Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.om.Avatar border
TS
.om.
SANG FENOMENAL! Inilah 6 Istilah Populer Sutan Bhatoegana
POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Sang Fenomenal. Mungkin itu salah satu istilah yang tepat menggambarkan kehadiran seorang Sutan Bhatoegana di panggung politik Indonesia. Kepiawaian seorang Sutan Bhatoegana bersilat lidah menjadikan nuansa politik, pun media menjadi dinamis. Yah, Sutan Bhatoegana Sang Fenomenal!

Saat masih aktif di DPR RI, Sutan Bhatoegana menjadi langganan stasiun televisi di Indonesia. Wajahnya sering wara wiri dari satu studio ke studio televisi lainnya. Apalagi jika ada persoalan atau polemik politik.

Mantan Ketua Komisi VII DPR RI itu dikenal jago debat. Retorikanya cukup bagus, energik, kocak, dan pintar ngeles.

Tak jarang lawan debatnya kesal lantaran ulah Sutan Bhatoegana. Politikus Partai Demokrat itu cukup piawai memainkan mimik, gestur tubuh hingga ekpresinya saat debat.

Sutan sering terlihat sangat menggebu-gebu dalam menyampaikan pendapat hingga memperlihatkan ekspresi sangat marah.

Namun beberapa saat kemudian. ekspresi itu berubah 180 derajat hingga suasanya kembali cair.

Tak hanya itu, Sutan Bhatoegana juga kerap menyisipkan istilah-istilah khas dalam menyampaikan pendapat. Ucapan khas Sutan Bathoegana tersebut kerap ditiru dan dikutip para pejabat, politisi, maupun masyarakat biasa.

Berikut 6 ucapan khas Sutan Bhatoegana yang kerap ditiru dan dikutip pejabat dan politik.

1. Ngeri-ngeri Sedap
Ucapan ‘ngeri-ngeri sedap’ paling sering digunakan Sutan Bhatoegana saat menjadi narasumber di TV, wawancara dengan wartawan, maupun saat berpidato. Ucapan ini juga yang paling sering ditiru orang lain.

2. Masuk Tuh Barang
Ucapan khas ‘Masuk Tuh Barang’ biasanya digunakan Sutan Bathoegana saat dia menghubungkan satu persoalan dengan persoalan lain yang saling terkait. Kalimat ini diungkapkan untuk menunjukkan bahwa pokok persoalan yang jadi perbincangan sudah nyambung atau sudah klop.

3. SDM (Selamatkan Diri Masing-masing)
Ucapan BBM (Bersih, Berani, Merakyat) juga beberapa kali diucapkan Sutan Bhatoegana. Ucapan SDM kerap ditiru orang lain untuk menggambarkan sikap seseorang yang tak mau terlibat dalam sebuah masalah.
“Kita butuh pemimpin yang BBM (Bersih, Berani, Merakyat ) bukan yang SDM (Selamatkan Diri Masing-masing),” ucap Sutan Bhatoegana.

4. Ikan Salmon
Sutan Bhatoegana beberapa kali menyindir pengamat dan lawan politiknya yang asal ngomong. Sutan menyebut orang seperti itu adalah ‘Ikan Salmon’. Ikan Salmon yang dimaksud Sutan bukanlah prilaku ikan Salmon, melainkan singkatan dari Intelektual Kagetan Asal Ngomong (Ikan Salmon).

5. Ikan Teri
Selain ikan Salmon, Sutan juga pernah menyebut lawan politiknya dengan istilah ‘Ikan Teri’, yakni mau terima tidak mau memberi.

6. Sorry My Love
Ucpan ‘Sorry My Love’ juga sering dilontarkan Sutan Bhatoegana. Ucapan ini disampaikan Sutan untuk ngeles dari tuduhan atau tudingan yang dialamatkan kepadanya maupun kepada partainya.

Kini, ucapan khas itu akan tetap dikenang meski Sutan Bhatoegana telah meninggal dunia. Sutan menghembuskan nafas terakhir di RS BMC Bogor Jawa Barat, Sabtu (19/11) sekitar pukul 08.00 WIB. Sutan Bhatoegana dimakamkan di Pemakaman Giri Tama, Tonjong, Parung, Bogor ba’da Shalat Ashar, Sabtu 19 November 2016.
(one/pojoksatu/pojoksulsel)

Selamat Jalan Bang Sutan
emoticon-Turut Berduka

Nb :
Terlepas dari dia korupsi atau tidak, tapi beliau salah satu favorit om kl muncul di tipi, seru aja dengar beliau ngomong, buat om ketawa, setidaknya ada hiburan selepas pulang dari kantor.

Maaf kali ini gak ada mulus.

Sumber :
OM TAMPAN
Diubah oleh .om. 19-11-2016 06:42
0
4.3K
39
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.