Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gembalakerbau13Avatar border
TS
gembalakerbau13
Anies: Sepertiga Anak SMA di Jakarta Tak Sekolah, padahal Ini Ibu Kota

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan, meyakini program Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus usungannya bisa memenuhi Nawacita Presiden Joko Widodo di Jakarta.

Sebab, bantuan melalui kartu itu bisa menjangkau bukan hanya siswa, melainkan juga anak putus sekolah. Terlebih lagi, kata Anies, program KJP saat ini belum bisa membantu anak untuk menuntaskan wajib sekolah 12 tahun.

"Di Jakarta, APM (angka partisipasi murni)-nya 65 persen, jadi hanya dua pertiga anak di Jakarta yang bisa melanjutkan sekolah ke tingkat SMA. Satu pertiganya tidak masuk SMA. Bagaimana ini? Padahal ibu kota. Insya Allah dengan KJP Plus, Nawacita wajib belajar 12 tahun akan kami laksanakan di Jakarta," kata Anies saat kampanye di RW 12, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu (12/11/2016).



Anies menjelaskan, KJP Plus merupakan satu kartu yang bisa dipakai untuk banyak tujuan. Selain berfungsi membiayai pendidikan anak yang bersekolah, kartu ini juga memiliki manfaat bantuan tunai bagi anak yang putus sekolah.

Fitur ini yang dinilai Anies tidak ada pada KJP usungan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama.

"KJP sekarang hanya untuk siswa miskin di dalam sekolah. Kalau mau kursus, harus dari uang atau biaya sendiri. Dengan KJP Plus, yang putus sekolah bisa dapat bantuan untuk kursus dan hidup mandiri," tutur Anies.

Besaran bantuan tunai bagi anak putus sekolah masih dirumuskan oleh timnya. Namun, Anies memastikan bahwa nominal yang akan diterima lebih besar dari bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang sekarang sudah berjalan.

"Anak yang putus sekolah bisa lebih tinggi (bantuannya) kalau dia mengikuti kursus. Kami akan bantu biaya kursus yang kadang-kadang lebih tinggi dari biaya KIP," ujar dia.

sumber



Jngn asal ngomong ntr di bantah lg kan malu emoticon-Leh Uga
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
8.6K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.