andaruanfasiAvatar border
TS
andaruanfasi
Arti Lain dari 4 November
welcome to my trit agan agan
wakaka kedua kalinya nih ane posting setelah berkali2 didilit momod emoticon-Big Grin
trit ini buat agan2 yg bosen denger isu demo fpi mulu wakaka

Arti Lain dari 4 November


Pada tanggal 4 November 21 tahun yang lalu, Perdana Menteri Israel, Yitzhak Rabin tewas dibunuh oleh kaum ekstremis. Tanggal 4 November 8 tahun yang lalu, Barrack Obama terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat. Tanggal 4 November tahun 2017 nanti, akan terjadi aksi besar-besaran oleh Front Pembela Islam (FPI) demi menggiring Gubernur Jakarta ke penjara.
Tulisan ini bukan mengenai hal tersebut.


Mari lah kita berjalan-jalan ke Rusia. Lupakan sejenak beban pikiran atas rencana demonstrasi FPI hari Jumat nanti yang terus-menerus diberitakan oleh berbagai media.

Spoiler for red square:


Bagi negara Rusia, tanggal 4 November bukan lah sesuatu yang perlu ditakuti. Tanggal 4 November mewakili hari besar Rusia yang bertajuk Hari Persatuan (Bahasa Rusia: День народного единства, Denʹ narodnogo yedinstva).

Spoiler for hari persatuan:


Hari Persatuan dirayakan dengan cuti bersama, untuk mengenang hari di mana rakyat Rusia bangkit dari pendudukan Polandia atas Moskow pada tahun 1612 silam, yang sekaligus menjadi titik balik dari Polish-Muscovite War.

Kebangkitan yang dipimpin oleh Kuzma Minin dan Dmitry Pozharsky tersebut dijadikan hari libur nasional untuk pertama kali oleh Tsar Alexei Mikhailovich pada tahun 1649.

Spoiler for patung kuzma minin dan dmitry pozharsky:


Tsar menetapkan taggal 22 Oktober tanggalan Julian, yang sama dengan 4 November Gregorian (sistem penanggalan yang kita gunakan sekarang) sebagai tanggal untuk mengenang perjuangan kedua pahlawan Rusia tersebut.

Namun, pada tahun 1918, kaum Bolshevik menggeser tanggal Hari Persatuan menjadi 25 Oktober atau 7 November Gregorian. Mereka juga mengubahnya menjadi peringatan atas Revolusi Oktober yang diprakarsai kaum Bolshevik hingga lahir Partai Komunis Rusia yang berdiri sampai sekarang.

Pada tahun 2005, Vladmir Putin menggeser – sekaligus mengadakan kembali – Hari Persatuan ke tanggal 5 November. Keputusan ini dimanifestasikan dengan gestur simbolik yang masih dilakukan sampai sekarang: dengan meletakan sekuntum bunga di kaki patung Kuzma Minin dan Dmitry Pozharsky.

Selain sejarah dari Hari Persatuan, yang menarik juga adalah respon masyarakat Rusia. Dalam sebuah polling tahun 2007, tercatat hanya 23 persen penduduk Rusia yang tahu nama dari hari nasional tersebut. Dari 23 persen itu, hanya 4 persen yang tahu latar belakangnya.

Ternyata hari nasional Rusia yang jatuh pada tanggal 4 November tersebut kurang populer di kalangan masyarakat Rusia sendiri meskipun merupakan sebuah peringatan atas perjuangan pahlawan negaranya mengalahkan gerombolan penjajah. Ternyata kenangan hangat atas perjuangan nenek moyang atas tanah air saja bisa dilupakan seperti hari-hari biasa, apalagi kenangan yang pahit dan tragis. Bibit pemikiran ini berkembang, menarik saya kembali ke tanah pertiwi: Bagaimana masyarakat Indonesia akan mengenang 4 November 2016 nanti?

sumur: wikipedia dan situs-situs lainnya

gitu gan.. mantep ye hari nasional negara sendiri banyak yang gatau wakaka
tapi ane tetep ngefans sama putin gan emoticon-Big Grin

emoticon-Toast
0
3.1K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.