Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

claracathouseAvatar border
TS
claracathouse
Batu Nasional "lesu" beberapa faktor penyebab
SALAM GEMSLOVERS

Menurut Juragan, kenapa sih orang pada ribut ngomongin batu skrg lg pada sepi pembeli?

Kalo menurut ane, ini gan kira2 kenapa batu sekarang terasa "lesu" dibandingin dengan 1-3 thn yg lalu. Padahal kl di bandingin dgn 5 thn yg lalu, skrg ne jauh masih sangat lumayan. Karena ada beberapa hal yg mendasari mengapa bisnis batu skrg terasa sepi...cekibrooot...

Owy sebelum itu ane mau negasin ya gan, ini hanya faktor, jd jgn ditabrakin sama selera konsumen (murah dan berkualitas) ane jg konsumen....piss

Menurut ane gan, penyebab turunnya minat masyarakat terhadap batu akik, karena harga sedang anjlok di pasaran. Berbagai jenis batu banyak dibuat cincin oleh masyarakat, meskipun ada pakem-pakem tertentu yang dikatakan sebagai batu akik. Harga tidak bisa dijaga di posisi stabil, sehingga kelas akikpun semakin menurun. Karena faktanya, barang yg mahal itu, cenderung terkesan berkelas dan Identik dengan kepercayaan diri sang pemakai.

Penyebab lainnya, karena spekulasi yang sangat tinggi oleh pelaku-pelaku batu pemula. Mereka membeli dengan harga tinggi namun kemudian harga jualnya rendah. Karena tidak ingin harga semakin terjun bebas, maka dijual dengan harga miring.

“pendatang baru di dunia perbatuan yang merusak kondisi pasar saat ini"

Selain itu gan, penambangan batu mulia saat ini dilakukan besar-besaran oleh masayarakat. Berbeda dengan dulu yang dilakukan oleh kalangan tertentu. Sehingga produksi batu juga tetap terkendali dan permintaan pasar selalu tinggi, krna ketersediaan barang baku terbatas.

Namun, kondisi pasar batu akik diprediksi akan kembali normal ketika pemain-pemain baru sudah pergi dari pasaran. Batu akik yang memiliki ioni, akan kembali diminati oleh masyarakat.

Semoga Batuan Nasional bisa bangkit lagi ya gan....
Owy, ini hanya sekedar sharing ya gan, kl misal kurang sepaham dsb, mari kita diskusikan bersama....Salam Hormat...
0
12.8K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gemstone
GemstoneKASKUS Official
404Thread662Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.