Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

azriel_bahrieAvatar border
TS
azriel_bahrie
KM Lambelu Kandas, Ratusan Penumpang Dievakuasi
KM Lambelu Kandas, Ratusan Penumpang Dievakuasi


Ratusan penumpang KM Lambelu yang kandas di perairan Tanjung Pasir, Kota Tarakan, Kalimantan Utara sejak Sabtu (22/10) malam mulai dievakuasi. Jumlah penumpang yang berada di kapal milik PT Pelni tersebut sebanyak 649 orang, namun yang akan turun di Kabupaten Nunukan sebanyak 337 orang yang sebagian besar adalah tenaga kerja Indonesia (TKI) asal NTT, Sulsel dan Sulbar yang akan bekerja di Negeri Sabah, Malaysia.

Sebanyak 191 penumpang KM Lambelu tujuan Nunukan Senin pagi pukul 05:30 Wita tiba di Dermaga Sungai Jepun dengan menumpang KM Manta sementara yang masih diatas kapal masih ada 141 penumpang. Sebanyak 337 penumpang dilaporkan akan turun di pelabuhan Tunon Taka Nunukan sementara sebanyak 309 penumpang akan turun di pelabuhan Parepare, pelabuhan Makasar, dan pelabuhan Larantuka. Sementara sebanyak 70 penumpang dilaporkan minta dievakuasi ke Pelabuhan Malundung Tarakan.

KM Lambelu kandas di perairan dangkal saat menghindari kapal tongkang yang mengangkut batubara. Saat ini, kapal hanya berada di ketinggian 3 meter dari dasar laut dan tidak jauh dari bibir pantai Perairan Tarakan. Insiden ini berawal saat KM Lambelu melintas, ternyata tanpa terpantau radar, KM Lambelu nyaris bersenggolan dengan tugboat yang sampai sekarang belum diketahui identitasnya, setelah kedua kapal berada pada alur pelayaran yang sama.

Kapten Sukartiyo yang menakhodai KM. Lambelu mengaku sempat memanggil nahkoda tugboat melalui radio komunikasi, namun tidak ada jawaban. Karena tak ada respon, nahkoda KM Lambelu ini langsung mengambil inisiatif mengalihkan haluan ke sisi kiri demi menghindari terjadinya benturan dengan tugboat. Namun, KM Lambelu justru kandas di daerah gusung atau karang sekitar pukul 03.15 Wita.

KSOP Kelas II Tarakan bersama Satuan Polisi Air (Polair) Polres Tarakan sempat memberikan pertolongan dengan meminta bantuan sejumlah tugboat yang melintas untuk menarik KM Lambelu keluar dari perangkap gusung. Namun upaya tersebut sia-sia karena kondisi air yang surut.

Salah satu penumpang penumpang KM Lambelu, Abdul Rauf, mengaku sebagian besar barang penumpang masih tertinggal di kapal. PT Pelni sejauh ini juga telah memberikan kompensasi kebutuhan makan dan kebutuhan layanan kesehatan bagi penumpang KM Lambelu yang berada di atas kapal selama kandas.

KM Lambelu Kandas, Ratusan Penumpang Dievakuasi


Rencananya hari ini, Senin 24 Oktober 2016, sisa penumpang tujuan Nunukan yang masih tertinggal di KM Lambelu sebanyak 141 yang masih kandas di perairan Tanjung Pasir akan di evakuasi ke Nunukan dengan menggunakan speedboad.

Sumber:
ANTARANEWS
prokal.co
KOMPAS.COM
Diubah oleh azriel_bahrie 24-10-2016 03:28
0
2.1K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.