official.lion.air.groupAvatar border
TS
official.lion.air.group
Pesawat Mau Tua atau Muda, yang Penting Performancenya!




Beda Mobil sama pesawat Gan!
Sebenarnya pernyataan mengenai umur tentang pesawat agak berbeda esensinya sama mobil. Kalo mobil udah tua, ada istilahnya mobil antik, tapi kalo pesawat gak ada istilah seperti itu Gan.
Bagaimana pun juga pesawat itu sebuah alat transportasi yang secara produksi tidak murah. Sehingga diproyeksi dapat digunakan dengan rentan waktu yang sangat panjang.
emoticon-Matabeloemoticon-Matabelo





Pesawat itu memiliki tahapan maintenance sesuai dengan jam terbangnya Gan, tujuannya agar performanya tetap terjaga walaupun sudah terbang lebih dari 10.000 Jam.
Beberapa maskapai penerbangan dalam negeri sendiri juga menggunakan pesawat yang bisa dibilang sudah tidak muda lagi. Seperti Boeing seri classic 737-300, 737-400, dan 737-500. Dengan maintenance yang ketat dan perawatan yang apik, pesawat-pesawat tersebut masih gagah mengudara di langit Indonesia.
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol


Bahkan beberapa waktu lalu TNI AU (Angkatan Udara) mendapatkan hibah pesawat Boeing seri classic 737-400 dari Lion Air untuk keperluan operasional. Kasau mengatakan selaku instansi pengguna maka TNI Angkatan Udara akan memelihara dan mengoperasikan alutsista udara secara maksimal dan terus mengupayakan agar alutsista yang ada mempunyai usia pakai yang panjang dan mempunyai nilai manfaat tinggi bagi terselenggaranya tugas TNI Angkatan Udara dimasa kini maupun dimasa mendatang, termasuk Boeing 737-400 dari PT.Lion Group ini, ujar Kasau.





Sebelumnya Gan, pesawat Boeing 737-400 ini digunakan oleh Lion Air untuk rute-rute domestic Lion Air dengan kapasitas tempat duduk 168 kursi. Pesawat Boeing 737 seri 400 merupakan pesawat narrow body dengan mesin ganda jenis CFM56-3C1 dan kapasitas jarak tempuh short to medium range sehingga menjadikan pesawat pilihan maskapai penerbangan baik di dalam maupun di luar negeri.
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star


Pesawat ini Gan sebelumnya memiliki registrasi PK-LIW dengan nomor seri 24684 merupakan pesawat Boeing 737 seri 400 buatan tahun 1990 pertama kali dioperasikan Lion Air pada 13 Juni tahun 2006. Penandatanganan serah terima pesawat Boeing 737-400 PK-LIW menjadi A-7308 ditandatangani Direktur Utama PT Lion Group Edward Sirait dengan Aslog Kasau Marsda TNI M.Nurullah.





Jadi udah jelas kan Gan, pesawat yang memiliki umur sudah terihitung tua bukan berarti tidak aman. Asalakan maintenance dan perawatannya ketat dan teratur, pesawat tersebut masih mampu dan layak untuk beroperasi. Anggapan-anggapan bahwa pesawat tua itu berbahaya, tergantung pada proses perawatannya Gan.
emoticon-Toast emoticon-Toast





zharki
zharki memberi reputasi
1
15.6K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.