aldygantengbgtAvatar border
TS
aldygantengbgt
Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming?
Gak nyangka bisa HT thnx buat Mimin/momod yang udah mengizinkan thread ane mejeng di halaman paling depan Kaskus emoticon-Smilie

Yuk lanjut ke thread ane



Hallo bro/sist setelah lama vakum dalam dunia perblog-an gw balik lagi dan kali ini gw bakal ngasih tips buat lu yang mau masuk ke dunia programming so bagi kalian yang tertarik dengan dunia pemogramman bisa pantengin blog gw karena bakalan banyak hal yang gw sharing secara detail dan terperinci.

Balik ke judul postingan kali ini yaitu Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming? banyak banget tutorial yang bertebaran di internet tentang Apa yang harus dilakukan sebelum memulai programming tapi yang gw jelasin dibawah lebih ke persiapan diri dan mental lo, oh iya "ngoding" gak cuma pakai logika tapi juga kreativitas dan yang pastinya semangat 45 yang membara bro/sist keep Lanjut kebawah.

6 Hal yang harus lu tanem di otak lu sebelum melanjutkan masuk ke dunia pemogramman/programming :


1. Semangat untuk belajar terus dan terus menerus
Teknologi terus berkembang manusia pun harus begitu semakin cepat lo memulai belajar semakin cepat juga lo bisa nyusul teknologi itu sendiri. belajar ngoding sama aja kaya ilmu yang lain "gak ada habisnya" lo harus semangat belajar terus menerus jangan berenti ditengah-tengah apalagi diawal nikmatin alurnya jangan jadiin beban karena ini baru permulaan.


2. Bug itu pasti ada
Kaya di film Who am i ada quote seperti ini "No System is Safe" yang artinya gak ada system yang aman, semua system pasti bisa tembus alias punya celah tentunya kita gak bakal bahas itu, intinya semakin lo sering memecahkan masalah semakin minimal bug/kesalahan yang akan lo dapat.


3. Siap pusing kalau error
Pusing? yap, obatnya? solving error itu sendiri,
gak ada obat yang bisa nyembuhin "kepusingan" seorang programmer selain mecahin error itu sendiri, bersyukur kalau mendapat error karena lo bakalan sering terlatih.


4. Banyakin refrensi
Di era modern seperti ini refrensi bukanlah suatu masalah banyak yang bisa kita temui ex : search engine, forum, buku, dll. beda dengan jaman dulu yang notabene nya minim refrensi.
Refrensi gak harus tertulis loh belajar dari guru,teman atau senior lebih mempercepat proses belajar kita.


5. Kalau ada error jangan cepet2 cari di google
Ada quote "Semakin banyak nanya, semakin banyak tau" ya itu sih gak salah, tapi bukan alangkah lebih baik try first atau mencoba dulu? kalau mentok ya baru cari google, kalau tetep mentok? ya berserah diri aja barangkali dapet ilham waktu ngelamun emoticon-Stick Out Tongue.


6. Ketik kode lo sendiri!
Ini yang paling penting, ang dimaksud ketik kode lo sendiri disini adalah disaat lo belajar dengan mengikuti tutorial jangan lo copas kodenya tapi lo ketik sendiri, dengan begitu lo bakalan terbiasa dengan struktur bahasa program dan juga meminimalisir typo atau kesalahan penulisan, karena salah 1 titik aja lo bakalan dapet error yang bejibun.



7. Fokus dengan 1 Bahasa pemograman dulu
Fokus itu penting lo gak perlu muluk muluk pingin hatam belajar semua bahasa pemograman karena di dunia pekerjaan pun lo bakal bekerja dengan tim, yang harus lo lakukan fokus dengan 1 bahasa pemograman setelah bener bener hatam baru lo bisa lanjut ke bahasa pemograman yang lainnya, karena hal yang dikerjakan sekaligus hasilnya gak bakal sesempurna lo pelajarin 1 bahasa dulu.

Kalau lo ngerasa udah siap dengan yang gw jelasin diatas ya silahkan lo masuk ke dunia pemograman, sedikit sharing dari gw banyak bahasa pemograman yang bisa lo pilih tergantung minat lo pingin ngembangin aplikasi/web, kalau lo pingin ngebuat web lo bisa mulai dengan belajar bahasa pemograman HTML, kalau lo pingin membuat aplikasi desktop lo bisa pelajarin visual studio atau lo punya cita-cita ngebuat game android? lo bisa pelajarin bahasa pemograman java pakai android studio,

Sekian postingan gw kali ini mudah mudahan bermanfaat tunggu artikel dari gw selanjutnya tentang dunia pemograman dan teknologi yaa.

Sumber Blog Ane

Tips dari agan-agan :
Quote:


Quote:

Quote:


Quote:


Yang mau nambahin silahkan gan ntar ane page one

ditunggu komentarnya nya ya gan jgn jadi SR aja

Mampir Ke thread dan artikel ane yang lain.
Ini Cara Dosen Mengecek Tugas Kuliah Yang "Copas"
Cara Ampuh Mengatasi Cantengan Pada Kaki
Miris : Pengakuan Cewek SMP Tentang Pergaulan Bebasnya
Gara-gara Facebook Rumah Tangga Ibu Ini Hancur
Insiden-insiden Akibat Bermain Pokemon-GO
Mengenal Phising Lebih Lanjut + Pengalaman Ane Membuat Situs Phising
Apa Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Programming?
Para Pesulap Yang Tewas Saat Melakukan Atraksinya
Salah Paham Tentang Kecepatan Internet Yang Harus Kamu Tau!
Profesor AS Ciptakan Software 'Pembasmi' Teroris
11 Pekerjaan Terunik di Google
10 Cerita Dibalik Kehadiran Produk Teknologi Modern
Beberapa Eksperimen Gila dan Menakutkan yang Pernah Dilakukan
7 Alasan Mahasiswa Kuliahnya Lama
Insiden-insiden Akibat Bermain Pokemon-GO
Diubah oleh aldygantengbgt 26-07-2016 08:08
0
45.9K
424
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.