andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Orang-orang yang Hidup di Kutub Selatan



Villa Las Estrellas, Pemukiman Manusia di Kutub Selatan


Memang sulit untuk mempercayai adanya kehidupan di hamparan es yang sangat luas di Kutub Selatan, yang masuk dalam Benua Antartika. Iklim dan cuaca di sini sangatlah ekstrem, hingga hanya beberap jenis hewan tertentu saja yang sanggup hidup di benua yang sebenarnya sangat luas ini.
Spoiler for open:

Namun, tahukah kamu? Hewan-hewan tersebut bukanlah satu-satunya makhluk hidup yang bermukim di Kutub Selatan bumi ini. Ternyata pemukiman manusia juga ada lho!

Bagian utaradari Kutub Selatan, yakni King George Islands, merupakan bagian yang paling hangat. Nah, di sinilah, terdapat pemukiman penduduk yaitu Esperanza Base dan Villa Las Estrellas. Lokasinya saling berdekatan, dan hanya kedua pemukiman inilah yang dapat kita temukan di Kutub Selatan, Antartika.
Spoiler for open:

Namun, kali ini mari kita bahas mengenai salah satu di antaranya saja, yaitu Villa Las Estrellas.


Villa Las Estrellas

Esperanza Base memang lebih dulu ada dibanding Villa Las Estrellas. Namun, kepadatan penduduknya hanya 50 orang saja yang kalah jauh dengan sekitar 150 orang di Villa Las Estrellas. Sudah begitu, fasilitas di pemukiman Villa Las Estrellas terbilang lebih lengkap.

Didirikan tahun 1984 oleh pemerintah Chile, lokasi pemukiman ini berada di wilayah Base Presidente Eduardo Frei Montalva. Di sana disediakan 14 rumah yang ukurannya besar mampu menampung hingga 10 orang.
Spoiler for open:

Disediakan pula klinik untuk berobat, gym, laboratorium penelitian, mall mini, sekolah dan akses internet. Kabarnya, dibangun juga base militer Chile.
Spoiler for open:

Pemerintah Chile memasok bahan makanan yang cukup untuk kehidupan orang-orang di Villa Las Estrellas. Soal kesehatan pun diperhatikan dengan serius. Di sini, terdapat sebuah Rumah Sakit Angkatan Udara Chiledengan satu dokter dan perawat serta dilengkapi dengan X-ray, ruang operasi, laboratorium, mesin anestesi, pelayanan farmasi, serta hal lainnya.

Tidak hanya itu, anak-anak yang tinggal bersama orang tuanya di sini pun mendapatkan pendidikan. Mereka bersekolah di Sekolah F-50 “Villa Las Estrellas,” yaitu sekolah dasar dari tingkat 1 hingga 8. Terdapat 2 staf pengajar yang bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan di sekolah dengan murid sebanyak kurang lebih 15 anak ini. Ada pula Taman Kanak-Kanak terpisah yang berisi 6 murid dan 1 pengajar.
Spoiler for open:


Suka dan Duka

Sebagian besar penduduk di sana adalah kerabat dari personel militer di pangkalan udara. Mereka hidup sudah seperti keluarga. Selain keakraban dan kehidupan damai itu, para penduduk juga dapat dengan mudah menemukan fauna eksotis di sana. Salah satu yang paling disukai yaitu Penguin Gentoo. Di sekitar kedua matanya, ada garis-garis putih dan paruhnya berwarna jingga cerah.
Spoiler for open:

Binatang menggemaskan itu berkeliaran bebas. Keharmonisan di Villa Las Estrellas memang menawarkan pengalaman unik yang takkan ditemui di tempat lain, meski tak banyak dikunjungi.

Hidup di sini sangat menghibur dibanding daratan lain,” kata Jose Carrillan Rosales, salah satu warga. Ia baru dua tahun tinggal di Villa Las Estrellas. Mulanya, Jose tinggal di sebuah kota di selatan Santiago. Di Villa Las Estrellas, ia berprofesi sebagai guru. Banyak yang menginginkan pekerjaan itu. Sebab, menjadi guru di Antartika bisa digaji lima kali lebih tinggidibanding di kota besar. Tak heran, Jose betah di sana bersama sang istri dan dua anaknya. Kehidupannya damai, tak perlu mengkhawatirkan pencurian atau kemacetan.
Spoiler for open:

Akan tetapi, tidak hanya suka cita sajayang para penduduk tersebut dapatkan di pemukiman ini.

Ketika musim dingin, suhu di Villa Las Estrellas rata-rata di angka minus 10 derajat Celcius. Paling parah saat puncaknya musim dingin di Bulan Juli, suhunya menyentuh angka minus 30 derajat Celcius! Hampir tak ada seorang pun yang bisa keluar dari rumah mereka karena angin dan salju di luar. Hal ini juga mengharuskan pemerintah Chile untuk mengungsikan setengah jumlah penduduknya ke daratan Chile saat musim dingin.
Spoiler for open:

Oleh karena itu, hidup di sana memang tenteram, damai, dan sunyi, namun hanya satu yang menjadi duka para penduduk di sana, yaitu cuaca.


Cara ke Villa Las Estrellas

Walau kebanyakan yang tinggal di Villa Las Estrellas adalah para peneliti dari Instituto Antartico Chileno (INACH), tapi turis yang singgah dapat datang ke pemukiman ini. Dan tahukah kamu, ternyata terdapat asosiasi operator tur yang menawarkan perjalanan ke Kutub Selatan. Asosiasi itu bernama International Association of Antarctica Tour Operators(IAATO).
Spoiler for open:

Nah, untuk menuju ke Villa Las Estrellas, terdapat operator-operator tur seperti Cool Antarctica, Victory Cruisesdan beberapa operator tur lain di bawah naungan IAATO ini. Perjalanan ke sana dapat ditempuh naik pesawat dari Punta Arenas di Chile atau naik kapal pesiar yang juga bisa dari Ushuaia, Argentina.

Mungkin beberapa di antara kita bertanya-tanya, mengapa Chile membangun kota kecil ini di Kutub Selatan? Jawabannya adalah untuk penelitian. Lagipula, Chile punya posisi yang dekat dengan Kutub Selatan, serta salah satu negara yang menandatangani Perjanjian Antartika 1959. Perjanjian yang dilakukan oleh beberapa negara dan isinya kira-kira seperti ini, menjaga Kutub Selatan untuk umat manusia dan tidak menjadi perselisihan dunia.

Terlepas dari itu, mengunjungi Villa Las Estrellas pasti akan menjadi pengalaman tak terlupakan seumur hidup. Selamat datang di kota kecil di Kutub Selatan ini..

Spoiler for open:

Spoiler for open:


Baca juga: Laputa Road, Jalan Menuju Langit dalam Animasi “Castle in the Sky”
Sumber: http://adventuretravel.co.id/villa-l...las-antartika/


Diubah oleh andrianusho 13-10-2016 08:52
0
75.9K
354
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.