Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

topikiniAvatar border
TS
topikini
Petani Solsel Temukan Fosil Binatang Purbakala
Petani Solsel Temukan Fosil Binatang PurbakalaTOPIKINI.COM – Seorang petani di kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat, bernama Rosna, temukan tulang belulang berukuran besar yang telah menjadi batu di areal sawah milikinya. Meski belum ada penelitian, namun diduga tulang itu merupakan fosil binatang purbakala yang telah tertimbun sejak ribuan tahun lalu.

Rosna merupakan warga jorong Balun, nagari Pakan Rabaa Tengah, kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan.

Fosil ini ditemukannya pada kedalaman satu meter saat ia mencangkul sawahnya. Penemuan ini berawal salah satu dari fosil tersebut terkena cangkul, namun awalnya dianggap cuma sebatang kayu.

Kemudian pencangkulan dilanjutkan kembali. Cangkulnya pun kembali membentur permukaan yang keras seperti semula. Penasaran Rosna melanjutkan penggalian hingga menemukan sebuah tumpukan tulang belulang yang telah membatu seperti fosil di dalam tanah itu.

Hingga seluruh fosil itu diangkat, dibersihkan dan disimpan di rumahnya. Sampai saat ini warga sekitar banyak yang berkunjung ingin melihat penemuan fosil itu.

“Saya temukan saat mencangkul mau menanam benih, ternyata tulang besar, tak tau saya tulang apa itu,” kata Rosna kepada Topikini.com Rabu siang (19/10/2016).

Saat ini tumpukan fosil itu disimpan di dalam kamar pribadi miliknya. Selain itu fosil tersebu juga dibungkus kain putih.

Belum ada Arkeolog yang datang meneliti tulang tersebut, untuk melakukan penelitian, karna penemuannya ini baru diungkap Rosna ke media.(Diky Lesmana)SUMBER
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
4.2K
67
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.