Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

stratovarius666Avatar border
TS
stratovarius666
Bandung Larang Penggunaan "Styrofoam" Mulai 1 November 2016




Penggunaan styrofoamtelah dilarang di sejumlah kota besar dunia, seperti London dan New York. Di Indonesia, Bandung bakal menjadi kota pertama yang menerapkannya.

Walikota bandung, Ridwan Kamil, mengumumkan lewat akun Twitternya pada Rabu (12/10/2016) bahwa Bandung akan menerapkan larangan pemakaianstyrofoam untuk kemasan makanan dan minuman.

"Warga Bandung, per tanggal 1 November 2016, penggunaan styrofoam DILARANG untuk kemasan makanan dan minuman," demikian posting-nya seraya menyinggung akun Twitter Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

"Styrofoam buat seblak itu ada kandungan kimiawi yang kalau nguap bisa kanker, mau? demikian kicauan lain dari pria yang akrab disapa kang Emil itu.

Pelarangan penggunaan styrofoam di Bandung telah digagas setidaknya sebulan lalu dalam pertemuan dengan Badan Pengelolaan lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung.

Diberikatan Kompas.com September lalu, Emil meminta BPLH mengkaji penerapan aturan pelarangan styrofoam dan mencari alternatif terbaik dari kemasan tersebut.

"Hasil riset kita mengindikasikan kemampetan di sungai, di gorong-gorong itu kebanyakan plastik dan styrofoam. Jadi kita melihat tingkat konsumsi styrofoam di Bandung ini terlalu berlebihan," katanya menjelaskan.

Hingga kicauan terakhirnya, Emil belum menjelaskan soal kemasan alternatif penggantu styrofoam yang dimaksud serta aturan pendukung agar pelarangan ini tak menjadi aturan yang diabaikan.

Styrofoam merupakan salah satu bentuk plastik. Terbuat dari polystyrene, kemasan ini makin diminati karena kepraktisan dan kesan higienis-nya.

Sama seperti plastik, styrofoam sangat sulit terurai di alam. Sebuah riset mengungkap adanya bakteri pemakanstyrofoam tetapi aplikasinya secara massal belum bisa dilakukan segera.

http://sains.kompas.com/read/2016/10....november.2016

siapa dolo gubernurnya emoticon-Cool
0
24.9K
323
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.