Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dianabagus23Avatar border
TS
dianabagus23
Lapak Koran Ini Bakalan Nguji Kejujuran Agan Nih!
Lapak Koran Ini Bakalan Nguji Kejujuran Agan Nih!


Spoiler for Sebelumnya gan:


Lapak Koran Ini Bakalan Nguji Kejujuran Agan Nih!

Kalo mau baca koran, biasanya beli dimana sih gan? Bisa di loper koran, lapak koran atau di toko buku. Tapi ada yang beda nih di lapak koran di Ungaran, Jawa Tengah.

Lapak koran yang berada di depan Depot Jamu Cik Tien, Jalan Tunggorono, Ungaran, Kabupaten Semarang ini unik banget gan. Di dinding rak ada tulisan "Koran kejujuran, ambil sendiri, bayar sendiri dengan uang pas" dengan koran-koran yang dijual udah diatur rapi.

Lapak Koran Ini Bakalan Nguji Kejujuran Agan Nih!

Di sebelah kanan atas rak ada lagi tulisan "Anda pasti jujur-uang masuk kotak" maksudnya kotak itu bekas botol air minum yang dipotong setengah dan dipaku untuk taro uangnya.

Menurut Geger, tukang parkir yang biasa bekerja di dekat lapak koran tersebut, yang punya lapak nama aslinya Surdalis, tapi biasa dipanggil Ambon atau Andi Ambon.

Koran kejujuran ternyata emang bener-bener nguji kejujuran pembeli, karena ada aja pembeli yang nakal nggak mau bayar. Bahkan pernah ada orang turun dari mobil yang mengambil koran dan bayar Rp 1500, padahal harga korannya Rp 2500. Namun karena Geger ngeliat orangnya, akhirnya dikejar. Tapi enggak setiap saat juga Geger bisa ngawasin karena dia sendiri sibuk ngatur parkir sepeda pengunjung pasar dan Andi nggak pernah minta dia buat ngawasin.

Lapak Koran Ini Bakalan Nguji Kejujuran Agan Nih!

Ternyata lapak Koran Kejujuran ini udah dibuka dari 2 tahun lalu, tapi Andi udah jual koran dari tahun 2000 di kawasan Ungaran. Ide buat bikin lapak koran ini muncul karena dia bingung di saat dia keliling buat jualan koran di pasar Bandarjo, ternyata banyak pembeli yang nungguin di tempat dia mangkal yaitu di depan depot jamu Cik Tien. Pembeli yang kelamaan nunggu, akhirnya nggak jadi beli.

Meski lapak koran kejujuran ini ada potensi rugi, bahkan ia juga pernah kehilangan uang atau ada orang yang nggak bayar, tapi dia yakin kalo masih banyak warga Ungaran yang jujur dibandingkan yang nggak jujur.

Lapak Koran Ini Bakalan Nguji Kejujuran Agan Nih!

Sejak subuh, Andi akan mengambil koran dari rumahnya di kawasan Dliwang, Ungaran Barat menuju agen koran di kawasan Sebantengan. Setelah itu ia akan jalan kaki kurang lebih 1 km menuju pasar tempat ia berjualan.

Jadi loper koran menurut Andi emang bukan pekerjaan yang menguntungkan banget, tapi yang penting adalah cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.


Kalo dulu ane taunya kantin kejujuran gan, ada di sekolah ane. Tapi lapak koran kejujuran gini emang patut banget diacungin jempol emoticon-Jempol
Walaupun nggak ada yang ngeliatin, tapi sikap jujur emang harus banget ditanemin di diri kita gan! emoticon-2 Jempol


Quote:


Sumur
0
35.1K
271
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.7KThread85.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.