agusvitoAvatar border
TS
agusvito
Ingress


Belum lama ini Google bekerja sama dengan NianticProject meluncurkan game terbaru dengan basis Augmented-Reality (AR) yang bernama Ingress bagi para pengguna Android, yang saat ini telah berhasil menjadi trend, bukan saja di tanah air tercinta Indonesia, tapi bahkan di seluruh dunia. Game Augmented-Reality sendiri berarti permainan yang menggabungkan dunia maya yang terdapat di perangkat Android yang kita gunakan, dengan lingkungan nyata. Permaninan berbasis AR ini biasanya dimainkan real time, dengan menggunakan Geo-Tagging seperti GPS ataupun Google Map. Dan yang mejadikan permainan ini lebih unik lagi, di dalam Ingress tidak ada karakter tertentu seperti yang biasa ada di permainan atau game lain. Karena ini game yang berdasarkan realita, maka karakter yang kita mainkan adalah diri kita sendiri. Pada dasarnya game ini tentang mendominasi area tertentu dan bagaimana kita bekerja sama dengan para pemain lain.

Konon ceritanya adalah sebuah intelegensi dari dunia lain yang disebut sebagai “Shaper” yang ingin membagikan sebuah bentuk energi baru yang bernama Excotic Matter (XM) dengan umat manusia, melalui portal-portal yang tersebar di seluruh dunia dan biasanya ditemukan pada patung-patung ataupun gedung-gedung landmark di penjuru kota. Sayangnya seperti penemuan baru lainnya, hal inipun menuai pro dan kontra diantara umat manusia sendiri. Manusia terpecah menjadi dua kubu yaitu Enlightened (Hijau), adalah kubu yang setuju untuk mempelajari dan memaksimalkan XM bagi manusia, dan kubu lainnya adalah Resistance (Biru), yaitu kubu yang menolak eksplorasi XM. Kubu-kubu ini disebut sebagai Faction. Sedangkan kita sebagai pemain individual disebut sebagai Agent dari salah satu Faction pilihan kita. Yang perlu kita lakukan adalah merebut portal sebagai sumber XM, dan mengklaimnya sebagai milik Faction Pilihan kita.

Yang menarik dari game ini adalah tidak ada menang dan kalah dalam Ingress. Yang ada hanyalah seberapa besar wilayah yang bisa dikuasai oleh satu Faction. Walaupun konsepnya terlihat sangat sederhana, tapi pada kenyataannya permainan ini justru memberikan dampak yang besar di kehidupan nyata kita. Karena menggunakan Geo-Tagging, maka Ingress justru memaksa kita untuk keluar dan mengeksplorasi kota tempat tinggal kita. Mengenalkan kita pada tempat-tempat tertentu yang bahkan mungkin tidak kita ketahui keberadaannya sebelumnya. Karena untuk merebut sebuah portal kita diharuskan berada di dalam radius yang cukup dekat dengan portal tersebut. Bukan hanya itu, Ingress memaksa kita untuk berinteraksi dengan para Agents lainnya melalui feature COMM (Chat feature) yang sudah tersedia di dalam aplikasi Ingress itu sendiri. Karena pada point tertentu, memainkan Ingress memerlukan kerja sama dan koordinasi dengan Agents dan Faction yang sama. Jadi siapa bilang game hanya membuat kita jadi semakin antisosial? Ingress sudah berhasil mematahkan paradigma tersebut. Dengan memainkan Ingress, kita akan menambah pengetahuan baru serta teman baru tanpa mudah menjadi bosan.




Yang perlu dipersiapkan sebelum memulai permainan ini adalah:

Gadget dengan Operating System berbasis Android. Saat ini Ingress hanya bisa dimainkan diatas OS Android.
Power bank untuk berjaga-jaga bila batre habis ditengahkeasikan bermain.
Koneksi internet.
Mendaftar di www.ingress.com dan mengikuti cara instalasi dari tautan tersebut.
Teman-teman agar bermain lebih mengasyikkan. Apalagi ketika kita diharuskan pergi ke daerah tertentu demi sebuah portal. Bukankah lebih asyik bila bisa pergi bersama sahabat-sahabat terdekat ataupun teman-teman baru?
Join ke komunitas sesuai dengan Faction pilihan kita.

Tentu saja semua system ataupun game selalu ada kelebihan dan kekurangannya. Begitu juga dengan Ingress apalagi saat ini Ingress sendiri masih dalam versi Beta. Beberapa kekurangan yang sebaiknya kita waspadai adalah:

Kita bisa jadi membenci GPS (Global Positioning System) di gadget kita. GPS bisa jadi sangat membantu untuk menemukan letak alamat tertentu di dalam peta. Tentu saja perbedaan beberapa meter pada peta dalam mencari alamat tidak akan terlalu berpengaruh. Tetapi dalam Ingress, perbedaan beberapa meter bisa jadi sangat signifikan dalam keberhasilan kita untuk menjangkau suatu portal agar masuk ke dalam radius gadget kita. Belum lagi bila cuaca sedang tidak bersahabat, maka GPS jadi sangat sulit untuk locked-down di satu posisi yang tepat (sliding).
Karena GPS harus terus aktif, maka baterai gadget Android kita jadi sangat cepat habis. Untuk itu seperti disebutkan di atas, Powerbank adalah salah satu alat yang wajib kita miliki.

Saat ini ada beberapa website yang menawarkan tips serta cara memainkan permainan ini. Mulai dari yang berbahasa Inggris hingga yang berbahasa Indonesia. Untuk yang berbahasa Inggris bisa dilihat di [url]http://ingressfieldguide.com.[/url] Dan untuk yang berbahasa Indonesia bisa dilihat di [url]https://catalystro.wordpress.com.[/url]

Sekarang pilihan ada ditangan Anda. Apakah Anda memilih untuk mempertahankan bumi seperti saat ini, ataukah Anda memilih untuk menggunakan sumber energi baru untuk membangunnya demi masa depan. Selamat menjadi seorang Agent dunia, dan selamat bersenang-senang.


Trailer
[YOUTUBE]92rYjlxqypM‎[/YOUTUBE]


Salah Satu Karya Indonesia
[YOUTUBE]aARCwDlPtSM‎[/YOUTUBE]




Link Download : Ingress





Buat Komunitas Indonesia

Ingress Indonesia Enlightened a.k.a Hijau
Enlightened Indonesia

Ingress Indonesia Resistance a.k.a Biru
Resistance Indonesia


Quote:


Quote:
Diubah oleh agusvito 02-10-2013 02:04
0
34.6K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.