Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 10 Bukti "Jam Kiamat" Terus Berdetak di Usia Bumi yang ke 4,5 Miliar Tahun

taufikbudiardiAvatar border
TS
taufikbudiardi
10 Bukti "Jam Kiamat" Terus Berdetak di Usia Bumi yang ke 4,5 Miliar Tahun



Hampir semua ilmuwan sepakat, laju perubahan iklim global yang ekstrem akhir-akhir ini adalah akibat ulah manusia yang tak pernah mengenal kata puas.

Baru-baru ini, pemimpin dunia berkumpul di Paris, Prancis untuk membahas soal perubahan iklim. Banyak negara ramai-ramai mengalokasikan dana untuk tujuan yang sama. Misalnya, akhir September lalu, pemerintah Inggris berjanji mengucurkan dana sebesar 5,8 miliar poundsterling atau sekitar Rp 169 triliun rupiah untuk menangkal persoalan perubahan iklim ini, seperti dikutip dari Independent. Namun semua itu tak cukup untuk menghentikan kerusakan di satu-satunya planet — di alam semesta — yang jadi rumah bagi manusia. Yang dibutuhkan dunia kita adalah aksi nyata.Sebab, jika Bumi rusak dan hancur, lantas manusia pindah ke mana?

Disadari atau tidak, dampak perubahan iklim sudah terasa lewat suhu yang kian menghangat secara perlahan. Pun dengan pola iklim yang bergeser dan kian tak pasti — hujan di musim kemarau, dan musim penghujan yang kering kerontang. Salju bahkan turun di gurun, gelombang panas pun "memanggang" Bumi. Gletser yang mencair, kenaikan permukaan air laut, suhu air laut yang meningkat, serta peristiwa-peristiwa cuaca ekstrem seperti angin topan, kekeringan, kebakaran hutan dan banjir adalah sebagian contoh dampaknya.

Ancaman pola kehidupan manusia yang tak lagi ajeg, krisis kemanusiaan, kultur yang tercerabut, jutaan spesies yang terancam punah terpampang di depan mata. Sejumlah ilmuwan yakin, jika upaya penyelamatan Bumi tak segera dilakukan, jam menuju "kiamat" terus berdetak. Makin cepat dan cepat.

Berikut bukti perubahan iklim telah mengubah Bumi, yang mungkin tak kita sadari, sudah berusia sepuh, 4,54 miliar tahun:

Spoiler for Pertama:

Spoiler for Kedua:

Spoiler for Ketiga:

Spoiler for Keempat:

Spoiler for Kelima:

Spoiler for Keenam:

Spoiler for Ketujuh:

Spoiler for Kedelapan:

Spoiler for Kesembilan:

Spoiler for Kesepuluh:


Yuk kita selamatkan "rumah kita" ini, dari hal yg paling mudah dalam keseharian kita.
Seperti jangan buang sampah sembarangan, menggunakan transportasi umum, menggunakan bahan bakar non subsidi (konon lebih irit), dll


Spoiler for Contekan:


Spoiler for Bonus:
Diubah oleh taufikbudiardi 15-11-2016 13:13
0
5.7K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.