Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masbhotolAvatar border
TS
masbhotol
15 Foto Makanan Indonesia Yang Bikin Lidah Bergoyang.


Makanan Indonesia memang tidak ada duanya. Walau sederhana, tapi rasanya nendang dan bikin lidah bergoyang. Makanya banyak orang Indonesia kalau bepergian jauh, pasti bakal kangen makanan Indonesia. Cek dulu deh, mungkin salah satunya makanan favoritmu:

1. Pempek

(Image via lenteratimur.com)

Image via lenteratimur.com

Makanan khas Palembang ini memang juara enaknya! Cita rasa ikan yang gurih dengan kuah gula merah dan timunnya, bikin pengen makan lagi dan lagi!

2. Siomay

Image via via resepmasakanku.com

Image via via resepmasakanku.com

Masih dengan makanan berbahan dasar ikan, siomay juga dilengkapi dengan kentang rebus, tahu rebus, telur rebus, tahu goreng, gorengan, dan sayur (biasanya kubis dan pare). Tak lupa dengan bumbu kacang sebagai sausnya. Hmm, enak banget!

3. Batagor

Image via ceritaperut.com

Image via ceritaperut.com

Bisa dibilang masih satu rumpun dengan siomay, disajikan dengan bumbu kacang. Namun kalau batagor ada “isi” didalamnya yang biasanya adalah tahu.

4. Ketoprak

Image via klik-eat.com

Image via klik-eat.com

Sama halnya dengan ketoprak, makanan khas DKI Jakarta ini juga disajikan dengan bumbu kacang namun dilengkapi dengan lontong/ketupat, so’un, timun, tauge, telur rebus dan bawang goreng. Oh ya, adalagi yang ciri khas Indonesia banget, yaitu: kerupuk!

5. Gado-gado

Image via maskool.in

Image via maskool.in

Arti Gado-Gado diambil dari bahasa jawa yaitu Nggado/Gado yang artinya Makan tanpa Nasi, Tapi meskipun dimakan dengan nasi pun tidak ada masalah. Namun ada yang menyebutnya juga sebagai campur-campur, karena disajikan dengan mencampur bumbu kacang dengan lontong, tahu, tempe, sayuran. Sebagai pelengkap, biasanya ditambahi telur rebus dan kerupuk.

6. Rujak buah

(Image via kuliner.grosirkeripik.com)

Image via kuliner.grosirkeripik.com

Masih dengan varian bumbu kacang, kalau “rujak” aja biasanya dengan buah-buahan namun tekstur bumbu kacangnya berbeda dengan bumbu gado-gado/ketoprak/ dan sejenisnya. Tapi, tetep deh rasanya juara!

7. Papeda

(Image via indolicious.xyz)

(Image via indolicious.xyz)

Beralih ke makanan Indonesia khas Maluku dan Papua, papeda. Papeda adalah bubur sagu yang teksturnya lengket dan rasanya tawar. Oleh karenanya kalau makan papeda biasanya dengan lauk ikan dan bumbu kunyit. Hmm, yummy!

8. Sate

(Image via maskool.in)

Image via maskool.in

Eh balik lagi dengan bumbu kacang, hehe. Yap, Makanan khas Madura ini nggak mungkin terlewat dong. Saking enaknya, sampai lupa udah makan berapa tusuk. Mau sate ayam atau kambing, sikaat!

9. Bubur Manado

Image via pinterest

Image via pinterest

Sekarang makanan yang sehat, yakni bubur Manado atau Tinutuan. Makanan khas Manado ini terdiri dari sayuran, jagung dan labu. Yang nggak boleh terlewat ketika makan bubur manado ini adalah sambal dan ikan asin. Hmm, nagih!

10. Rendang

Image via maskool.in

Image via maskool.in

Rendang! Makanan yang satu ini sudah mendunia enaknya. Bahkan pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai makanan terenak dalam daftar 50 makanan terlezat dunia versi CNN, lho. Wah, bangga dan bikin pengen makan rendang nih!

11. Gudeg

Image via kitabmasakan.com

Image via kitabmasakan.com

Siapa yang bisa menolak istimewanya cita rasa Makanan khas Yogyakarta ini?

12. Bubur Ayam

Image via dining.grivy.com

Image via dining.grivy.com

Bubur memang makanan biasa, tapi kalo di Indonesia buburnya komplit dengan telur, kacang kedelai, potongan cakue, suwiran ayam, taburan bawang goreng dan seledri yang bikin jadi istimewa! Betul, nggak?

13. Lumpia

Image via shine-capture.com

Image via shine-capture.com

Saking enaknya, lumpia sampai ada lagunya. Isi dari lumpia bermacam-macam mulai dari kentang, wortel, rebung, kadang juga suwiran ayam. Apapun itu, lumpia tetap enaaak!

14. Buras

Image via pinterest

Image via pinterest

Bukan beras, lho ya hehe. Buras merupakan merupakan makanan khas Bugis dan Makassar di Sulawesi Selatan. Dilihat sekilas seperti lontong, namun kalau buras bentuknya lebih pipih dan dibuat dengan santan sehingga rasanya lebih gurih. Biasanya buras disantap bersama opor ayam dan coto makassar. (Aaa, bikin ngiler, nih!)

15. Bakso

Image via indonesian-medan-food.blogspot.com

Image via indonesian-medan-food.blogspot.com

Udah nggak bisa dielakkan lagi enaknya! Bahkan saking jadi favoritnya, di Indonesia sangat mudah menemukan penjual bakso baik siang ataupun malam. Nom, nom, nom!

Apakah ada makanan Indonesia favoritmu diatas? Kalau nggak ada, sebutkan di kolom komentar ya emoticon-Smilie
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
8K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.