- Beranda
- Ilmu Marketing
Ikuti 6 Langkah Cara Menulis Deskripsi Produk Yang Menjual Ini, Mom!
...
TS
kingpromosi
Ikuti 6 Langkah Cara Menulis Deskripsi Produk Yang Menjual Ini, Mom!
Quote:
Tidak hanya foto produk yang baik, deskripsi yang menjual juga penting sebagai pendukung. Deskripsi layaknya sebuah brosur untuk toko online Mom. Deskripsi yang baik akan memberikan informasi mendetail mengenai sebuah produk sekaligus membantu menjual produk tersebut tanpa Mom harus berada disana. Dalam ilmu marketing, seni menulis persuasif untuk menarik pembeli sering disebut dengan: copywriting. Namun jika Mom tidak memiliki waktu untuk menulis deskripsi produk yang menjual, Mom bisa mempraktekkan tips sederhana dibawah ini.
Berikut ini 6 hal yang dapat Mom lakukan untuk membuat deskripsi produk yang menjual:
Quote:
1. Menulislah Untuk Target Pasar Mom
Sesuaikan gaya penulisan dan pemilihan kata-kata Mom untuk target pasar Mom. Apakah pembeli Mom kebanyakan wanita? Atau anak-anak mungkin? Berapa usianya? Bagaimana ia berbicara dalam kehidupannya sehari-hari? Kata-kata apa yang jarang ia gunakan? Semakin detail Mom mengetahui hal-hal seperti ini, deskripsi produk Mom akan semakin “ngena” dan membuat pembeli Mom serasa seperti dirumah.
Quote:
2. Antisipasi Pertanyaan Yang Sering Muncul
Jika produk Mom cukup banyak peminatnya, Mom akan mulai menemukan pola pertanyaan apa saja yang sering pembeli Mom tanyakan kepada Mom mengenai produk yang Anda jual. Tidak ada salahnya Mom menuliskan daftar FAQ (frequently asked questions) atau pertanyaan yang sering ditanyakan berikut jawabannya pada bagian deskripsi Mom. Hal ini selain akan membantu membuat Mom menjadi lebih sedikit menjelaskan melalui telepon/ sms/ BBM/ email kepada pembeli Mom, juga akan membantu pembeli Mom menjawab pertanyaan-pertanyaan yang umum yang akan ia tanyakan.
Quote:
3. Jangan Copy-Paste
Terutama untuk Mom yang berstatus sebagai reseller produk tertentu, jangan sekali-kali meng-copymentah-mentah deskripsi produk dari pabrikan ke toko online Mom. Apalagi jika deskripsi produknya berbahasa Inggris sedangkan pasar Mom berbahasa Indonesia. Walaupun singkat, tulislah produk yang original, yang memang benar-benar Mom tulis untuk toko online Mom. Idealnya, setiap produk berbeda yang ada dalam toko berbeda, memiliki deskripsi yang berbeda, kecuali untuk spesifikasi produk.
Quote:
4. Contoh Deskripsi Produk Orang Lain Yang Sudah Laku Terlebih Dahulu
Jika Mom bingung darimana Mom harus mulai menulis deskripsi produk Mom. Lihat saja produk terpopuler pada halaman depan e-commerce. Pelajari bagaimana pemilik toko tersebut menulis deskripsi produknya. Temukan pola penulisan deskripsi produknya dan sesuaikan untuk deskripsi produk Mom.
Quote:
5. Optimasi Deskripsi Mom Untuk Mesin Pencari
Setelah Mom selesai menulis deskripsi produk Mom, bacalah kembali perlahan-lahan. Edit dan tambahkan kata kunci yang sesuai untuk produk Mom. Hal ini akan membantu produk Mom dari sisi SEO.
Quote:
6. Ajukan Penawaran
Perasaan takut kehilangan lebih menjual daripada perasaan ingin memiliki. Tulis penawaran Mom dan berikanlah batasan waktu atau hal lain yang menimbulkan perasaan kehilangan jika pembeli Mom tidak segera membeli. Sebagai contoh:
“Free Ongkir untuk seluruh produk hanya sampai pukul 17:00.”
“Midnight Sale! Discount 20% untuk semua item dari jam 00:00 hingga 01:00.”
Atau yang sering Anda dengar di TV:
“……Senin harga NAIK!“
Dengan penawaran seperti ini, Mom akan menimbulkan efek tergesa-gesa untuk pembeli Mom dan membuat momentum bagi pembeli Mom untuk segera membeli.
Selamat Mencoba.
0
3.1K
Kutip
2
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing
9.5KThread•3.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya