Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

agusudinyonoAvatar border
TS
agusudinyono
Jangan Percaya Posting Palsu Provokatif di Medsos!

Jakarta - Panasnya Pilgub DKI 2017 bisa dikatakan lebih terasa di media sosial ketimbang di dunia nyata. Berbagai macam materi propaganda ditebar. Banyak di antaranya, sayangnya, tak sesuai fakta.

Di antara banyaknya propaganda tak berdasar fakta yang tersebar di media sosial, detikcom, portal kesayangan Anda, juga turut dijadikan bahan. Berita detikcom di-screenshot, diedit menjadi provokatif, lalu disebar di media sosial. Kekuatan kredibilitas detikcom disalahgunakan untuk memancing kemarahan publik.


Jangan Percaya Posting Provokasi di Medsos!Foto: Ilustrator: Mindra Purnomo


Setidaknya ditemukan ada dua berita detikcom yang diedit untuk dijadikan bahan provokasi. Berita pertama berjudul: "Ahok Lepas 50 Marbut Masjid di Jakarta untuk Umrah di Makkah," diedit menjadi: "Ahok Lepas 50 Marbut Masjid di Jakarta, Bohong." Berita kedua berjudul: "Ahok: Saya Sudah Tanda Tangan, Tanah Kurang dari Rp 2 M Gratis BPHTB," diedit menjadi: "Ahok: Saya Akan Singkirkan Pribumi dari Jakarta."

Dua screenshot berita yang sudah diedit itu disebar ke berbagai platform media sosial oleh akun twitter @TweetParpol, lalu ditambah-tambahi tulisan yang memprovokasi. Tak sedikit yang menganggap screenshot berita editan itu sebagai kebenaran. Namun kami tegaskan, dua screenshot berita yang sudah diedit itu menyesatkan!

detikcom tidak pernah membuat berita berjudul "Ahok Lepas 50 Marbut Masjid di Jakarta, Bohong" dan "Ahok: Saya Akan Singkirkan Pribumi dari Jakarta." Dua editan screenshot berita itu adalah upaya fitnah yang keji. Para pembaca diharapkan tak menggubris fitnah tersebut.


Jangan Percaya Posting Provokasi di Medsos!Foto: Ilustrator: Mindra Purnomo


Sebagai portal media dengan pembaca terbesar di Indonesia, detikcom teguh memegang kode etik jurnalistik. Jurnalisme kebencian bukanlah bagian dari diri kami.

Untuk memperkuat, polisi berkali-kali mengingatkan para pengguna media sosial agar tak mudah percaya dengan materi bernada SARA yang provokatif. Jangan mudah terhasut, jangan mudah tersulut.

"Intinya kami imbau kepada masyarakat agar jangan mudah percaya berita-berita hoax yang dapat mengadu domba kerukunan warga," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Awi Setiyono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (31/10/2016).

Jika Anda mendapat screenshot berita, jangan mudah percaya. Lebih baik cek langsung ke link terkait, atau situs beritanya. Dan, pilihlah situs berita terpercaya.

"Buat masyarakat jangan gampang sekali termakan isu-isu dan provokasi di medsos, lebih baik cek langsung ke sumbernya kalau pemberitaan link-link media seperti itu," lanjut Awi.



SAMBALADO

Nasbung emank ga ada Matinya

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Diubah oleh agusudinyono 01-11-2016 08:47
0
2.4K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.