BeritagarID
TS
MOD
BeritagarID
Duka Persib dan bobotoh untuk Muhamad Rovi

Foto ilustrasi menampilkan aksi para bobotoh mendukung Persib Bandung.
Tagar #BobotohBerduka mencuat dalam Tren Twitter Indonesia, Senin pagi (24/10). Tagar itu merujuk pada kabar duka yang menimpa bobotoh--sebutan untuk pendukung setia klub sepak bola Persib Bandung.

Seorang bobotoh bernama, Muhammad Rovi alias Omen, meninggal dunia, karena menjadi korban pengeroyokan saat hendak menyaksikan laga antara Persib kontra Gresik United--kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016--di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Sabtu (22/10).

Kronologi peristiwa bermula saat Omen dan dua orang kawannya--mereka berdomisili di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat--berkendara dengan sepeda motor untuk menyaksikan tim kesayangan mereka berlaga. Dalam perjalanan, persisnya di Jalan Pintu 10 Jababeka, Cikarang, mereka diadang puluhan orang.

Sekelompok orang itu lantas melempari Omen dan dua orang temannya, dengan helm dan batu.

"Ada sekitar 50 orang, ada yang beratribut The Jakmania (nama pendukung Persija Jakarta), melempar mereka dengan helm, tepatnya di pintu 10 Jababeka. Almarhum yang berada di posisi paling belakang pun terjatuh, dan sempat terseret motor," kata Wakil Ketua Koordinator Viking Cikarang Barat, Anggi Priatna, dilansir CNN Indonesia.

Karena terjatuh, korban yang masih berstatus pelajar kelas tiga Sekolah Menengah Pertama itu menjadi sasaran amuk massa. Sementara dua temannya yang lain menyelamatkan diri. Mereka baru kembali untuk menjemput Omen setelah para pelaku kabur.

Dalam kondisi luka-luka, Omen sempat dibawa ke rumah sakit, tapi maut tak bisa ditawar. Dia megembuskan napas dalam perjalanan. Menurut Anggi, tidak ada luka tusukan di tubuh korban--membantah kabar yang beredar di media sosial.

"Korban diduga tewas akibat pukulan benda tumpul yang menghantam beberapa bagian tubuhnya," kata dia.

Dari situs Bobotoh.id, terjelaskan bahwa Omen tidak terdaftar sebagai anggota Viking Cikarang Barat, kelompok suporter resmi di wilayah Cikarang. Meski demikian, Omen berdomisili di Desa Telaga Asih, Kampung Babakan. Tak berjauhan dengan markas Viking Cikarang Barat.

Kabar duka meninggalnya Omen bikin netizen berduka. Ucapan duka, terutama dari sesama pendukung Persib, mengalir di media sosial.

Akun Twitter, @Luthfidennis menyebut kasus ini sebagai sebuah risiko bagi para pendukung yang tinggal di daerah perbatasan. "Risiko tinggal di perbatasan. Jadi tolong hargailah Kami yang tetap setia mendukung Persib #BobotohBerduka," tulisnya.

Wilayah yang dimaksud adalah perbatasan antara DKI Jakarta dan Jawa Barat, macam Cikarang. Selama ini, ada rivalitas antara pendukung sepakbola dari Persija Jakarta (DKI) dan Persib Bandung (Jawa Barat). Pun kasus kekerasan antara dua kelompok suporter itu bukan sekali saja terjadi.

Beberapa akun lain mendesak Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dan kepolisian agar mendorong penyelesaian kasus ini.

Selain itu muncul pula solidaritas berupa penggalangan dana untuk keluarga korban. Berikut belasungkawa netizen atas meninggalnya Omen.
Semoga kau tenang disana sodaraku :") #BobotohBerduka [URL="https://S E N S O RkGPg339Agk"]pic.twitter.com/kGPg339Agk[/URL]
— Hidayat (@hidayat_DPZ) October 24, 2016 Segenap Manajemen & Tim #PERSIB turut berduka cita atas meninggalnya seorang Bobotoh, M. Rovi Semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT [URL="https://S E N S O RyqQAXpBsZf"]pic.twitter.com/yqQAXpBsZf[/URL]
— PERSIB (@persib) October 24, 2016 Innalillahi... selamat jalan kawan Muhammad Rovi bobotoh cikarang yg menjadi korban kebrutalan! Semoga engkau tenang disana #BobotohBerduka
— PERSIBONLINE (@persibonline) October 24, 2016 Agama punya hukum.Negara juga punya hukum.Percayakan kepada Tuhan dan Negara #BobotohBerduka #UsutTuntas @imam_nahrawi
— Viking Jombang™ (@VikingJombang) October 24, 2016 Pa @imam_nahrawi klub sepakbola yg suporternya anarkis, apalagi ada korban jiwa, harus dicoret dari kompetisi PSSI, spy jera #BobotohBerduka
— burahay (@budi_rh_tamsyah) October 24, 2016 To our comrades! Perwakilan VPC akan mengunjungi rumah keluarga korban hari ini dan untuk donasi bisa melalui transfer bank Mandiri A/N Budi Hermawan (Ketua Viking Bekasi) 156 001 0057 109 #Persib #Bobotoh #BobotohBerduka #VikingPersibClub
A photo posted by Viking Persib Club (@officialvpc) on Oct 23, 2016 at 7:44pm PDT

Di sisi lain, akun @Jakmania_CKR (Jakmania Cikarang) membantah bila ada anggota mereka yang melakukan pengeroyokan terhadap Omen. Mereka menyebut bahwa peristiwa itu murni kecelakaan, dan turut berduka karenanya.
Kami klarifikasikan bahwa tidak ada satupun anggota kami yang melakukan pengeroyokan ataupun hal-hal yang merugikan the jakmania.
— Jak Cikarang Raya (@Jakmania_CKR) October 24, 2016
Sebagai catatan, selama laga Persib dan Gresik United, terjadi pula satu insiden kekerasan lainnya.

Adalah Suhada (18), warga Kampung Blokang RT 02/05, Desa Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, menjadi korban pengeroyokan. Dia harus mendapat empat jahitan di bagian kepala, matanya lebam, dan bibirnya pecah. Konon, Suhada menjadi korban pengeroyokan dari sejumlah oknum bobotoh.

Selama ini, rivalitas pendukung Persija dan Persib juga kerap memakan korban, mulai dari luka-luka hingga nyawa. Satu contoh kasus adalah meninggalnya Rangga Cipta Nugraha. Dia tewas pada 27 Mei 2012, usai menonton laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...k-muhamad-rovi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tudingan Jessica pada pembelaan terakhirnya

- Sayembara memburu tikus di Jakarta

- Temulawak dan tolak angin RI-1

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
22K
36
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Beritagar.id
Beritagar.id
Beritagar.id
icon
13.4KThread719Anggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.