Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

enggakbisabaca2Avatar border
TS
enggakbisabaca2
Bahayanya Patah Hati Bagi Kesehatan Kita Gan!


Spoiler for Intro:





PATAH HATIemoticon-breakheart

Spoiler for breakheart:



Ternyata sensasi yang agan rasakan akibat patah hati ini ada alasannya dan tidak selalu berhubungan dengan kondisi mental. Tapi ada hormon dalam tubuh yang berperan menimbulkan rasa sakit tersebut.

Naomi Eisenberger, PhD dari University of California mengatakan, ketika putus hubungan dengan seseorang, otak sulit mengatasinya sendirian. Akibatnya, otak akan mengirimkan sinyal-sinyal ke tubuh untuk memberitahu bahwa yang agan alami saat itu adalah rasa sakit.

Seperti dikutip dari Female First, otak kita memiliki banyak hormon seperti oksitosin dan dopamin, yang merupakan hormon pembangkit rasa bahagia. Ketika seseorang merasa sedih atau marah, otak akan terganggu dan dua hormon tersebut akan pergi. Meninggalkan hormon stres di otak.

Dan ketika stres, otak akan mengirimkan kortisol dan epinephrine, hormon yang menimbulkan reaksi perlawanan dan melarikan diri. Reaksi ini bekerja maksimal jika agan berada di situasi yang mengancam. Misalnya terjebak di kerusuhan atau bertemu rampok, hormon kortisol akan memicu otot untuk bergerak demi menghindarinya. Tapi saat sakit hati, agan harus melarikan diri dari siapa? Tidak ada wujud nyatanya.

Oleh karena itu, hormon kortisol akhirnya 'lari' ke dada, membuat dada membengkak dan akhirnya timbul rasa sakit dan menekan. Hormon ini juga membuat aliran darah ke perut tidak lancar. Itulah sebabnya orang yang patah hati cenderung tidak enak makan. Tidak hanya itu, patah hati juga menyebabkan tubuh lebih 'rapuh' sehingga Anda lebih mudah terkena flu, pilek atau demam. 


Spoiler for Tips:



Lalu Apakah Berbahaya Dada Merasa Sakit Saat Patah Hati? Selain Dapat Menyebabkan Flu,Pilek,Dan Demam?


Spoiler for ?:


Risiko terkena serangan jantung akibat kesedihan mendalam dan sakit hati ini biasanya paling banyak ditemukan pada mereka yang berusia 30 tahun. Diyakini bahwa karena rasa sakit tersebut menyebabkan berlebihnya produksi hormon stres saat itu. Selain mengakibatkan masalah pada jantungnya, orang yang sakit hati terlalu dalam bisa menyebabkan orang tersebut kehilangan akal sehatnya dan menjadi stres. Stres yang timbul biasanya karena adanya tekanan dalam diri orang tersebut dan rasa kesepian.

Sebuah penelitian dari Universitas Duke yang diterbitkan di New England Journal of Medicine (2005) telah menunjukkan bahwa tingkat hormon stres yang berlebihan, terutama adrenalin seperti zat-zat yang beredar di dalam darah akan 3 - 4 kali meningkat dan berisiko terkena serangan jantung. Stres luar biasa diyakini sebagai suatu penyebab. Dan kondisi ini ternyata dapat mengurangi kemampuan jantung untuk memompa darah. Untungnya, sebagian besar penderita mampu bangkit dan memulihkan penyakit tersebut. Namun tetap saja syndrome tersebut tidak boleh dianggap remeh.


Bagaimana Cara Mengobatinya?

Sedikit tips dari saya


1.Sibukkan Diri Agan

Spoiler for busy:


Jangan terlalu di bawa larut sampai-sampai kesehatan kita tertanggu kita juga semua bakal tau sesuatu yang hilang pasti bakal ada gantinya kembali dan pasti jauh lebih baik.
Sibukkan lah diri agan,ntah itu dengan tugas-tugas kuliah,pekerjaan agan,main game juga bisa.
Sehingga sedikit demi sedikit apa yang agan pikirkan atau sesalkan bakal hilang seiring berjalannya waktu.

2.Berliburlah Ke Tempat Yang Menyenangkan

Spoiler for holiday:


Pilihla tempat hiburan yang asik dan belum pernah sama sekali agan kunjungi agar mood dan hati kita kembali senang dan tenang.
Berlibur juga bisa menambah pengalaman baru kita, usahakan bawa teman atau sahabat agan biar berliburnya semakin seruemoticon-Traveller



3.Curahkan Isi Hati Agan Dengan Menulis


Spoiler for Menulis:


Jikan agan kreatif,mungkin agan bakal berfikir untuk menulis semua kesedihan,keluh kesah,dan keputusasaan.
Buatlah beberapa puisi yang dapat membuat perasaan agan senang. Jika puisi agan bagus, agan bisa mengikuti lomba-lomba kecil untuk memamerkan puisi agan tersebut.
Setelah agan sering menulis dan mengikuti lomba,mungkin agan bisa melupakan kesedihan agan sendiriemoticon-Malu


4.Beri Rasa Terima Kasih Kepada Orang Yang Menyakiti Kita

Terkadang yang ngebuat kita membenci seseorang karena dia pernah menyakiti kita,tapi ingat jika kita semakin membenci orang tersebut itu juga tidak bakal menghilangkan rasa sakit yang di beri ke kita.
Berterima kasihla kepadanya,Kenpa?, berkat dia kita bisa belajar banyak bagaimana menjadi orang yang sabar dan berkat dia kita bisa mengerti bagaimana sakitnya ketika kita di jatuhkan sehingga kita tidak bakal melakukan hal itu ke orang lain nantinya.



Spoiler for kesimpulan:



Sekian trit dari saya gan semoga bermanfaatemoticon-Big Grin




Spoiler for Sumber Info dan Gambar:


Assalamualaikum
Diubah oleh enggakbisabaca2 22-10-2016 15:36
0
1.9K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.