ragilapAvatar border
TS
ragilap
Mendaki Gunung, Hobi Mahal Yang Dikira Murah


Halo agan/aganwati. Ini adalah thread pertama ane di Kaskus. Mohon disambut dengan cinta emoticon-Peluk

Ane mau ngabahas tentang kegiatan mendaki gunung yang kayaknya semakin rame aja. Hampir setiap hari di sosial media ada teman-teman yang pamer foto gunung. Ane juga sering sih emoticon-Malu

Barangkali masih banyak orang yang mengira bahwa mendaki gunung adalah hobi yang murah. Tinggal modal fisik yang kuat dan nyawa, lalu jadi. Tidak seperti itu juga gan/sis.

Mendaki gunung sebenarnya termasuk hobi yang lumayan mahal. Kalau tidak percaya, coba kalkulasikan berapa total uang yang harus dikeluarkan untuk membeli seluruh peralatan standard seperti carrier, sleeping bag, tenda, cookset, sepatu serta outfit. Kita memang bisa menyewa beberapa peralatan, namun kalau mendaki gunung sudah kita jadikan sebagai hobi, rasanya akan semakin afdol kalau kita memiliki peralatan sendiri.

Ongkos yang kita keluarkan untuk mendaki tidak berhenti pada peralatan saja. Saat mendaki kita tentu juga membutuhkan ongkos perjalanan.

Pertanyaannya, seberapa mahal sih mendaki gunung itu?.

Mari kita bahas satu-satu. Kita akan membahas beberapa harga peralatan standard mendaki serta perkiraan ongkos transport. Supaya lebih mudah, kita akan menggunakan sebuah studi kasus perjalanan dari Jakarta ke Gunung Semeru di Jawa Timur. Cekidot.

#Peralatan

Mendaki gunung bukan sebuah perjalanana biasa. Selain dibutuhkan fisik yang prima, kita juga membutuhkan perlengkapan yang memadai. Perlengkapan mendaki sendiri terkenal dengan harganya yang mahal. Itulah kenapa ada banyak rental yang menyewakan berbagai perlengkapan mendaki. Karna memang tak semua pendaki punya perlengkapan sendiri.

Semakin terkenal sebuah merk perlengkapan mendaki, biasanya harganya juga akan semakin mahal karna merk yang terkenal kwalitasnya memang sudah teruji. Perlengkapan standard yang akan kita bahas di sini adalah:

  1. Carrier
  2. Tenda
  3. Sleeping bag
  4. Sepatu
  5. Jaket
  6. Nesting
  7. Kompor
  8. Matras


Beberapa perlengkapan lain seperti senter, gaiter, serta ponco sengaja tidak kita bahas karna sifatnya adalah opsional (meskipun sebenarnya juga penting).

1. Carrier
Quote:


2. Tenda

Quote:


3. Sleeping bag

Quote:


4. Sepatu

Quote:



5. Jaket
Quote:



6. Nesting

Quote:


7. Kompor

Quote:


8. Matras
Quote:



Total

Quote:



#Ongkos transport


Quote:


Sumurnya ada di mari gan.
0
25.2K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.