Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aghilfathAvatar border
TS
aghilfath
Jelang Demo Ahok 4 November
Spoiler for Jelang Demo Ahok 4 November:

LIVE

Siang ini massa yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pendukung Fatwa MUI akan berunjuk rasa terkait pernyataan Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) soal surat Al Maidah 51. Massa akan bergerak dari Masjid Istiqlal selepas salat Jumat.Peserta unjuk rasa akan berjalan kaki melalui Pejambon-Gereja Imanuel-Gambir-Kedutaan Besar Amerika Serikat-kantor wakil presiden-Balai Kota. Setelah itu menuju Patung Kuda- Jl Medan Merdeka Barat hingga ke depan Istana Negara.

Persiapan demi persiapan sudah dilakukan oleh sebagaian peserta unjuk rasa. Pagi ini, mereka mengisi kegiatan seperti sarapan pagi hingga menyiapkan poster peraga aksi.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperkirakan seluruh wilayah Jakarta akan diguyur hujan disertai petir. Selain itu, wilayah di sekitar Jakarta juga diperkirakan akan mengalami kondisi serupa.Koordinator lapangan GNPF-MUI Munarman mengatakan sekitar 130 ribu massa dari berbagai daerah sudah tiba di Jakarta sejak semalam. Mereka menginap di sejumlah masjid yang ada di Wilayah Jakarta.

Juru bicara Front Pembela Islam (FPI) ini juga berjanji aksi demonstrasi akan berlangsung dengan damai. "Insya Allah, insya Allah (damai)" ujarnya.

08:26
Rute Demo 4 November: Masjid Istiqlal Hingga Istana Merdeka

Peserta unjuk rasa akan berjalan kaki melalui Pejambon-Gereja Imanuel-Gambir-Kedutaan Besar Amerika Serikat-kantor wakil presiden-Balai Kota. Setelah itu menuju Patung Kuda- Jl Medan Merdeka Barat hingga ke depan Istana Merdeka.

Persiapan demi persiapan sudah dilakukan oleh sebagaian peserta unjuk rasa. Pagi ini, mereka mengisi kegiatan seperti sarapan pagi hingga menyiapkan poster peraga aksi.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperkirakan seluruh wilayah Jakarta akan diguyur hujan disertai petir. Selain itu, wilayah di sekitar Jakarta juga diperkirakan akan mengalami kondisi serupa.

Koordinator lapangan GNPF-MUI Munarman mengatakan sekitar 130 ribu massa dari berbagai daerah sudah tiba di Jakarta sejak semalam. Mereka menginap di sejumlah masjid yang ada di Wilayah Jakarta.

Juru bicara Front Pembela Islam (FPI) ini juga berjanji aksi demonstrasi akan berlangsung dengan damai. "Insya Allah, insya Allah (damai)" ujarnya.

08:26
Lalin di Sekitar Istiqlal Macet

Lalu lintas di sekitar Masjid Istiqlal macet jelang demonstrasi 4 November 2016 siang nanti. Kemacetan ini terjadi karena banyak bus-bus pendemo yang diparkir di badan jalan.

Dari pantauan, Jumat (4/11/2016) sekitar pukul 06.50 WIB, bus-bus rombongan peserta aksi parkir di badan kiri jalan-jalan sekitaran Masjid Istiqlal lokasi tempat berkumpul pendemo. Arus kendaraan bermotor tersendat dari arah Jalan Medan Merdeka Timur yang mengarah ke Gereja Katedral.

Kemacetan pun masih berlanjut sampai ke arah Jalan Djuanda.

08:26
Jalan Medan Merdeka Barat ke Patung Kuda Ditutup

Jalan Medan Merdeka Barat tepatnya di depan Istana Negara yang mengarah ke Patung Kuda ditutup. Hal ini dilakukan agar pendemo nanti dapat leluasa menyampaikan aspirasinya.
Spoiler for jelang demo:


Pantauan detikcom, Jumat (4/11/2016), terlihat petugas kepolisian dan Dishub telah menutup jalur di Jalan Medan Merdeka Barat itu dengan menggunakan beton pembatas sekitar pukul 08.00 WIB. Jarak beton pembatas itu dari pagar Istana sekitar 100 meter.

Namun jalur sebaliknya masih normal. Sementara itu, tampak ribuan petugas kepolisian dan satpol PP mengadakan apel di halaman Monas yang menghadap ke Istana.

08:26
Water Cannon dan Polisi Siaga di Kantor Bareskrim Gedung KKP

Dua unit water canon dan seratusan polisi siaga di sekitar Gedung KKP, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. Gedung KKP yang juga merupakan kantor Bareskrim Mabes Polri itu menjadi salah satu lokasi yang bakal disasar oleh demonstran siang nanti.

Dari informasi yang didapat detikcom, saat ini sudah ada satu kompi personel Sabhara yang berisi 100 orang, dan dua kompi personel Brimob. Mereka terlihat tengah duduk-duduk. Tameng-tameng andalan polisi untuk mengamankan unjuk rasa juga telah disiapkan.

Selain itu, ada dua unit mobil pemadam kebakaran dari sektor Pulogadung siaga tepatnya di depan gedung KKP dan di depan Mabes AD Pusat Polisi Militer, Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

08:26
Pengamanan Istana Merdeka dan Balai Kota Diperketat

Pengamanan di Istana Merdeka dan Balai Kota diperketat jelang demo damai siang nanti. Sejumlah kendaraan taktis dan polisi terlihat berjaga-jaga.

Pantauan detikcom sejumlah truk TNI yang membawa Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tampak masuk ke Istana Kepresidenan, Jakarta sejak pagi tadi. Pasukan yang dipersenjatai laras panjang itu kemudian menggelar apel setelah itu mereka berkeliling di sekitar luar dan sebagian berjaga di dalam istana.
Spoiler for jelang demo:

Di pintu masuk pengamanan diperkuat dengan memeriksa setiap orang yang masuk, baik oleh Paspampres maupun pengamanan dalam. Personelnya pun ditambah dibanding hari biasa.

Sementara itu penjagaan di depan Balai Kota juga mulai diperketat. Ada kendaraan taktis polisi, kendaraan bermotor milik Dishub DKI dan personel polisi yang akan melakukan apel.

08:26
Jalur ke Istana Ditutup

Polisi mulai menutup Jl Medan Merdeka Barat dari arah Patung Kuda menuju Istana jelang demo 4 November. Begitunya dengan arah sebaliknya.

"Penutupan mulai sekarang sampai waktu belum ditentukan, situasional," kata Wakasat Patwal Polda Metro Jaya Kompol H Tatang.
Spoiler for jelang demo:


Akibatnya, bus TransJakarta yang hendak menuju ke Istana diarahkan ke Jalan Budi Kemuliaan. "TransJakarta mulai dialihkan tidak bisa lewat Merdeka Barat dialihkan ke Budi Kemuliaan," ujar Tatang.

Sejumlah polisi pun tampak telah berjaga di sekitar lokasi dan tersebar di beberapa titik. Sementara itu massa yang berasal dari organisasi mahasiswa memadati area Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Mahasiswa yang mengenakan jaket almamater masing-masing itu berasal dari BEM-SI, IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) dan HMI (Himpunan Mahasiswa Islam).

08:26
Pendemo Terus Berdatangan Sambil Salawatan, Jalan Sekitar Istiqlal Macet

Demonstran GNPF-MUI yang akan berdemo hari ini terus berdatangan ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Mereka memasuki masjid sambil salawatan. Karena padatnya demonstran, jalan di sekitar Masjid Istiqlal pun macet parah.

Pantauan detikcom di Jl Perwira di dekat Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2016), lalu lintas padat merayap. Hal ini karenakan banyaknya volume kendaraan membawa demonstran, selain itu demonstran yang lalu lalang juga semakin banyak. Demonstran yang rata-rata mengenakan pakaian putih memasuki Masjid Istiqlal sambil salawatan.

Ada sekitar empat petugas kepolisian berjaga mengatur lalu lintas di Jl Perwira. Sementara sejumlah kyai berada di atas mobil komando. Demonstran terus memadati Masjid Istiqlal. Hingga pukul 9.15 WIB massa terus memadati Masjid Istiqlal.

08:27
Lalu Lintas di Sekitar Sudirman-Thamrin Lengang
Lalu lintas di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat terlihat lengang jelang demo 4 November siang nanti. Tidak terjadi kemacetan seperti biasanya. Volume kendaraan pun tidak begitu banyak.

Pantauan detikcom, Jumat (4/11/2016) pukul 10.00 WIB lalu lintas mengalir dengan lancar dari kedua sisi, baik dari arah ke Blok M maupun ke Bundaran Hotel Indonesia. Sementara di ruas tol dalam kota pun sama. Arus lalu lintas dari arah Cawang ke Slipi dan sebaliknya tampak ramai lancar.
Spoiler for jelang demo:


Kondisi serupa juga terlihat di ruas Jl Gatot Subroto. Arus lalu lintas dari arah timur ke barat dan sebaliknya lancar.
Spoiler for jelang demo:


08:27
Pesan Kapolri ke Pendemo: Gunakan Hak Beraspirasi dengan Damai

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengimbau massa yang akan melakukan demo 4 November siang ini agar menyampaikan aksi dengan damai. Aksi damai itu juga disertai dengan menjaga hak asasi warga dan juga ketertiban umum.

"Kepada saudara-saudaraku pengunjuk rasa, silakan gunakan hak kebebasan berekspresi dengan cara damai dan konstitusional," kata Tito dalam keterangan yang diterima wartawan, Jumat (4/11/2016).

"Pegang teguh koridor untuk tidak mengganggu hak asasi warga lainnya, tidak mengganggu ketertiban umum, mengindahkan etika dan moral sebagai orang timur dan menjaga persatuan kesatuan bangsa," tambah Tito.

Kepada masyarakat, Tito mengimbau untuk tidak perlu khawatir dalam beraktivitas. "Kepada warga masyarakat lainnya tetap bekerja dengan tenang, hindari titik demo agar tidak terkena kemacetan," ucapnya.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak menyebarkan informasi hoax yang bersifat provokatif di media sosial.

"Jangan meng-uplod dan men-share info medsos yang tidak jelas, jangan juga mudah percaya begitu saja dengan info medsos karena banyak info-info yang di-upload dan di-share yang tidak benar dan berbau provokatif," tambahnya.

08:27
Sambil Bertakbir, Massa Padati Jl Medan Merdeka Selatan

Menjelang siang, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat semakin dipadati para pendemo. Mereka berkumpul di sekitar Monas.

Pantauan detikcom, Jumat (4/11/2016) pukul 10.00 WIB puluhan bus demonstran memasuki parkir timur Monas. Demonstran yang datang dari arah Bundaran Hotel Indonesia ini meneriakkan 'Allahu akbar' dari jendela bus yang mereka buka. Jalan di sekitar Monas pun mulai tertutup massa.
Spoiler for jelang demo:


Sementara itu Jl Medan Merdeka Selatan sudah tidak bisa dilalui kendaraan karena tertutup massa pendemo yang akan beraksi 4 November siang nanti.

Akibat penutupan ini, kendaraan umum dari arah Bundaran HI menuju Jl Medan Merdeka Selatan harus memutar dan diarahkan menuju Sarinah.

08:27
Pendemo 4 November Mulai Bergerak Lintasi Tugu Tani

Pendemo yang akan beraksi 4 November siang nanti mulai telihat memenuhi beberapa ruas jalan di Jakarta. Di kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat, terlihat massa aksi sudah mulai melintas.

Jumat (4/11/2016) Pukul 09.55 WIB, massa pendemo sudah tampak memenuhi jalanan di perempatan Tugu Tani, Jakarta Pusat. Mereka terlihat mengenakan beberapa atribut. Beberapa dari mereka terlihat membawa bendera hitam.
Spoiler for jelang demo:


Selain pendemo, di perempatan Tugu Tani juga terlihat para pedagang yang berjalan menuju ke arah Balai Kota DKI Jakarta. Polisi terlihat bersiaga mengatur lalu lintas.

08:27
Tiba di Istiqlal, Habib Rizieq Siap Pimpin Demo 4 November

Imam besar Front Pembela Islam Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab alias Habib Rizieq tiba di Masjid Istiqlal sekitar pukul 10.10 WIB, Jumat (11/4/2016). Rizieq siap memimpin demo 4 November siang nanti.

Rizieq tiba dengan mengendarai mobil minibus warna putih. Saat mobil tiba di Kompleks Masjid Istiqlal, Rizieq memunculkan dirinya melalui Sunroof. Setelah mengucapkan salam kepada para pendemo yang sudah memadati Istiqlal, Rizieq turun dari kendaraan.

Live Report: Jelang Demo 4 November
Foto: Jabbar Ramdhani/detikdom

Para pendemo menyambut kedatangan Rizieq dengan lantunan selawat. Setelah menyampaikan salam dengan mengangkat kedua tangannya, Rizieq yang mengenakan baju putih dan peci hijau kemudian larut dalam selawat.

Rizieq dan para pendemo kemudian masuk ke Masjid Istiqlal dan bersiap melakukan Salat Jumat.

08:27
Polisi Bertasbih, Polwan Berjilbab dan Polisi Berkuda Berjaga

Polri menurunkan kekuatan penuh dalam mengamankan aksi demo terkait pernyataan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) soal surat Al Maidah 51. Demo 4 November ini membuat Polri menerjunkan pasukan 'khusus'.
Spoiler for jelang demo:


Polisi bertasbih, polwan berjilbab dan polisi berkuda disiapkan untuk menjaga aksi. 4 Polisi dengan kudanya itu berada di depan Istana. Pasukan itu berasal dari Datasemen Turangga, Ditpolsatwa Mabes Polri.
Spoiler for jelang demo:


Sementara di depan Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), massa disapa senyum para polwan berhijab. Puluhan Polwan itu berjaga di depan Gedung KKP dan di dalam area gedung. Selain itu, Brimob Batalyon C juga mendirikan tenda di depan gedung yang diperuntukkan untuk masyarakat umum bagi yang kelelahan atau mau istirahat.

11:21
Pendemo Berorasi, Brimob Baca Asmaul Husna di Depan Istana

Massa pendemo 4 November mulai memenuhi area Monas di depan Istana Merdeka. Mereka datang dari berbagai daerah dan dari berbagai elemen masyarakat.

Pantauan detikcom, Jumat (4/11/2016), massa tersebut membawa bendera FPI Jawa Timur, HMI, IMM dan Mujahiddin Indonesia. Mereka satu bersatu bergantian orasi menyampaikan aspirasinya.

Pendemo di depan IstanaPendemo di depan Istana (Foto: Danu Damarjati/detikcom)

Setelah selesai orasi, giliran ratusan anggota Brimob yang mengawal mereka membacakan doa Asmaul Husna. Mereka menengadahkan kedua tangannya dan membaca doa-doa dan asmaul husna dengan keras.

Setelah tujuh menit doa dikumandangkan, massa kembali orasi. Baik anggota Brimob dan massa silih berganti: massa menyampaikan orasi dan anggota Brimob membacakan doa asmaul husna.

Aksi Brimob itu mengundang simpatik massa. Tidak sedikit dari mereka yang mengabadikan aksi Brimob itu dengan kamera HP masing-masing. Setelah massa selesai orasi, mereka satu persatu duduk di jalan.

11:23
Massa Terus Bergerak Menuju Istiqlal

Ratusan massa demo 4 November yang terbagi dalam beberapa rombongan tampak bergerak dari arah Kwitang menuju Masjid Istiqlal. Ada juga massa yang bergerak dari jalan Menteng Raya.

Live Report: Jelang Demo 4 NovemberFoto: Flora Febrianindya/Pembaca detikcom

Lalu lintas di kawasan Tugu Tani nampak padat. Kendaran pribadi masih bisa melintas ke arah Stasiun Gambir. Satu lajur jalan menuju stasiun Gambir masih dibuka untuk kendaraan umum dan pribadi.

Live Report: Jelang Demo 4 NovemberFoto: Rengga Sancaya

Di Masjid Istiqlal saat ini massa pendemo masih terus berdatangan. Tak hanya polisi ada juga massa Gerakan Nasional Pendukung Fatwa MUI (GNPF-MUI) ikut mengatur jalanan di sekitar Masjid Istiqlal.

Kondisi lalu lintas juga tampak padat. Pengaturan lalu lintas tak hanya dilakukan oleh polisi tapi juga oleh massa GMPF-MUI.

11:31
Massa Pendemo 4 November Padati Masjid Istiqlal untuk Salat Jumat

Massa demonstrasi 4 November 2016 bersiap melaksanakan salat Jumat. Masjid Istiqlal yang menjadi tujuan utama untuk menjalankan salat sudah dipenuhi oleh para pendemo.

Jumat (4/11/2016) siang seluruh area masjid sudah penuh dan membludak. Massa terus memasuki area Masjid Istiqlal.

Live Report: Jelang Demo 4 NovemberFoto: Achmad/pasangmata

Pintu masuk Masjid Istiqlal hingg pintu masuk di depan Gereja Katedral penuh dengan massa yang mengenakan baju putih. Beberapa massa terlihat membawa bendera dan berbagai atribut. Mereka terus bergiliran memasuki masjid.

Sementara itu, ada massa yang masih bergerak dari Jalan Juanda menuju Harmoni. Mereka juga akan menuju Istiqlal untuk melaksanakan salat Jumat.

11:34
Demonstran 4 November: Jangan Tinggalkan Sampah

Massa terus bergerak menuju titik kumpul demo 4 November di Masjid Istiqlal. Pantauan detikcom di depan Stasiun Gambir jalan Medan Merdeka Timur sejak pukul 09.00 hingga sekarang massa seperti tak putus-putusnya menuju Istiqlal.

Sejumlah massa demonstran melakukan demo secara simpatik. Ada satu rombongan pendemo berkostum putih-putih meneriakkan takbir sambil memungut sampah yang ditinggalkan demonstran lainnya.

"Ayo demo, ayo bersih-bersih, jangan tinggalkan sampah. Allahu Akbar!," teriak pendemo yang melintas di jalan Medan Merdeka Timur, Jumat (4/11/2016).

Di depan mereka ada rombongan pendemo dari Himpunan Mahasiswa Islam. Mengenakan bendera HMI dengan latar belakang warna hijau hitam mereka meneriakkan agar agar Ahok dipecat. "Pecat Ahok, penjarakan Ahok. Allahu Akbar!," teriak pendemo dari rombongan HMI.

11:57
Selain di Istiqlal, Massa Salat Jumat di Depan Istana dan Lapangan Banteng

Selain di Masjid Istiqlal, massa pendemo 4 November juga melakukan ibadah Salat Jumat di sejumlah titik. Mereka Salat Jumat di depan Istana, Masjid BI, Patung Kuda hingga Lapangan Banteng.

Pantauan detikcom para demonstran menggelar Salat Jumat di belakang pembatas beton dan dua lapis kawat berduri yang mengamankan Istana Negara, Jakarta, Jumat (4/11/2016). Karena jauh dari akses air mereka mensucikan diri dengan cara tayamum.

Live Report: Jelang Demo 4 NovemberFoto: Danu Damarjati

Mereka sudah mengumandangkan adzan dan sampai pukul 11.50 WIB masih mengikuti khotbah dengan khusyuk.

Tak jauh berbeda dengan di depan Istana, Salat Jumat yang dilakukan pendemo di Patung Kuda, Masjid BI dan Lapangan Banteng juga berjalan khusyuk.

Di Lapangan Banteng yang terletak di seberang Istiqlal, massa menempati lapangan basket dan lapangan rumput. Sementara sudut lainnya dijadikan tempat parkir mobil. Massa pendemo menggelar alas seadanya. Ada yang memakai surban, ada yang hanya memakai koran.

Live Report: Jelang Demo 4 NovemberFoto: Haris Fadhil/detikcom

Sedangkan di Patung Kuda massa Salat Jumat di Jl Medan Merdeka Selatan. Lokasi tempat Imam berdiri akan berada di depan Wisma Antara.

Ada massa yang sudah membawa botol air mineral untuk wudhu. Namun ada juga yang wudhu dengan sumber-sumber air terdekat salah satunya di kolam Patung Kuda.

12:24
Ahmad Dhani Ikut Salat Jumat Bareng Pendemo di Depan Istana

Di antara massa pendemo yang melaksanakan Salat Jumat di depan Istana Kemerdekaan, terlihat sosok Ahmad Dhani. Musisi yang juga calon wakil Bupati Bekasi ini ikut demo 4 November di depan Istana.

Pantauan detikcom, Ahmad Dhani berbaju putih melempar senyum ramah saat masuk ke barisan kelompok para pendemo sekitar pukul 12.00 WIB, Jumat (4/11/2016). Dia mengikuti Salat Jumat dengan khusyuk.

12:37
Pimpin Demonstran, Amien Rais Longmarch ke Kantor Bareskrim di KKP

Mantan Ketua MPR Amien Rais ikut bergabung dalam aksi demo 4 November 2016. Amien memimpin ratusan massa bergerak dari kantor PP Muhammadiyah ke kantor sementara Bareksrim Polri di Jl Medan Merdeka Timur.

Live Report: Jelang Demo 4 NovemberFoto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom

Amien Rais melaksanakan salat jumat di Masjid di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2016). Setelah itu Amien langsung langsung dikerubuti oleh ratusan demonstran. Ia kemudian memimpin massa longmarch ke kantor sementara Bareskrim Polri.

Amien Rais nampak menggenggam tongkat bambu kecil. Amien dipagari oleh massa. Sepanjang jalan Amien yang juga mantan Ketua PP Muhammadiyah ini disalami oleh para demonstran. Amien juga menyanyikan lagi Bandung Lautan Api dan bersalawat bersama demonstran.

detik

Updated......
Diubah oleh aghilfath 04-11-2016 08:01
0
3.2K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.