Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xibaotaiAvatar border
TS
xibaotai
Bekasi Siap `Perang` dengan Pusat Soal Jalur Tol Becakayu


Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, bersikukuh ingin trase ruas jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) tidak melintas di ruas Jalan Ahmad Yani. Pemkot Bekasi menganggap perlintasan itu akan merusak keindahan kota Bekasi.


"Saya akan menemui Pak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, rumahnya di Bekasi ini," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Rabu, 19 Oktober 2016. Basuki memang tinggal di Perumahan Pengairan di Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu.


Menurut Rahmat, jika dipaksakan jalan tol tersebut melintas di Jalan Ahmad Yani, estetika Kota Bekasi akan hancur. Karena itu, pihaknya menolak keras rencana itu. Bahkan, pemerintah daerah siap 'perang' dengan pusat.

Kepala Bidang Fisik pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi, Dadang Mulyana mengatakan, peluang mengubah trayek pada trase kedua pembangunan tol tersebut cukup besar. Soalnya, hingga saat ini pemerintah pusat belum melakukan pembebasan lahan di ujung utara Jalan Ahmad Yani.

"Lahan ini milik Summarecon, sedangkan di sana juga sudah ada fly over," kata dia. Karena itu, pihaknya meyakini bahwa pemerintah pusat bersedia mengubah trase yang sudah diputuskan tersebut. Pemerintah daerah menawarkan trase diubah ke Jalan Kemakmuran atau belakang Kantor Wali Kota Bekasi hingga ke Ganda Agung, Bekasi Timur.


Ia mengatakan, trase alternatif ini cukup menguntungkan pemerintah pusat sebab pemerintah pusat tak perlu mengeluarkan anggaran pembebasan lahan. Lahan alternatif yang ditawarkan itu merupakan milik pemerintah.

Dadang mengatakan, pemerintah daerah melalui Dinas Tata Kota Bekasi telah berulang kali melayangkan surat pengalihan trase itu. Namun surat tersebut tak pernah dibalas oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Kami juga sudah sowan ke pelaksana proyek, namun mereka masih fokus terhadap pembangunan pada seksi I," kata dia.


Ruas tol Becakayu memiliki panjang 21 kilometer. Fase pertama sepanjang 11,8 kilometer dari DI Panjaitan sampai Jakasampurna, Bekasi Barat, Kota Bekasi. Fase kedua dari Jakasampurna, Bekasi Barat sampai Jalan Raya Ganda Agung, Bekasi Timur sejauh 9,2 kilometer belum dimulai.

https://m.tempo.co/read/news/2016/10...r-tol-becakayu

MASA DEMI ENAK DIPANDANG MATA HARUS MENGORBANKAN PEMBANGUNAN DAN KELANCARAN PUBLIK emoticon-Cape deeehh
Diubah oleh xibaotai 20-10-2016 06:01
0
16.7K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.