NBANicolasAvatar border
TS
NBANicolas
Tips Belajar Untuk Ujian Gan!

WELCOME GAN AND SIST
emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Spoiler for alhamdulilah HT#1 ane gan:


Selamat pagi, siang, sore, malam untuk kaskuser semua.
Salam kenal ya.
emoticon-Maluemoticon-Malu

Kali ini ane mau ngeshare ke agan and sista sekalian tips-tips untuk menyambut ujian yang udah di depan mata. Sebelumna ane mau nanya, agan and sista lagi di semester berapa? Semester 1? Semester 2? Semester 3? Atau udah mau skripsi? Semester berapapun agan and sista, dan kelas berapapun agan and sista, pasti tetep ada ujian yang harus diikuti. Sayangnya, ujian tidak dapat dihindarkan lagi, kecuali agan and sista udah engga ada (bercanda loh ya hehehe) emoticon-Wink
Okay deh nuff' said untuk basa basinya, langsung aja ke TKP emoticon-EEK!



Grab Some Intel

sumber gambar
Tahap pertamanya adalah intel gan! Eits, bukan intel FBI, CIA, atau BIN loh yaa, maksud ane intel adalah kisi-kisi gan emoticon-Wink
Yup, pertama-tama agan and sista cari tau dulu kisi-kisi dari masing-masing ujian yang akan dilaksanakan. Biasanya dosen atau guru akan memberitahukan soal-soal ataupun latihan-latihan yang nantinya akan keluar saat ujian.
Terus kalo engga dikasih kisi-kisi gimana gan? Dosen ane pelit nih
Nah ini nih tipe-tipe dosen yang nyebelin, ngasih bahan bacaan sekebon tapi engga ngasih kisi-kisi. Tenang gan, ane ada solusinya! Agan and sista tentu inget dong sebelum kegiatan perkuliahan atau pembelajaran dimulai agan dan sista pasti dikasih tau SAP (Satuan Acara Perkuliahan) atau semacam kontrak pembelajaran gitu. Nah dalam SAP tersebut tertulis semua kurikulum yang harus agan and sista pelajari tiap pertemuan. Dari situlah bisa ditemukan kisi-kisi agan and sista.


Pick Your Weapons

Eits jangan ambil senjata beneran loh ya emoticon-Hammer Ane cuma bercanda hehehe... Senjata yang ane maksud di sini adalah buku-buku referensi ataupun artikel-artikel referensi untuk menjawab jawaban kisi-kisi tadi. Biasanya dosen dan guru akan memberikan referensi buku untuk dipelajari sebelum ujian atau bahkan sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Nah seminggu sebelum ujian agan and sista udah cari-cari tuh buku referensinya, dan engga perlu beli gan sis! di perpustakaan juga ada kok. Kalo engga ada, berarti coba cari ebook nya di internet atau engga cari artikel di internet dengan jawaban yang nyerempet.

Fill the Magz

Next, langkah berikutnya adalah membuat soal-soal dari kisi-kisi yang udah agan and sista temukan. Buatlah soal-soal tesebut layaknya ujian yang sebenarnya. Boleh di kertas, boleh juga di laptop a.k.a. diketik. Kalo ane sih lebih prefer di ketik supaya bisa ane baca dari hengpon dan tablet. Setelah dibuat soal-soalnya, lalu agan and sista kerjakan di situ juga dengan jawaban yang menurut agan and sista paling cocok, dan terserah agan and sista mau nulis secara lengkap dan panjang ataupun singkat tapi padat. Biasanya dosen dan guru ada yang mengharapkan jawaban lengkap dan panjang, ada juga yang mengharapkan jawaban singkat jelas padat.

Go Radio Silent

Maksud ane, singkirkan dulu gan segala hal yang dapat mengganggu, kaya misalnya TV dan Music Player. And of course "Radio SIlent" a.k.a. aktifkan Airplane Mode di semua device agan and sista supaya engga ada suara-suara notif yang mengganggu. Selain itu, coba cari tempat yang tenang dan hening supaya bisa fokus.

Lock and Load

sumber gambar
Alright semua persiapan untuk belajar sudah ready, sekarang agan and sista tinggal mempelajari soal-soal yang udah dibuat. Jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu dan minta kekuatan dan pengetahuan dari Sang Pencipta. Insya Allah ujian agan and sista berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.



Akhir kata ane ucapkan selamat belajar dan selamat mengerjakan. Good luck with your test dan jangan lupa berdoa gan and sist. Thanks for coming.
emoticon-Toast emoticon-Toast

Spoiler for tambahan gan untuk penyemangat:

Spoiler for disclaimer:


Spoiler for follow me on:


Jangan lupa bantu jadi hot thread ya gan
klik di sini gan and sist

Tambahan dan komentar dari agan and sista sekalian

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Bantu isi kuesioner yang satu ini ya gan and sis dari agan HatoriBoy

Quote:
Diubah oleh NBANicolas 11-11-2016 12:57
0
21.9K
182
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.