Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vrohorvAvatar border
TS
vrohorv
Benarkah Orang Indonesia Pilih Kasih Sama Orang Asing?
Isu diskriminasi antara warga lokal dan warga asing di Indonesia sejak dulu memang gak pernah ada habisnya. Bahkan di Internet sudah banyak bertebaran curhatan orang-orang yang dapat perlakuan gak mengenakkan di negeri sendiri. Ada yang “diusir” dari restoran mewah yang banyak dikunjungi turis, ada yang harus melewati pemeriksaan keamanan gedung yang ketat sementara para bule dibiarkan nyelonong begitu saja, dan masih banyak lagi kisah-kisah memprihatinkan lainnya.




Nah, bagaimana dengan isu diskriminasi di lingkungan kerja?



Kalau Agan masih ingat, dulu dunia penerbangan pernah ramai dengan berita ancaman mogok para pilot lokal yang protes lantaran gaji mereka lebih rendah dari pilot asing. Hal ini dibantah oleh pihak maskapai yang kemudian memaparkan perbandingan gaji antara pilot lokal dan pilot asing.

Quote:


Kalau kita perhatikan tabel gaji pilotlokal dan asing di atas, memang gaji pokok pilot asing lebih tinggi, tapi sebenarnya nilai tunjangan atau benefitnya tetap jauh lebih besar pilot lokal. Salah satu keuntungan para pilot asing ini cuma di tunjangan rumah, yang bisa dibilang wajar mereka terima.

Isu ini pun gak cuma terjadi di lingkup penerbang aja, Gan, tapi juga dialami para karyawan di perusahaan lain. Terutama perusahaan asing yang mempekerjakan tenaga ekspatriat.


Quote:



Quote:


Kalau penasaran sama perusahaan-perusahaan yang punya isu ketidaksetaraan karyawan lokal dan ekspatriat, silakan Agan lihat komentar karyawannya di sini.

Terkait masalah di atas, Managing Director Kelly Services Indonesia, Bernadette Themas pun angkat bicara:


Quote:


Mungkin sebelum kita menarik kesimpulan tentang perbedaan perlakuan terhadap warga asing, ada baiknya kita pahami baik-baik dulu kondisinya. Selama penerapannya masih sesuai hukum yang berlaku, maka harusnya hal ini masih bisa ditoleransi. Contohnya, dalam hal pembayaran gaji pekerja ekspatriat seperti yang sudah tertulis dalam Undang-Undang.



Akan tetapi, lain ceritanya kalau perbedaan perlakuan ini disebabkan karena mindset kita yang salah. Saking segannya dengan orang asing, kita malah benar-benar menempatkan diri lebih rendah dari mereka. Padahal, skill dan pengetahuan yang kita miliki belum tentu kalah dari mereka lho! Lagipula, menghormati tamu tidak harus dengan cara merendahkan diri sendiri seperti itu, bukan?

So, gimana pendapat Agan tentang isu ini? Apa ada yang pernah punya pengalaman berkaitan dengan diskriminasi warga lokal dan warga asing? Share di bawah ya, Gan! Yang oke ane tampilin di pejwan.
emoticon-2 Jempol

Spoiler for Pesan-pesan:

0
3K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.