Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kusmardiyantoAvatar border
TS
kusmardiyanto
[Muslim] Makna Ayat-ayat Al-Qur'an
Thread ini dibuat berdasarkan approval di Thread Pengajuan thread baru dan peLaporan ID/Postingan/Thread Bermasalah Edit Post. post ke : #4518


Al-Qur'an adalah ayat-ayat Alloh swt yang tertulis. Al-Qur'an terdiri dari surat-surat (114 surat) dan ayat-ayat (6346 ayat). Ayat-ayatnya berupa kalimat atau susunan kata (yang memiliki arti dan makna) dalam bahasa Arab, dan hanya dapat diketahui maknanya menurut makna-makna bahasa Arab.
Dalam thread ini TS bermaksud mengungkapkan makna-makna ayat-ayat Al-Qur'an agar dapat dipahami oleh mereka yang belum paham bahasa Arab.

dimulai dengan surat Al-Fatihah


QS Al-Fatihah (1) ayat 1, lafalnya, “ bismillahir rohmanir rohim”, artinya, “ Dengan nama Alloh Yang Maha Pengasih (dan) Maha Penyayang”

Ayat ini adalah suatu kalam (dalam bahasa Arab). Kalam itu adalah kalimat, susunan kata yang memiliki arti dan makna. Dalam ayat ini, kebetulan kalam ini berupa pernyataan sekaligus kabar. Kalam ini dari segi asal dan yang membuat maka yang membuat/membikin adalah Alloh swt atau berasal dari Alloh swt, makanya dinamakan kalam Alloh swt. Dan semua isi Al-Qur’an adalah kalam Alloh swt apapun bentuk kalam itu.

Al-Qur’an dimulai dengan ayat ini, yang mengisyaratkan untuk memulai sesuatu yang baik dianjurkan memulai dengan membaca, mengucapkan ayat ini (yakni kalimat “bismillah”).

Kalimat "bismillah" mengandung tiga kata, satu harfun (harf, huruf) yaitu ba’ dan dua isim yaitu ismun dan Alloh. Ada dua makna dari harfun ba’ yaitu pertama sebagai harfun jar yang bermakna “dengan” dalam makna al-isti’anah (minta pertolongan). Kedua harfun qosam (huruf sumpah) yang bermakna “demi”. Makna yang tepat dalam ayat adalah harfun ba’ dalam arti sebagai harfun jar karena tidak dijumpai ada yang memaknainya dengan harfun qosam. Adapun ismun maknanya adalah “nama”. Adapun Alloh, berdasarkan kalimat ini, adalah merupakan nama (dalam hal ini nama diri). Nama untuk siapa? Nama untuk Pencipta segala sesuatu, langit-langit dan bumi beserta isinya (QS 32 ayat 4). Juga nama untuk tuhan (tuan, robb, ilah) yang mengutus seluruh para nabi dan rosul dari Adam as hingga Muhammad saw (QS 16 ayat 36). Nama tuhan yang disembah, tempat menghambakan diri, tempat mengabdi, diibadahi oleh para nabi dan rosul dari Adam as hingga Muhammad sw(QS 16 ayat 36), termasuk Ibrohim as/Abraham (QS 29 ayat 16), Musa as/Moses (QS 26 ayat 19, QS 4 ayat 153, dll), dan Isa anak Maryam as/Yesus (QS 3 ayat 51, dll).

Jadi bismillah, yang terjemahannya “dengan nama Alloh”, maknanya kira-kira seperti, “ Dengan menyebut nama-Mu, wahai Alloh, aku memohon pertolongan untuk ini atau itu”. Kalimat ini dianjurkan untuk dibaca/diucapkan ketika memulai sesuatu yang baik, ketika mau makan dan minum, ketika mau masuk rumah atau keluar rumah, ketika mau masuk toilet, ketika mau masuk masjid atau keluar masjid, ketika mau jima’, dll.

Selanjutnya kata ar-rohman. Kata ar-rohman dalam ayat ini adalah sifat (na’at). Yang disifati dengan ar-rohman adalah kata sebelumnya yakni kata Alloh swt. Yang berarti ayat mengabarkan kepada kita bahwa Alloh swt memiliki sifat ar-rohman. Ar-Rohman artinya dzur-rohmah artinya yang memiliki, mempunyai kasih sayang, rasa belas kasihan. Dan karena sifat berkaitan dengan Alloh swt yang Maha Besar maka sifat yang ada pada-Nya bersifat Maha juga, sehingga sifat ini sering diterjemahkan dengan Maha Pengasih. Ar-Rohman disamping sebagai sifat ternyata juga merupakan sebuah nama juga karena merupakan man'ut (yang disifati) dari kata ar-rohim, yakni nama lain dari Alloh swt, diantara nama-nama-Nya yang baik (asma-ul-husna). Dan nama ini dikenal oleh orang-orang ahlul-kitab (yakni bani Isroil, Yahudi dan Nashoro), seperti yang banyak dijelaskan di dalam Al-Qur’an (QS 19 ayat 18, QS 19 ayat 26, dll).

Selanjutnya kata ar-rohim. Kata ar-rahim juga adalah sifat (na’at) yang mensifati kata sebelumnya yaitu ar-rohman atau Alloh swt. Ar-Rohim maknanya juga dzur-rohmah artinya yang memiliki, mempunyai kasih sayang, rasa belas kasihan. Bedanya dengan kata ar-rohman, kalau ar-rohman lebih luas meliputi seluruh makhluknya (rohmah wasi’ah), sedangkan ar-rohim lebih khusus yakni untuk orang-orang yang beriman.

Jadi makna ayat secara keseluruhan adalah " Dengan nama Alloh swt yang punya kasih sayang yang amat luas meliputi segala makhluk (dan) punya kasih sayang yang khusus (kepada kaum yang beriman) "
nona212
pakisal212
muv.luv
muv.luv dan 2 lainnya memberi reputasi
3
66.7K
107
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Spiritual
SpiritualKASKUS Official
6.3KThread2.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.