Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

victimofgip.99Avatar border
TS
victimofgip.99
Dilarang Ikut Aksi 4 November, Mahasiswa Tuding Pemerintah Intervensi


Rimanews - Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi mengeluarkan surat edaran yang melarang civitas akademika perguruan tinggi terlibat dalam aksi 4 November, tapi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia menilai larangan itu sebagai bentuk intervensi..

"Presiden seharusnya bersikap bijak dan tegas, bukan justru menunjukan sikap keberpihakan terhadap pelaku yang merusak prinsip ke-Bhinneka-an, nasionalisme, dan stabilitas sosial," ungkap Koordinator Pusat BEM SI Bagus Tito Wibisono, Kamis (3/11/2016).

Bagus menilai aksi yang akan dilakukan merupakan salah satu bentuk ekspresi kecaman terhadap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang dianggap mengkebiri ke-bhinneka-an dan semangat nasionalisme karena telah menistakan agama Islam, sebagai salah satu agama yang diakui konstitusi.

Dia juga menuntut Presiden dan aparat penegak hukum bersikap tegas dan segera menjatuhkan hukuman yang adil sesuai konstitusi guna mengembalikan stabilitas negara.

"Kami mengimbau kepada seluruh civitas akademika perguruan tinggi, khususnya mahasiswa seluruh Indonesia untuk terlibat dalam aksi demonstrasi yang dijamin oleh konstitusi," ucap dia.

Selain itu, lanjut Bagus, pihaknya juga mengutuk segala bentuk pembungkaman pergerakan mahasiswa dan pelemahan kebebasan menyampaikan pendapat di muka umum. dan mendesak Kemenristekdikti untuk mencabut surat edaran Dirjen Belmawa Nomor 350/B/SE/2016 tentang Himbauan terkait Unjuk Rasa 4 November 2016.

"Sebab ini bisa menciderai gerakan mahasiswa yang independen dengan berdasarkan gerakan moral intelektual. Kita adalah gerakan, maka diam berarti mati," tandasnya.


http://m.rimanews.com/nasional/polit...tah-Intervensi

Demonstrasi itu dilindungi konstitusi dan merupakan bagian dari demokrasi. Kalau pemerintah mengeluarkan larangan mahasiswa untuk bertemu maka sama saja pemerintah anti demokrasi.

Quote:
Diubah oleh victimofgip.99 03-11-2016 01:55
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
13.3K
231
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.