan infeksi bakteri bisa dicegah!

8. Pembersih Tangan Buatan Sendiri



Alkohol adalah bahan dasar dari hampir semua pembersih tangan, dan kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah! Campurkan sekitar 120 ml gel lidah buaya, setengah sendok makan isopropil alkohol, dan beberapa tetes Tea Tree Oil ke dalam botol seperti tampak pada gambar. Selesai! Gampang banget, kan?

Nah, itu dia 8 kegunaan alkohol yang praktis namun tak terduga! Ayo, UCers, coba praktekin dan rasakan sendiri manfaatnya!

sumber: jalan pintas

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
0
18.5K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.