aghilfathAvatar border
TS
aghilfath
Pasca demo Ahok, ribuan orang aksi gerak jalan kerukunan antar umat
Spoiler for Pasca demo Ahok, ribuan orang aksi gerak jalan kerukunan antar umat:

Merdeka.com - Parisadha Budha Dharma Niceren Syosyu Indonesia (NSI), menggelar acara gerak jalan kerukunan di depan Kantor Kementerian Agama RI Jalan MH Thamrin, Jakarta. Gerak jalan ini dalam rangka memperingati hari jadi ke-52 NSI yang jatuh pada tanggal 28 Oktober.

Selain itu, gerak jalan kerukunan ini sekaligus memperingati Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober serta mensosialisasikan pesan damai antar umat beragama. Gerak jalan ini dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Pantauan merdeka.com, Minggu (6/11), sekitar pukul 06.00 WIB, Menteri Lukman tiba di lokasi mengenakan baju kaos berwarna hijau.

Gerak jalan ini diikuti 2.233 warga. Dari 2.233 warga, 1.356 orang di antaranya adalah peserta NSI sementara 877 orang di antaranya adalah tamu undangan.

Berdasarkan rencana, gerak jalan ini dimulai dari depan Kantor Kementerian Agama menuju Patung Arjuna Wiwaha yang terletak di persimpangan Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka. Kemudian peserta gerak jalan berputar ke arah jalan Jalan KH Wahid Hasyim atau Sarinah hingga kembali ke depan Kantor Kementerian Agama.

Menurut Ketua Umum NSI, Mahapandita Utama Suhadi Sendjaja, gerak jalan ini menjadi upaya untuk merawat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air.

"Kerukunan adalah sesuatu yang sudah ada di Indonesia sejak dulu. Gerak jalan ini menjadi satu kegiatan merawat kerukunan yang direkomendasikan oleh PKUB Kementrian Agama RI," ujar Suhadi dalam keterangan persnya.

Suhadi menambahkan, gerak jalan ini sekaligus menjadi momentum penting untuk memulihkan dampak psikologis yang muncul pasca aksi demonstrasi 4 November 2016 di depan Istana Negara.

"Kami berharap gerakan ini menjadi momentum untuk memulihkan situasi dan rasa percaya diri dari masyarakat, khususnya warga keturunan Tiong Hoa," kata dia.

Spoiler for Menteri Agama: Toleran dan Tenggang Rasa Penting:

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama para tokoh agama menghadiri kegiatan Gerak Jalan Kerukunan Beragama Nasional di lokasi bebas kendaraan bermotor atau car free day, Jalan M. H. Thamrin, Jakarta Pusat, Ahad, 6 November 2016. Acara ini untuk memperingati Hari Jadi ke-52 Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia.

Lukman mengungkapkan pentingnya cara seseorang memaknai agama. "Saya sering mengatakan di banyak kesempatan, daripada menggunakan agama untuk menilai tindakan atau perilaku orang lain terhadap kita, lebih baik kita menggunakan agama untuk menjadi dasar bagi kita untuk bersikap kepada orang lain," kata Lukman saat memberi sambutan.

Menurut dia, sering kali kerukunan terusik karena seseorang lebih mengedepankan agama untuk menilai perilaku orang lain. "Saya ingin mengajak, agama digunakan sebagai landasan bagi kita untuk bersikap kepada orang lain," ucap Lukman.

Dia mengatakan keragaman hakikatnya adalah ketentuan dari Tuhan. Oleh karena itu, kata Lukman, sikap teloren dan tenggang rasa penting dijunjung. "Kita juga sebaiknya pro aktif menghargai perbedaan daripada menuntut orang lain yang berbeda itu untuk menghargai kita."

Seusai memberi sambutan, Lukman ikut berjalan santai bersama anggota organisasi keagamaan. Di antaranya, Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi), Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia, dan Pandita Sabha Buddha Dharma Indonesia.[/spoiler]

merdeka& [/url=https://m.tempo.co/read/news/2016/11/06/173818068/menteri-agama-toleran-dan-tenggang-rasa-penting]tempo[/url]

NKRI harga mati, jangan kotori Indonesia dengan faham2 radikal yg intoleran yg mau benar sendiri dan menistakan keberagaman emoticon-Sorry
Diubah oleh aghilfath 06-11-2016 03:17
0
13.5K
145
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.