Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ketiak.ularAvatar border
TS
ketiak.ular
Mengubah Rasa Benci Menjadi Lebih Positive


Quote:



[color=red]1.Melarutkan Tinta Dalam Air.

Setetes tinta yang hitam jika dituangkan dalam sedikit air putih, tentu akan membuat air itu mejadi hitam. Namun jika kita menambahkan air putih yang banyak, tentunya tingkat kepekatan tinta itu akan berkurang dan akhirnya hilang sama sekali.

1/.Tetaplah berhubungan dengannya. Jangan berhenti atau menghindar. Ini akan membuat perasaan kita terhenti di puncak kebencian dan sulit untuk merubahnya.

2/. Carilah minimal 5 hal postitive tentang dia. Sangat ajaib, kebanyakan dari kita akan menemukan bahwa ternyata orang yang tidak kita sukai ternyata memiliki kebaikan yang jumlahnya jauh lebih banyak dari keburukannya.

3/. Menyadari itu, biasanya dengan sendirinya rasa tidak suka kita akan larut. Dan tak ada lagi bekasnya. Ini sangat serupa dengan larutan tinta hitam yang berubah mejadi bening jika kita terus menambahkan air putih.



2.Meditasi/Berdoa

1/. Setiap orang tentu melakukan upaya pendekatan diri pada Tuhan setiap hari (doa, sembahyang ataupun meditasi) sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing. Sangat mungkin kita menggunakan saat-saat ini untuk membersihkan hati dan pikiran kita dari hal-hal negative seperti kebencian dan cemburu.

2/. Renungkan diri kita sendiri; segala pikiran, perkataan ataupun perbuatan yang dipicu oleh rasa benci atau cemburu yang ada pada diri kita. Beri perintah kepada diri kita untuk mengeluarkan dan membuangnya jauh-jauh.

3/Mohon perlindunganNYA agar hati, jiwa dan pikiran kita dibersihkan selalu dari hal-hal yang negative, termasuk rasa benci dan cemburu.

Menurut saya ini adalah cara yang paling ampuh untuk menghilangkan segala hal negative dalam diri kita



3.Balanced Scoring

/1.Buatlah “Daftar Jujur” di dalam pikiran kita tentang bagian-bagian dari diri kita yang berinteraksi dengan orang lain.

/a.Secara Fisik (tubuh , diri sendiri dan hal-hal yang menyangkut kepemilikan kita)
/b.Secara Non Fisik (gaya berbicara, nada suara, keramahtamahan, isi kalimat, sopan santun, pengertian terhadap orang lain, cara menghargai orang lain, ketulusan hati dan sebagainya).

Bayangkan bagaimana orang-orang di sekeliling kira-kira akan memberikan ‘score’ kepada kita. Score dengan skala 1-10 (1 untuk sangat tidak suka , hingga 10 untuk sangat suka) untuk setiap element di atas. Lakukan sejujur-jujurnya.

2/. Lakukan hal yang sama untuk orang yang kita benci/cemburui.

3/. Bandingkan score diri kita dengan dirinya. Ulangi excersise dengan lebih hati-hati dan lebih jujur lagi. Mungkin hasilnya berubah?

4/.Jika telah mengulang 2-3 kali dan mendapatkan hasil final yang lebih konstan, bandingkan setiap element. Di element mana kita mendapatkan score yang lebih baik/kurang.

Spoiler for Tambahan:


Spoiler for motivasi:


Diubah oleh ketiak.ular 17-11-2016 17:54
0
2.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.