Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

olid80Avatar border
TS
olid80
RANGKAIAN JOULE THIEF - PENCURI ENERGI
Ane masih newbie nih di kaskus dan belum pernah bikin thread sama sekali di sini. Jadi niatnya mau bikin thread tapi jangan sampe yang udah pernah di bahas di forum ini.
Kebetulan ane lagi seneng-senengnya mencari energy murah kalo perlu gratis gara-gara sumber energi yang kita pakai harganya naik turun mulu dan trennya cenderung naik. Tapi sebenarnya juga karena ini kantong jadi makin tipis gara-gara biaya energy yang semakin besar, baik itu listrik maupun bbm.
Maka datanglah ane ke mbah Google mencari solusi masalah ini. Setelah berhari-hari blusukan di dunia maya terutama di youtube akhirnya ane nemuin yang namanya rangkaian listrik Joule Thief yang selanjutnya ane singkat jadi JT. JT terdiri dari dua kata yaitu Joule dan Thief. Joule adalah satuan energy sedangkan Thief berarti pencuri, jadi artinya pencuri energi. Dari namanya sih kelihatannya buruk, tapi apakah ini hal yang buruk atau bukan langsung aje ane kasih penampakan skema rangkaian JT : :



Diatas adalah rangkaian paling sederhana dari JT. Sekarang kita lihat gambar berikut



Dari gambar di atas disebelah kiri terlihat bahwa led tidak menyala. Jadi jika hanya dengan menggunakan satu baterai AA yang tegangannya 1.5 V tidak akan bisa menyalakan lampu LED, setelah ditambah baterai secara seri barulah led dapat menyala. Namun dengan rangkaian JT lampu LED dapat menyala, bahkan jika baterai-nya sudah soak alias tegangannya sudah kurang dari 1.5 V, lihat penampakannya di gambar berikut.



Rangkaian JT
Rangkaian paling sederhana JT adalah terdiri dari :

(1) 1 buah baterai AA bekas


(2) Toroid lengkap dengan kumparannya


(3) Transistor 2N2222 atau 2N3904



(4) Resistor 1K Ohm



(5) Lampu led



Untuk ringkasnya rangkaian JT bekerja sebagai berikut :

Pemegang kendali pada rangkaian JT adalah transistor, transistor bekerja seperti saklar yang menyambung dan memutusan aliran listrik yang melalui kumparan toroid. Ketika aliran listrik masuk melalui kumparan primer di toroid maka toroid menyimpan energy listrik dalam bentuk medan magnet. Dan ketika aliran di putus medan magnetpun hilang. Pada pada proses timbul dan hilangnya medan magnet pada toroid proses ini juga menginduksi kumparan sekunder dari toroid. Kejadian ini terjadi begitu cepat. Proses ini bisa meningkatkan voltase listrik, sehingga batterai yang hanya 1,5 V atau kurang, mampu menyalakan lampu LED.

Ada yang bilang kalau JT ini bisa disebut free energy karena hanya dengan tegangan kecil bisa menghasilkan tegangan yang lebih besar. Kalau menurut ane tegangan itu bukanlah energy, Energi pada listrik adalah tegangan di kali dengan arus P = V * i.
Kerjanya memang mirip inverter, nah kalau sudah mendengar kata inverter berarti alat ini bisa menghemat energy, kayak iklan AC D*ik*n yang bisa menghemat nergi hingga 50%, nah apakah rangkaian ini juga bisa menghemat energy? Untuk itu maka ane mengundang agan-agan yang mengerti masalah pelistrikan agar dapat menjawab apakah JT itu bisa disebut free energy atau minimal peghemat energy… monggo para juragan Elektro mampir… And kalo sudah mampir mohon minta emoticon-Toast gan jangan lupa emoticon-Rate 5 Star gan, jangan di kasih emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan….

Untuk detail masalah ini agan bisa mengunjungi ke websitenya Kang DadanPurnama :
http://www.dadanpurnama.com/2014/04/...rgi-bekas.html


Thangkyu gan udah mampir ......
emoticon-Shakehand2
Diubah oleh olid80 05-09-2015 03:50
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
31.7K
23
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.