EdotzherjunotAvatar border
TS
Edotzherjunot
Alitt Susanto Nggak Mengakui Bukunya Sendiri (@shitlicious)
Ceritanya waktu itu ane main ke Rita Mall Tegal, terus nggak sengaja liat ada kios buku bekas. Karena ane emang demen baca buku, ane langsung melipir ke kios buku itu gan, Di dalam kios minimalis itu, ada banyak tumpukan buku bekas yang bikin ane mendadak pengen khilaf. Tapi ane segera perbanyak istighfar inget sama dompet ane yang isinya hanya tinggal beberapa lembar gambar Oto Iskandar Dinata.

Setelah ditunjukin dimana letak rak novel, mata ane segera mengawasi ratusan judul dengan cerdas dan cermat. Jangan sampe momen langka ini ane lewatkan begitu saja, bahkan menurut ane, koleksi buku disini jauh lebih menggiurkan daripada pameran buku yang biasanya digelar rutin sama Pemerintah Daerah.

Hanya beberapa menit, ane udah nemuin buku-buku yang sempet pengen ane beli lewat toko buku online kayak Curcol Si Rantau Kacau, Diary Momo dan Juga The Journeys, ane juga nemu satu koleksi Goosebumps 'Tiga Horor Goosebumps' yang ane belum punya. Kemudian ada satu buku lagi yang bikin ane tertarik, judulnya Gado-Gado Kualat.

Quote:


Gado-Gado Kualat ini ane kira cuma mitos belaka, karena buku ini penulisnya Alitt Susanto (dulu ‘T’-nya cuma satu, tapi nggak pernah dicantumin sama Bang Alitt di bio Twitter. Jadi yang diakui cuma buku Shitlicious, Skripshit, dan Relationshit.



Sebagai orang yang suka sama tulisannya Bang Alitt, hal ini jelas bikin ane jadi kepo. Bang Alitt pernah nulis buku ini, tapi kenapa buku ini kesannya nggak diakuin sama penulisnya sendiri? Pas ane nemu buku ini kemarin juga akhirnya ane tau kalo buku ini ternyata penerbitnya sama kayak buku pertamanya Shitlicious, yaitu Gradien Mediatama.

Quote:


Quote:


Karena penasaran banget dan kepikiran mulu, akhirnya ane coba mention Bang Alitt di Twitter

Quote:


beberapa menit kemudian, yang ane tunggu-tunggu akhirnya datang juga, Bang Alitt mention ane ngasih klarifikasinya tentang buku Gado-Gado Kualat ini. Begini...

Quote:


Nah, sayangnya masih ada beberapa kejanggalan dari klarifikasi Bang Alitt di atas. Pertama, Bang Alitt nggak pengen namanya dicantumin, tapi kenapa Bang Alitt nyantai aja pas ternyata namanya dicantumin lewat penerbit?

Kedua, di kover buku ada fotonya Bang Alitt, ghost writer mana yang nampilin wajahnya di kover buku? Meskipun setelah itu Bang Alitt bilangnya, foto itu asal comot dari FB. Tapi harusnya Bang Alitt ini bisa ngajuin keberatan ke penerbit kan kalo emang fotonya nggak pengen ditampilin. Setau ane juga, tiap penerbit ngeluarin kover pasti ngasih tau penulisnya dulu, nggak asal main nerbitin gitu aja.

Quote:


Menurut ane sih, udah jelas Bang Alitt keliatan malu buat ngakuin buku ini dia yang nulis. Padahal kayak gimanapun bentuknya, yang namanya karya sendiri harus tetep dibanggain ya. Setau ane sih, menulis adalah proses, dan buku Gado Gado Kualat ini ya bagian dari proses kreatif menulis Bang Alitt sampai jadi seterkenal ini, bahkan buku ketiganya sampai difilm-in. Minimal seharusnya kita nggak malu-malu buat mengakui kalo itu memang karya kita.

Mendadak ane jadi inget sama buku-buku antah berantah yang tiba-tiba menjamur pada bawa judul yang ada ‘pocong’-nya waktu bukunya @poconggg meledak waktu itu. Bahkan ada yang kovernya sengaja dimirip-miripin. Dan ternyata Bang Alitt juga pernah ngelakuin hal seperti itu, malah jauh lebih dulu. Duh..

Setelah dipikir-pikir lagi, mungkin memang ini lebih mengarah ke personal branding aja sih ya. Makanya Gado-Gado Kualat ini kesannya jadi terpinggirkan seperti nggak dianggap. Lagian ketiga buku Bang Alitt judulnya semua ada kata ‘shit’-nya. Shitlicious, Skripshit, Relationshit. Jadi kurang matching kalo Gado-Gado Kualat diselipin setelah Shitlicious. emoticon-Big Grin

Nah.. menurut kalian sendiri setelah baca postingan ini gimana? Ada apa dengan Bang Alitt?

Sumur blog ane
0
9.3K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.