Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

asdwarAvatar border
TS
asdwar
dinding
Dinding adalah suatu struktur padat yang membatasi dan kadang melindungi suatu area. Umumnya, dinding membatasi suatu bangunan dan menyokong struktur lainnya, membatasi ruang dalam bangunan menjadi ruangan-ruangan , atau melindungi atau membatasi suatu ruang di alam terbuka. Tiga jenis utama dinding struktural adalah dinding bangunan, dinding pembatas ( boundary ), serta dinding penahan ( retaining ).
Dinding bangunan memiliki dua fungsi utama, yaitu menyokong atap dan langit-langit , membagi ruangan, serta melindungi terhadap intrusi dan cuaca . Dinding pembatas mencakup dinding privasi, dinding penanda batas, serta
dinding kota . Dinding jenis ini kadang sulit dibedakan dengan pagar . Dinding penahan berfungsi sebagai penghadang gerakan tanah ,
batuan , atau air dan dapat berupa bagian eksternal ataupun internal suatu bangunan.

Jenis dinding :

1. Dinding Partisi : Dinding ringan yang memisahkan antar ruang dalam. Terbuat dari gypsum, fiber, tripleks atau Duplex

2. Dinding Pembatas : Untung menandakan batas lahan. Atau bisa disebut dinding Privasi

3. Dinding Penahan : Digunakan pada tanah yang berkontur dan dibutuhkan struktur tambahan untuk menahan tekanan tanah.

4. Dinding Struktural : Untuk menopang atap dan sama sekalitidak menggunakan cor beton untuk kolom. Konstruksinya 100% mengandalkan pasangan batubata dan semen

5. Dinding Non-Struktural : Dinding yang tidak menopang beban, hanya sebagai pembatas apabila dinding di robohkan, maka bangunan tetap berdiri. beberapa material dinding non-struktural diantaranya seperti batu bata, batako, bata ringan, kayu dan kaca.

dinding



Membuat Dinding yang Kuat dan Aman

Dinding merupakan pelindung sebuah rumah yang sekaligus pembatas antara lingkungan di dalam rumah dengan lingkungan diluar rumah.Agar menjadi pelindung yang baik,dinding harus didesain kuat dan aman. Agar kekuatan struktur dinding bangunan rumah terjamin,terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat membangun.

1. Gunakan pola susunan bata yang benar.
Sebuah dinding yang kuat haruslah memenuhi beberapa standar baku.Salahsatunya adalah standar penyusunan batubata sebagai bahan utama pembentuk dinding.Pola pemasangan bata untuk dinding yang benar adalah dengan ketebalan minimal 1/2 bata untuk non struktural dan 1 bata untuk struktural. Hal ini sesuai dengan standar Peraturan Bahan Bangunan Indonesia NI-3 dan NI-10

2. Pilih struktur baja ringan yang bermutu tinggi
Dinding dengan struktur baja ringan saat ini mulai banyak digunakan untuk bangunan rumah.Jika menerapkan struktur ini,pilihlah jenis baja ringan yang bermutu tinggi.Baja ringan yang bermutu tinggi high tensile atau cukup disebut hi-ten terdiri dari 55% lapisan aluminium;43,5% zinc;dan 1,5% alloy.Struktur ini tidak hanya menggantikan fungsi dinding,tetapi juga menggantikan fungsi kolom.Selain itu,struktur ini juga dapat mendukung beban struktur yang ada diatasnya.

3. Buat dinding yang tahan gempa dan anti rayap
Saat terjadi gempa,ada kemungkinan dinding akan hancur akibat terjadinya guncangan.Oleh karena itu,bangunlah dinding dengan struktur yang kuat. Dinding dengan struktur baja ringan mutu tinggi bisa dijadikan alternatif solusi. Dinding ini bisa menahan daya dukung tanah yang tidak stabil.Selain itu,struktur jenis ini juga lebih aman dari serangan rayap.Serangan rayap bis membuat dinding menjadi rapuh.

4. Bangun dinding dengan campuran beton yang tepat.
Salah satu ciri dinding yang kurang bagus adalah kopong dan mudah rapuh.Agar dinding tidak mudah rapuh maka campuran beton yang digunakan pun harus tepat. Campuran beton untuk dinding yang tepat adalah 1 : 2 (artinya satu bagian semen dan dua campuran pasir.Campuran beton ini bisa digunakan untuk ikatan antarbatu bata.

5. Hindari retak rambut pada dinding.
Terjadinya retak rambut pada dinding bisa disebabkan oleh elastisitas plesteran yang kurang baik. Bila tidak ditanggulangi,retak rambut bisa menyebabkan dinding menjadi keropos sehingga mengalami perlemahan. Langkah sederhana untuk meminimalisasi retak rambut adalah dengan cara memercikkan air terlebih dahulu ke dinding sebelum memplester dan mengecatnya.

6. Bebaskan dinding dari serangan jamur
Jamur dapat menghancurkan dan merusak konstruksi bata dan plesteran dinding.Jamur pun dapat membahayakan penghuni rumah bila terisap. Cegahlah jamur pada dinding dengan menggunakan cat khusus anti jamur dan lumut pada saat mengecat dinding.Untuk dinding yang telanjur berjamur,lakukan treatment berikut :

- Bersihkan dinding terlebih dahulu
- Siram dinding yang sudah dibersihkan dengan cairan desinfektan
- Keringkan dinding yang sudah disiram cairan desinfektan.
- Lakukan pengecatan kembali dengan menggunakan cat anti jamur

7. Perkuat dinding dengan kolom praktis,sloof dan ringbalk
Sebuah struktur dinding haruslah mempunyai ikatan dan penahan beban.Untuk itu,keberadaan kolom praktis,sloof dan ringbalok sangat mutlak dalam struktur bangunan rumah.Ketiga bagian tersebut berfungsi untuk mengikat pasangan bata dan menahan atau menyalurkan beban struktur pada bangunan.Daya ikat dan pemasangan ketiga unsur struktur tersebut juga harus benar-benar kuat untuk menjamin keamanan bangunan.


Dinding TERMAHAL Seharga Rp.850 Juta

Kira-kira apa yang akan anda lakukan bila anda mendapatkan uang sebanyak $ 100.000,.?? pasti diantara kalian ada berpikir untuk membeli mobil, rumah, tanah, dll.

dinding



Tapi lain halnya dengan seorang seniman yang berasal dari Jerman Hans-Peter Feldman, seniman ini berhasil memenangkan hadiah dari Hugo Boss pada tahun 2010 sebesar $ 100.000, tapi bukannya membeli rumah atau mobil dia malah menukar uang $ 100.000 dengan pecahan uang $ 1 dan menutupi sebuah dinding dengan uang-uang tersebut.

dinding





Dinding Bersejarah Di Dunia


dinding

1.Dinding Hadrianus

merupakan tembok pertahanan yang berada di Inggris. Bahan dinding tersebut adalah batu dan tanah. Dinding ini dibangun di zaman kekaisaran Romawi dan terbentang sepanjang 80 mil yang berguna untuk memisahkan bangsa Roma dari kaum yang mereka sebut sebagai Barbarian . Pembangunan dinding ini dimulai pada tahun 122 sebelum masehi. Saat ini tembok Hadrianus dijadikan sebagai kawasan wisata di negara Inggris. bagi wisatawan pejalan kaki yang belum berpengalaman, tembok ini dapat ditempuh dengan perjalanan ± 6 hari perjalanan.


dinding

2.Tembok China (The Great Wall)

nationalgeographic / tembok china
Data survey terbaru yang dirilis The State Administration of Cultural Heritage (SACH) atau Badan Administrasi Negara urusan Peninggalan Budaya China dalam situs nationalgeographic.co.id menyebutkan bahwa dinding di China ini ternyata memiliki panjang dua kali lipat. Hasil survey terbaru menunjukkan bahwa dinding Tembok China memiliki panjang 13.171 mil atau 21.196 kilometer. Ini berbeda dengan hasil studi sebelumnya yang diumumkan pada tanggal 18 April 2009 yang menunjukkan panjang 8.850 kilometer. Dalam survei terbaru juga mengidentifikasikan ada terdapat ± 43.721 situs warisan yang terdapat pada tembok ini. Tembok ini dahulu berfungsi sebagai dinding pertahanan yang selesai pada masa Kaisar Qin Shi Huang dan telah mengalami renovasi pada masa Dinasti Ming.


dinding

3.Tembok di Kroasia (Walls of Ston)

Tidak hanya negara Inggris dan China yang memiliki tembok bersejarah, Kroasia pun memilikinya. Tembok yang berlokasi di kota kecil yang bernama Ston, Dubrovnik, di selatan Semenanjung Peljesac ini juga berfungsi sebagai dinding pertahanan. Wilayah Semenanjung Peljesac memiliki penduduk sekitar 2500 sedangkan 600 penduduknya hidup hanya di Ston. Jarak kota kecil Ston dari Dubrovnik hanya 59 kilometer (37 mil). Dahulu Kota Ston merupakan dinding pertahanan militer Republik Ragusan.


dinding

4.Tembok Berlin

Tembok Berlin merupakan dinding yang berfungsi sebagai pembatas yang memisahkan Berlin Barat dengan Berlin Timur. Tembok ini terbuat dari beton yang dibangun pada tanggal 13 Agustus 1961. Pada sepanjang tembok Berlin juga terdapat menara penjaga. Pada hakekatnya tembok ini dibangun untuk mencegah larinya penduduk Berlin Timur ke wilayah Berlin Barat yang berlokasi di wilayah Jerman Barat. Tembok ini menjadi simbol “Tirai Besi” yang memisahkan Eropa Barat dengan Blok Timur pada masa Perang Dingin. Walikota yang berwenang di kota Jerman Barat saat itu —Willy Brandt — mengatakan bahwa Tembok Berlin adalah “Tembok Memalukan”.

Pasca perubahan politik di tahun 1989 pemerintah Jerman Timur mengumumkan bahwa rakyat Jerman Timur diperbolehkan pergi ke Jerman Barat. Dan dinding tersebut mengalami keruntuhan dan kehancuran yang membuat Jerman bersatu. Namun tidak semua Tembok Berlin tersebut hancur. Sisa peninggalan Tembok Berlin masih dapat dilihat di kawasan East Side Gallery yang masih terbentang sepanjang 1 kilometer. Saat ini tembok tersebut penuh dengan lukisan dinding dan para wisatawanpun bisa menikmati peninggalan sejarah tembok tersebut.

dinding

8.Tembok Perbatasan Israel Tepi Barat Palestina

Pada sekitar tahun 2002 bangsa Israel membangun tembok sebagai dinding pembatas antara bangsa Israel dengan negara Palestina. Seperti diketahui bahwa tidak semua di dunia mengakui bangsa Israel adalah sebuah negara.

Tiga negara ASEAN yang tak mengakui bangsa Israel adalah sebuah negara adalah Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Alasan Israel membangun tembok ini adalah guna menanggulangi ancaman bom bunuh diri dari daerah Palestina. Tetapi tembok ini banyak dikecam dunia karena mengganggu kehidupan bangsa Palestina serta dituduh mencaplok daerah yang statusnya belum begitu jelas.

Panjang pemisah ini seluruhnya adalah sekitar 700 kilometer (430 mil) dan dikabarkan pembangunan dinding pemisah ini masih akan terus berlanjut.

sumber : google


Sekian. Semoga HT
Diubah oleh asdwar 19-10-2016 03:56
0
4K
38
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.