• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 11 Perpustakaan dan Toko Buku Unik di Indonesia Ini Membuat Betah Membaca

zidniiiAvatar border
TS
zidniii
11 Perpustakaan dan Toko Buku Unik di Indonesia Ini Membuat Betah Membaca
Sekarang perpustakaan dan toko buku bukan lagi tempat yang kaku dan membosankan. 11 tempat di bawah ini akan membuat agan melihat pemandangan baru dari perpustakaan dan toko buku.

Kalau kamu senang membaca, perpustakaan dan toko buku adalah dua tempat yang membuatmu betah berlama-lama. Melihat teman-temanmu yang bisa betah nongkrong di kafe berjam-jam membuatmu heran karena kamu lebih bahagia berada di perpustakaan atau toko buku.

Sebaliknya, buat kamu yang tidak terlalu suka membaca, bayangan akan perpustakaan dan toko buku yang penuh dengan buku-buku tebal membuatmu malas dan enggan. Padahal, kamu sendiri sedang memerlukan wawasan dan pengetahuan untuk mengerjakan tugas-tugasmu.

Jangan khawatir. Sudah banyak orang-orang kreatif yang akan mengubah pandanganmu tentang perpustakaan dan toko buku. Layaknya kafe, suasana di perpustakaan atau toko buku ini akan membuatmu merasa nyaman. Kalau kamu sedang membutuhkan tempat yang tenang untuk bisa berkonsentrasi dan menyelesaikan pekerjaanmu, kamu bisa datang ke 11 tempat berikut.

Bandung: Reading Lights
Jalan Siliwangi nomer 16



Photo credit: bandungpanduanwisata.id

Di toko buku ini kamu bisa membeli bermacam-macam buku bekas. Tapi tidak cuma itu saja. Kamu juga bisa nongkrong barsama teman-temanmu. Desain ruangannya cukup nyaman untuk kamu jadikan berdiskusi. Di sini kamu bisa membaca buku sambil menikmati pesanan makanan dan minuman dengan santai. Ingin baca-baca saja dan blogging tanpa membeli buku pun boleh. Selain menjual buku-buku bekas, toko ini bersedia menerima kalau kalau ingin menjual buku-buku lamamu. Kalau kamu hanya ingin menyumbangkan buku-buku tersebut, kamu tinggal meletakkannya di Charity Box. Pengunjung yang tertarik juga bisa mengambil buku secara gratis dari kotak ini.


Yogyakarta: Or And Bookstore
Jalan Selokan Mataram (dekat kampus UNY)



Photo credit: cosmopolitan.co.id

Aslinya, toko buku ini adalah kafe yang terkenal dengan resep pizza tipisnya yang unik. Pemiliknya yang berasa dari Belanda kemudian memadukan ide kafe dengan toko buku bekas. Berbekal networking yang ia punyai, koleksi buku di And Or ini didominasi oleh buku-buku import. Ragam bukunya cukup banyak, dari mulai biografi tokoh terkenal, buku olahraga, novel, sampai buku anak-anak. Harganya pun tidak semahal toko buku import yang ada di mall. Jadi kalau kamu ingin memperkaya pembelajaran Bahasa Inggrismu, kamu bisa membaca buku di sini sambil santai atau tidur-tiduran.


Yogyakarta: Lir Shop
Jalan Anggrek 1/33



Photocredit: wordpress.com

Kalau dilihat dari luar, sepintas hanya tampak seperti rumah biasa. Begitu kamu masuk, kamu akan menemukan restoran, perpustakaan, toko barang-barang unik, dan galeri seni yang dijadikan satu. Nama tokonya diambil dari bahasa Perancis Lir yang berarti to read; dan Lair dari bahasa inggris yang berarti a hideaway place.Di tempat ini kamu bisa membaca buku-buku sambil menikmati makanan dan minuman khas rumah. Kalau kamu tidak ingin masakan rumah, Lir Shop juga menyediakan berbagai menu yang mirip seperti makanan dan minuman di buku-buku fiksi. Ada berbagai sandwich dari buku Lima Sekawan, lengkap dengan limun jahenya, juga butterbeer ala Harry Potter. Tempatyang homey ini dijamin pasti akan membuatmu betah berlama-lama, baik membaca maupun memanfaatkan WiFi untuk browsing bahan tugasmu.


Jakarta: Perpustakaan Freedom Institute
Jalan Proklamasi 41 Menteng



Photocredit Thejakartapost.com

Perpustakaan satu ini akan mengubah gambaranmu tentang perpustakaan yang penuh dengan buku-buku lama dan berdebu. Di Jakarta, perpustakaan yang wajib kamu kunjungi adalah Perpustakaan Freedom Institute. Di Perpustakaan Freedom ini kamu bisa membaca buku, berdiskusi, browsing internet dengan suasana yang sangat nyaman. Koleksi bukunya pun cukup lengkap, mulai dari topik humaniora sampai politik ada. Plus, perpustakaan ini dekat dengan kafe. Jadi, kamu tak perlu pergi jauh-jauh kalau merasa lapar setelah membaca buku.

Update : Perpustakaan ini tutup sampe waktu yang tidak ditentukan



Yogyakarta: Taman Baca Gelaran Buku Indonesia
Jl. Patehan Wetan No. 3 Kraton



Photocredit: blogspot.com

Kadang perpustakaan tidak hanya menyajikan buku-buku yang akan memberimu pengetahuan buku. Beberapa perpustakaan juga memiliki event yang akan membuatmu semakin tertarik dengan literasi. Salah satunya adalah Rumah Baca Gelaran Indonesia Buku. Setiap Minggu ada acara seperti Angkringan BukuRadio Buku, Obrolan Senja, Kajian Jawa, dan Nusantara sampai Sinema Book Club yang memutarkan film mengenai buku. Kalau kamu adalah mahasiswa ilmu sejarah dan kebudayaan, paling pas mengunjungi perpustakaan ini. Ada banyak koleksi riset tentang sejarah dan kebudayaan yang akan berguna untuk skripsi atau tesismu.



Padang: Perpustakaan Univeristas Malahayati
Jalan Pramuka No.27



Photocredit: Atjehcyber.com

Perpustakaan di Universitas Malahayati dilengkapi dengan pemandangan yang unik. Di sini ada berbagai miniatur rumah adat yang dibangun oleh orang asli daerah tersebut. Misalnya, rumah Gadang yang dibangun oleh orang Padang. Tapi rumah ini tidak diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin membolos dan tidur siang yaa. Di dalam rumah adat itu sudah disediakan projector, meja, dan kursi yang bisa kamu gunakan untuk berdiskusi atau presentasi. Rak-rak buku di perpustakaan Universitas Malahayati ini di kelilingi oleh kolam ikan. Gemericik air pada kolam ikan itu akan membuatmu lebih rileks dan berkonsentrasi pada bacaanmu.


Serang: Kuda Pustaka, Gunung Slamet


Photocredit: kaskus.co.id

Kalau biasanya kamu harus pergi ke perpustakaan untuk membaca buku yang kamu inginkan, kali ini perpustakaanlah yang akan menghampirimu! Di Serang, ada sebuah ‘perpustakaan’ bernama KudaPustaka. Perpustakaan satu ini sangat berbeda dengan perpustakaan lainnya karena perpustakaan ini adalah seekor kuda! Bapak Ridwan memiliki seekor kuda dan membawanya berkeliling ke sekolah-sekolah atau perkampungan warga. Ide yang sangat unik ini ia jalankan setiap Selasa, Rabu, dan Kamis. Kalau kamu kebetulan berada di Serang, kamu tidak perlu jauh-jauh keluar rumah. Tunggu saja kehadiran Pak Ridwan dan kudanya!


Perpustakaan Kereta Api


Photocredit: viva.co.id

Perpustakaan Kereta Api merupakan modifikasi dari sebuah gerbong yang tak terpakai. Saat kamu berpergian dengan kereta dan merasa bosan, kamu bisa pergi ke gerbong perpustakaan dan membaca buku. Kereta ini dilengkapi dengan TV 32 inch yang memutar video dokumentasi tentang perkeretaapian. Gerbong kereta ini beroperasi ke seluruh Pulau Jawa. Sayangnya, saat ini Indonesia hanya memiliki satu gerbong saja dan masih belum ditentukan akan menyatu dengan kereta apa. Mungkin kamu perlu sedikit bersabar hingga menunggu kabar dari PT. KAI selanjutnya mengenai perpustakaan ini


Sulawesi Barat: Perpustakaan Perahu


Photocredit: jadiberita.com

Selain perpustakaan kuda dan kereta, juga ada perpustakaan perahu. Membaca buku di atas perahu tentu akan menjadi pengalaman yang berbeda bagimu. Tapi bagi masyarakat di sekitar Sulawesi Barat, keberadaan perpustakaan perahu sangat penting bagi mereka agar dapat menambah pengetahuan.Perpustakaan perahu ini dirintis oleh seorang pemuda asal Mandar, Sulawesi Barat yang merasa perlunya gerakan literasi di daerah pesisir dan pulau-pulau kecil Indonesia. Perpustakaan perahu ini berkeliling menyebrangi pulau-pulau untuk membawa buku dan menyalurkannya ke anak-anak yang tinggal di pesisir. Perpustakaan Perahu ini memiliki 4000 koleksi pribadi yang terdiri dari majalah, novel, sampai komik. Bahkan saat ini, Perpustakaan yang dirintis oleh M. Ridwan ini Ini tak hanya dalam bentuk perahu. Untuk menjangkau daerah-daerah lereng bukit, ada juga sepeda motor, becak, dan bendi. Nah, kalau kamu kebetulan berkunjung ke Sulawesi Barat dan ingin menikmati suasana membaca buku di atas perahu, kamu harus kunjungi perpustakaan ini!


Blitar: Perpustakaan Bung Karno
Jl. Kalasan No.1



Photocredit: kaskus.co.id

Kalau kamu ingin mengunjungi perpustakaan sambil berwisata dan mengenang sosok presiden pertama Indonesia, datanglah ke Makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur. Tenang, suasananya tidak menakutkan seperti kuburan pada umumnya. Kamu akan disambut oleh patung Bung Karno di halaman depan. Begitu memasuki perpustakaan dan museumnya, kamu akan menemukan koleksi buku, lukisan, dan patung yang berhubungan dengan sejarah kemerdekaan Indonesia.


Indonesia Bagian Timur: Taman Bacaan Pelangi


Photocredit: id.tamanbacaanpelangi.com

Ternyata perpustakaan tak selalu identik dengan menyendiri. Di Taman Bacaan Pelangi, kamu bisa bergabung dengan anak-anak dan belajar bersama. Taman Bacaan Pelangi adalah organisasi nirlaba yang mendirikan perpustakaan anak-anak di daerah terpencil di Indonesia Timur. Taman bacaan yang didirikan oleh Nila Tanzil ini sudah mendirikan 37 perpustakaan di berbagai daerah meliputi Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, hingga Irian Jaya. Kamu juga bisa mendonasikan uangmu untuk anak-anak di Indonesia Timur lewat Taman Bacaan Pelangi ini.


Itulah 11 Toko dan perpustakaan keren yang ada di Indonesia. Semoga informasinya bermanfaat buat agan semuanya emoticon-Big Grin


Sumber Thread :
11 Perpustakaan dan Toko Buku Unik di Indonesia ini akan Membuatmu Semakin Betah Membaca

Artikel yang sudah pernah Hot Thread nih gan :
Mari duduk sejenak dan kembali mengenang masa 90an

Cara unik mengekspresikan cinta dari berbagai belahan dunia

Agan anak pertama , tengah atau terakhir ? Yuk kenali pribadi agan dari urutan lahir

5 foto tragis hewan langka ini akan membuatmu lebih memahami makna hari bumi

Tak Selamanya Kisah Penyair Indonesia Seindah Puisinya

Ini dia Raja Ampatnya Indonesia bagian barat. Yuk Kesiini Gan

Ini Dia 11 Museum di Dunia yang Paling Menakjubkan & Harus Dikunjungi!

Jika threadnya menginspirasi agan boleh bagi
Diubah oleh zidniii 20-05-2016 10:00
0
51.3K
241
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.