acabindonesiaAvatar border
TS
acabindonesia
Geruduk Polresta Solo, ormas Islam se-Kota minta kader HMI dilepas


Merdeka.com -Aksi demonstrasi anti Ahok di Kota Solo berlanjut. Usai salat Jumat (11/11) ratusan umat Islam dari sejumlah elemen melakukan longmarch dari Masjid Kotta Barat menuju Mapolresta Solo, Jalan Adi Sucipto, Manahan.

Aksi damai bertajuk "Solo Aksi Bela Islam" tersebut diikuti oleh Himpunan Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), HMI Solo, KAMMI Solo, dan Gema Pembebasan Solo

Dalam orasi yang dilakukan oleh Ketua Cabang HMI Solo, Pimpinan KAMMI, Ketua Gema Pembebasan Solo serta perwakilan dari DSKS dan Ormas Islam lainnya mereka menyerukan kepada aparat kepolisian agar segera menangkap dan mengadili Ahok serta membaskan sejumlah kader HMI yang ditahan.

"Kami minta kepada aparat Kepolisian untuk segera menetapkan Gubernur DKI Jakarta non aktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai tersangka kasus panistaan agama. Hentikan kriminalisasi terhadap HMI, jangan kambing hitamkan HMI sebagai provokator aksi damai 4 November 2016. Cabut status tersangka Sekjen PB HMI dan bebaskan kader-kader HMI," tegas Ketua HMI Cabang Solo, M Pandu Irawan, saat berorasi.

Sementara itu Ketua DSKS Mu'inudinillah Basri menambahkan, jika kasus penistaan agama tak segera diselesaikan melalui jalur hukum dikhawatirkan akan berdampak pada meluasnya gelombang aksi "Bela Islam" serta berdampak buruk pada citra Polri di mata masyarakat.

"Kami minta polisi segera meningkatkan status Ahok menjadi tersangka serta menahannya. Bebaskan mahasiswa HMI yang ditangkap dan mohon kepada Komnas HAM untuk menyelidiki adanya pelanggaran HAM dalam aksi di depan Istana Merdeka Jumat lalu," pungkas

Pandu mengatakan, HMI mengecam tindakan Polda Metro Jaya yang tidak mengedepankan asas equality before the law (persamaan di mata hukum) dan asas praduga tak bersalah dalam proses penangkapan paksa Sekjen dan beberapa kader HMI.

Puas melakukan orasi ratusan peserta aksi membubarkan diri dengan tertib. Ratusan aparat kepolisian Polresta Solo juga turut diterjunkan untuk mengamankan aksi damai tersebut.

sumur: https://www.merdeka.com/peristiwa/ge...i-dilepas.html

Katanya patuh hukum, napa ni demo2 pemaksaan kehendak lagi...Solo oh Solo...warisan Baasyir pasti runyam...emoticon-Nohope
0
4.8K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.