Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

oldlady91Avatar border
TS
oldlady91
Cinta Indonesia " Makanan ringan dari Singkong"
Welcom My Thread emoticon-Ultah
ini thread pertama ane sekaligus belajar buat threademoticon-Malu

Nihh Ane kasih Penjelasan sedikit tentang singkong !!!
Singkong sering disebut-sebut sebagai bahan makanan ndesa atau berasal dari kampung. Meski saat ini beraneka ragam usaha makanan yang berbahan dasar singkong mulai menjamur, namun rata-rata usaha tersebut masih bermotivasi untuk “mengangkat derajat” singkong supaya lebih bergengsi. Artinya, singkong masih dianggap sebagai bahan makanan rendahan.
Di mata pemerintah dan masyarakat, singkong pun dianggap sebagai bahan makanan lokal yang perlu digalakkan sebagai bahan makanan pokok alternatif. Istilah bahan makanan lokal juga perlu dicermati, sebab tanaman singkong ternyata bukan berasal dari Indonesia.
Singkong atau cassava (Manihot esculenta) pertama kali dikenal di Amerika Selatan yang dikembangkan di Brasil dan Paraguay pada masa prasejarah. Potensi singkong menjadikannya sebagai bahan makanan pokok penduduk asli Amerika Selatan bagian utara, selatan Mesoamerika, dan Karibia sebelum Columbus datang ke Benua Amerika. Ketika bangsa Spanyol menaklukan daerah-daerah itu, budidaya tanaman singkong pun dilanjutkan oleh kolonial Portugis dan Spanyol.
Di Indonesia, singkong dari Brasil diperkenalkan oleh orang Portugis pada abad ke-16. Selanjutnya singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia sekitar tahun 1810.
Kini, saat sejarah tersebut terabaikan, singkong menjadi bahan makanan yang merakyat dan tersebar di seluruh pelosok Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)

Ide kreatif masyarakat Indonesia dalam mengolah bahan pangan memang patut diacungi jempol. Hal ini bisa dilihat jelas dengan beribu-ribu resep olahan bahan pangan yang ada di Indonesia. Salah satu bahan pangan yang paling sering dijadikan sebagai bahan utama adalah singkong. Berikut beberapa macam jajanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari singkong
Tanpa basa-basi langsung aja ya gan ane ada beberapa makanan ringan dari indonesia yang terbuat dari singkong:
1. Combro

Combro, makanan yang terbuat dari parutan singkong ini memang cukup populer dikalangan masyarakat, khususnya yang berada di Jawa Barat. Combro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero yang artinya: oncom di dalam. Makanan ini lebih enak disantap saat masih hangat.

Cinta Indonesia " Makanan ringan dari Singkong"

2. Tiwul

Tiwul, atau Thiwul merupakan makanan pokok pengganti nasi beras yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Tiwul dibuat dari gaplek (singkong yang dijemur). Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul pernah digunakan untuk makanan pokok sebagian penduduk Indonesia pada masa penjajahan Jepang.

Cinta Indonesia " Makanan ringan dari Singkong"

3. Gethuk

Getuk adalah jajanan tradisional yang terbuat dari ketela pohon atau singkong sebagai bahan utamanya. Getuk sangat mudah ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pembuatan getuk dimulai dari singkong di kupas kemudian dikukus atau direbus, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna makanan. Untuk penghidangan biasanya ditaburi dengan parutan buah kelapa.

Cinta Indonesia " Makanan ringan dari Singkong"

4. Misro

Misro, makanan yang juga khas Jawa Barat ini sangat mirip dengan Combro, bedanya hanya pada bentuknya dan isinya. Kalau Combro berbentuk oval dan agak lonjong, sedangkan misro berbentuk bulat. Begitupun dengan isinya, isi combro tentu saja sambal oncom, sedangkan isi misro adalah gula merah. Ini sesuai dengan namanya, yaitu amis ing jero, yang artinya manis didalam

Cinta Indonesia " Makanan ringan dari Singkong"

5. Ongol-ongol

Ongol-Ongol adalah salah satu jajanan tradisional yang populer di Jawa Barat, Indonesia. Bahannya mudah ditemukan di pasaran, antara lain terdiri dari singkong, air, gula Jawa, daun pandan, kelapa dan garam. Ongol-ongol ini juga merupakan makanan khas daerah Jawa Barat karena banyaknya ketersediaan bahan baku didukung oleh ketersediaan bahan baku yang asli daerah tersebut.

Cinta Indonesia " Makanan ringan dari Singkong"


Sekian dulu gan info dari ane di Thread ini emoticon-siul semoga bisa bermanfaat untuk kita dan tetap cinta emoticon-Jempol dan melestarikan budaya indonesia

Sekian dan Terima kasih emoticon-Toast
Diubah oleh oldlady91 18-10-2016 15:45
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
3.9K
37
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.